4 Kerajinan dan 8 Manfaat Eceng Gondok yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


4 Kerajinan dan 8 Manfaat Eceng Gondok yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 4 Kerajinan dan 8 Manfaat Eceng Gondok yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


ada berapakah bahan limbah yang dapat dijadikan bahan kerajinan.sebut kan! - Eceng gondok itu tanaman yang hidupnya di air. Ketika udah ada segerombolan kecil aja, eceng gondok bisa langsung menyebar dengan cepat lho. Tapi, ternyata eceng gondok ini punya banyak manfaat lho. Nah pertama kita bahas dulu manfaat eceng gondok untuk kerajinan, setelah itu baru manfaat-manfaat yang lainnya.
Eceng Gondok

Eceng gondok merupakan tanaman yang biasanya hanya menjadi hama di perairan saja. Tapi, dengan kretivitas dan kerja keras, eceng gondok dapat diubah menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi lho.

Eceng gondok atau nama ilmiahnya Eichhornia crassipes, tiap daerah di Indonesia tanaman yang satu ini mempunyai nama yang berbeda-beda.Misalkan di daerah Palembang, lebih dikenal dengan nama kelipuk, kalau di Lampung dikenalnya ringgak. Lain lagi kalau di Dayak namanya jadi ilung-ilung, di Manado lebih dikenal sebagai tumpe.

Nah, eceng gondok ini memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi, sehingga tanaman ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan gampangnya menyebar melalui saluran air ke tempai perairan yang lain dan berkembang disana.

Eceng gondok hidupnya itu di air, kadang ada juga yang berakar dalam tanah. Tinggi tumbuhan ini sekitar 0,4-0,8 meter. Tidak mempunyai batang dan daunnya tunggal serta berbentuk oval. Ujung dan pangkalnya meruncing, pangkal tangkai daunnya menggelembung. Daunnya berwarna hijau dan permukaannya licin.

Bunga eceng gondok termasuk bunga majemuk dan berbentuk bulir, kelopaknya berbentuk tabung. Bentuk bijinya bulat dan warnanya hitam. Buahnya berbentuk kotak beruang tiga dan warnanya hijau. Eceng gondok mempunyai akar serabut.
Kerajinan dari Eceng Gondok

Nah, ini dia beberapa kerajinan yang ternyata bisa dibuat dengan bahan baku eceng gondok.
1. Tas Eceng Gondok
gunashop.blogspot.com
gunashop.blogspot.com
2. Sandal Eceng Gondok
bengkellimbah.wordpress.com

bengkellimbah.wordpress.com
3. Topi Eceng Gondok
artobromo.wordpress.com
artobromo.wordpress.com
artobromo.wordpress.com
4. Taplak Eceng Gondok
jiedogawa.blogspot.com
jiedogawa.blogspot.com
jiedogawa.blogspot.com

Nah, tadi kita kan udah kenalan sedikit sama eceng gondok dan lihat-lihat kerajinannya tuh. Kerajinan eceng gondok ini nggak kalah sama kerajinan tangan dari kardus, kerajinan tangan dari kertas, kerajinan tangan dari botol bekas, dan kerajinan tangan dari sedotan lho.

Sekarang gimana kalau kita belajar cara bikin kerajinan dari eceng gondok?
Cara Membuat Kerajinan dari Eceng Gondok
1. Mencari Enceng Gondok

Mencari eceng gondok merupakan pekerjaan pertama yang harus kita lakukan. Sebenernya bisa beli yang sudah kering dan siap diolah sih, tapi kurang greget tuh.

Kita bisa mencari eceng gondok di sepanjang aliran sungai. Kalau ngggak mau repot minta tolong sama warga sekitar aja, tapi jangan lupa ngasih sesuatu sebagai rasa terimakasih kita ya.

Selain kita mengumpulkan eceng gondok untuk dibuat kerajinan, bisa sambil membersihkan aliran sungai dari hama yang satu ini. Satu kali dayung, dua tiga pulau terlampaui, keren kan.
2. Mencuci Enceng Gondok

Nah, setelah kita mendapatkan eceng gondok, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan dirinya dari kotoran yang melekat dan menghilangkan bau tidak sedap.

Mencucinya juga gampang kok, tinggal semprot aja pakai air bersih dan kotoran yang menempel dirontokkan dengan cara dibanting-banting.
3. Memisahkan Enceng Gondok dari Tangkai

Setelah bersih, barulah eceng gondok dipilah-pilah. Pisahkan antara batang dengan daunnya, tahap ini bertujuan untuk mengklasifikasikan bahan mana yang akan dibuat jadi tas atau kerajinan lainnya.

Pemisahan bisa dilakukan dengan menggunakan pisau atau gunting yang ukurannya besar. Pakai alat itu karena kalau kita memisahkan menggunakan tangan kosong akan sulit. Eceng gondok kan sifatnya ulet dan juga keras.
4. Mengeringkan Enceng Gondok

Setelah batang dan daun terpisah, langkan selanjutnya adalah pengeringan. Paling gampang itu mengeringkan dibawah sinar matahari, kamu juga boleh lho sekalian berjemur menemani para eceng gondok. Selain paling gampang, pengeringan dengan cara dijemur juga akan menghasilkan eceng gondok yang baik kualitasnya daripada yang dikeringkan pakai oven atau alat pengering lainnya.
5. Membuat Pola Kerajinan

Setelah didapatkan eceng gondok yang kering, kita buat tuh pola kerajianan yang mau dibuat. Pola ini untuk mempermudah pembuatan sebuah produk. Kalau sudah ada polanya kerjaan kita jadi lebih mudah, tinggal ikutin aja polanya tuh.
6. Menganyam Eceng Gondok

Nah, setelah ada polanya tinggal kita buat aja anyaman atau mungkin rajutan dari eceng gondok yang sudah kering. Pola biasanya digunakan kalau kita bikin anyaman, tapi kalau mau bikin tas atau rajutan gitu, kita bisa desain pakai gambar biasa. Jadi kita tinggal mencontoh gambar atau pola yang sudah ada agar dihasilkan produk yang sama.

Produsen kerjinan biasa membuat desain yang berbeda-beda, jadi tiap produk cuma dibuat dikit aja. Itu dimaksudkan untuk membuat produk yang nggak umum di pasaran. Jadi nggak banyak orang yang punya dan pasti harga jualnya lebih tinggi tuh.
7. Finishing

Pada tahapan ini kita tinggal menambahi aksesoris, warna atau mungkin ngasih kain agar kerajinan jadi makin cantik lagi.

Selain menambahi pernak-pernik pada tahap ini kita juga harus mengecek anyaman yang telah kita buat. Jangan sampai nanti produknya ada cacat atau kerusakan saat akan dipasarkan.
Manfaat Eceng Gondok

Ternyata eceng gondok memiliki banyak manfaat lho. Dalam tanaman ini terdapat banyak sekali senyawa seperti  C, Cl, Cu, K, Mg, Na, Mn, Fe dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Nah, kita lihat bareng-bareng yuk 8 manfaat eceng gondok yang lain.
1. Sumber Vitamin Alternatif

Vitamin dapat menjadikan tubuh menjadi sehat. Di dalam eceng gondok ini ada beberapa vitamin yaitu vitamin A, B1 dan C.
2. Bahan Membuat Kerajinan

Nah, seperti yang sudah ada sebelumnya, eceng gondok ini paling banyak dimanfaatkan untuk membuat kerajinan. Di Jawa tengah dan Jawa Timur, ada beberapa masyarakat yang menjadikan eceng gondok sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Contohnya seperti gorden, tas, taplak, dompet dan lainnya. Kerajinan tangan yang dibuat nggak cuma dipasarkan di Indonesia lho. Pasarnya udah sampai ke manca negara.
3. Pengganti Bahan Pembuat Kertas

Eceng gondok ini juga bisa dibuat jadi bahan pengganti untuk membuat kertas lho. Tapi sayangnya pengetahuan dan teknologinya masih kurang berkembang di Indonesia.
4. Jadi Pupuk

Seperti kebanyakan tanaman lain, eceng gondok juga bisa dibuat jadi pupuk.  Caranya gampang kok, tinggal hancurin aja eceng gondoknya terus campur dengan dekomposer. Setelah itu difermentasi selama beberapa hari, dan pupuk pun siap untuk digunakan. Pupuk ini bisa digunakan untuk menyuburkan sayuran dan buah-buahan.
5. Media Pertumbuhan Jamur

Eceng gondok bisa untuk media pertumbuhan jamur. Biasanya jamur yang bisa tumbuh di media eceng gondok ini adalah jamur merang.
6. Untuk Obat

Ternyata eceng gondok bisa dijadikan obat alami lho. Tapi penelitian tentang manfaat yang satu ini masih belum ada. Kan biasanya dimasyarakat menyebar tuh tanaman itu ternyata bisa menyembuhkan penyakit ini, jadi masih sebatas katanya aja.

Nah, eceng gondok ini dipercaya bisa menyembuhkan radang tenggorokan, gangguan saluran kencing dan penyakit kulit. Untuk mengobati radang tenggorokan dan saluran kencing adalah dengan merebus tanaman eceng gondok. Kemudian air rebusan tersebut diminum. Sedangkan untuk menyembuhkan penyakit kulit caranya gampang, cukup hancurkan eceng gondok dan beri sedikit garam,lalu letakan pada bagian kulit yang sakit contohnya seperti bisul.
7. Untuk Makanan Ternak

Eceng gondok udah lama digunakan sebagai makanan ternak di daerah pedesaan. Ternak yang diberi makan eceng gondok bisa menjadi lebih gemuk dan subur.
8. Untuk Rumahnya Ikan

Sungai yang ada eceng gondoknya akan memudahkan ikan untuk bertelur karena akarnya akan dijadikan tempat bersarang. Nggak heran kalau ikan bisa berkembang dengan mudah jika ada eceng gondok.
Efek Negatif Eceng Gondok

Eiiits, tunggu dulu, selain manfaat yang banyak, eceng gondok juga memiliki efek negatif kalau nggak diurus atau dikelola dengan baik lho.
Menyumbat Saluran Air

Tanaman eceng gondok yang tumbuhnya nggak terkontrol bisa menyumbat saluran air. Itu bisa terjadi karena pertumbuhan eceng gondok yang cepat, sehingga kalau nggak kita kelola dan kontrol dengan baik, malah bisa bikin saluran air tersumbat.
Merusak Kapal

Kalau yang ini biasanya yang aliran sungainya digunakan untuk lalu lintas kapal. Eceng gondok bisa menghambat laju kapal. Kalau kapalnya bermesin, eceng gondok ini bisa merusak mesinnya. Kalau nggak bermesin yang kapalnya bisa nyangkut ki kerumunan eceng gondok.
Jadi Sampah

Eceng Gondok yang sudah mati akan tenggelam ke dasar sungai, rawa atau danau. Hal ini dapat menjadikan penumpukan sampah di dasar tempat tersebut.
Mengganggu Ekosistem Bawah Air

Kalau eceng gondok pertumbuhannya nggak dikontrol, bisa jadi kehidupan bawah airnya terancam. Jika banyak eceng gondok dipermukaan air makan cahaya matahari akan terhalangi. Selain itu sungai atau danau bisa jadi dangkal dan menyebabkan ikan-ikan yang da disana jadi mati.

Nah, itu tadi beberapa kerajinan, manfaat dan juga efek negatif dari tanaman hijau bernama eceng gondok ini. Kalau eceng gondok nggak perlu sulit-sulit untuk budidaya, kamu bisa baca cara budidaya pisang kepok yang lumayan sulit tapi hasilnya juga lumayan menguntungkan, semoga bermanfaat.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  ada berapakah bahan limbah yang dapat dijadikan bahan kerajinan.sebut kan!

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Sarung Bantal Kursi Yang Menarik 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://masfikr.com/4-kerajinan-dan-8-manfaat-eceng-gondok-yang-mungkin-belum-kamu-ketahui/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.