9 Teknik Dasar Memanah yang Harus Dikuasai Oleh Pemanah Pemula


9 Teknik Dasar Memanah yang Harus Dikuasai Oleh Pemanah Pemula

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 9 Teknik Dasar Memanah yang Harus Dikuasai Oleh Pemanah Pemula


Setiap orang pasti punya hobi dan kesukaan masing-masing, baik kesukaan yang berkaitan dengan jiwa maupun kesukaan yang berkaitan dengan fisik. Hobi yang berhubungan dengan fisik seperti memancing, jogging, berburu, sepak bola, tenis meja, memanah dan lain sebagainya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang begitu suka dan bisa menikmati dengan hobi yang digemarinya. Entah apa yang melatarbelakangi kegemarannya pada hobi tersebut, yang jelas dengan melakukan gerak fisik kita akan memperoleh kebugaran dan kesehatan kita tetap terjaga.

Terkait dengan pembahasan hobi yang berhubungan dengan olahraga, kita ingin sedikit mengulas salah satu cabang olahraga yang saat ini lagi ‘booming’ di Indonesia. Yah, populernya sih belum lama, baru sekitar 4 tahun lalu. Dan tahun 2016 ini bisa dibilang tahunnya cabang olahraga memanah.

Sekarang hampir di setiap sudut kota (bahkan sampai di pelosok desa) sudah ada komunitas panahan dan mereka menyelanggarakan pelatihan memanah baik untuk pemula maupun untuk lanjutan.

Bagi kamu yang masih pemula dan ingin belajar teknik-teknik dasar memanah, kamu bisa membaca artikel ini sampai akhir. Kalau kamu sudah mahir pun tidak mengaka kok membaca sampai akhir juga, siapa tahu kamu nanti menemukan teknik yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya, atau kamu jadi tahu istilah-istilah dalam memanah yang mungkin saja belum kamu kuasai sebelumnya.
Cara Memasang Tali Pada Busur

Kalau kita ingin meguasai suatu cabang olahraga, tentu kita harus mengetahui teknik-teknik dasarnya terlebih dahulu.

Sebelum membahas teknik dasar memanah, kamu harus tahu dulu cara memasang tali yang benar pada busur. Teknik memasang tali ini sangat penting untuk dikuasai, supaya busur kamu tidak patah dan nocking point berada pada posisi yang tepat. Secara umum cara memasang tali pada busur ada dua:

1. Metode Dorong Tarik (Push Pull)

Metode push pull digunakan pada busur yang lurus dan melengkung.

2. Metode Tindak Langkah

Caranya tempatkan sayap bawah di depan salah satu kaki dan tali busur berada diantara kaki yang lain. Kemudian pemanah menarik sayap bagian atas maju di bagian paha dan memasukkan tali sampai takik pada ujung sayap.

Teknik Dasar Memanah

Bagi pemanah pemula, sebaiknya menguasai teknik dasar berikut sebelum melangkah ke tahap lanjutan.
1. Sikap Berdiri (Stand)

Ada empat macam sikap berdiri dalam olahraga panahan, yaitu open stand, square stand, colse stand dan oblique stand. Akan tetapi yang paling banyak digunakan oleh pemanah pemula adalah sikap sejajar atau square stand.
Teknik pada square stand adalah posisi kaki terbuka selebar bahu dan sejajar dengan garis tembok. Bagi kamu yang baru belajar teknik dasar memanah, sebaiknya menggunakan sikap square stand selama 1-2 tahun. Jangan beralih ke sikap berdiri lain sebelum benar-benar menguasai teknik ini.
2. Memasang Ekor Panah (nocking)

Teknik memasang ekor panah termasuk teknik kunci dalam olahraga panaha, karena bila salah penempatan sedikit saja bisa menjadi fatal.
3. Mengangkat Lengan Busur (extend)

Hal yang harus diperhatikan dalam mengangkat lengan busur adalah lengan pemanah harus rileks, tali ditarik dengan tiga jari yaitu jari telunjuk, jari tengah dan jari manis.
4. Menarik Tali Busur (Drawing)

Teknik ini adalah gerakan menarik tali sampai menyentuh dagu, bibir atau hidung. Kemudian dilanjutkan dengan menjangkarkan tangan penarik tali di dagu.
5. Menjangkarkan Lengan Penarik (Anchoring)

Yaitu gerakan menjangkarkan tangan pemanah pada bagian dagu. Yang perlu diperhatikan adalah tempat penjangkaran tangan penarik tali harus tetap sama dan kuat menempel di bawah dagu.
6. Menahan Sikap Panahan (Tighten)

Teknik tighten adalah teknik menahan sikap panahan beberapa saat setelah anchoring dan sebelum anak panah dilepas.
7. Membidik (Aining)

Dalam membidik target, seorang pemanah dituntut untuk fokus dan hanya melihat pada targetnya, sebelum anak panah dilepas dari busurnya.
8. Melepas Tali/Panah (release)

Cara melepas panah yang baik adalah dengan cara merilekskan jari-jari pemanah.
9. Menahan Sikap Panahan (After Hold)

Adalah sikap untuk diam beberapa saat setelah anak panah meninggalkan busur. Teknik ini bertujuan untuk memudahkan pengontrolan gerak panahan yang dilakukan.

Demikian teknik memanah dalam cabang olahraga panahan


buka mesin jahit : http://santaisaja.net/teknik-memanah/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.