PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM TAHUNAN |
mendesain proses produksi karya kerajinan limbah tekstil dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya - Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Montong
Mata Pelajaran : Prakarya dan Kewirausahaan – Kerajinan
Kelas / Program : X / IPA dan IPS
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Semester
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
||
Gasal
|
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
|
Menghayati
keberhasilan dan kegagalan
wirausahawan dan keberagaman
produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
|
|
2.
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1.
2.2.
2.3.
|
Menunjukkan
motivasi internal dan peduli
lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan
kewirausahaan di wilayah setempat dan
lainnya
Menghayati
perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya
kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
Menghayati
sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab,
kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan
di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir
untuk membangun semangat usaha
|
||
3.
4.
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
3.1.
4.1.
|
Mengidentifikasi
desain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep
berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
Mendesain
produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya
dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
|
4 jam pelajaran
|
|
3.2.
4.2.
|
Mengidentifikasi
sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi kerajinan tekstil
Mendesain
proses produksi karya kerajinan tekstil berdasarkan identifikasi kebutuhan
sumberdaya dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan
lainnya
|
8 jam pelajaran
|
|||
3.3.
4.3.
|
Memahami
proses produksi kerajinan tekstil di wilayah setempat melalui pengamatan dari
berbagai sumber
Membuat
karya kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya
sesuai teknik dan prosedur
|
10 jam pelajaran
|
|||
3.4.
4.4.
|
Memahami
konsep kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha kerajinan tekstil
Menyajikan
konsep kewirausahaan berdasarkan pengalaman keberhasilan tokoh-tokoh
wirausaha kerajinan tekstil
|
6 jam pelajaran
|
|||
Semester
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
||
Genap
|
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
|
Menghayati
keberhasilan dan kegagalan
wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya
sebagai anugerah Tuhan
|
|
2.
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1.
2.2.
2.3.
|
Menunjukkan
motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang
keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
Menghayati
perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya
kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
Menghayati
sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab,
kreatif dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan
di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir
untuk membangun semangat usaha
|
||
3.
4.
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
3.5.
4.5.
|
Mengidentifikasi
desain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan
konsep berkarya
Mendesain
produk dan pengemasan karya kerajinan
limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat
dan lainnya
|
||
3.6.
4.6.
|
Memahami
sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi kerajinan limbah
tekstil
Mendesain
proses produksi karya kerajinan limbah
tekstil berdasarkan identifikasi kebutuhan sumberdaya dan prosedur
berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
|
||||
3.7.
4.7.
|
Menganalisis
proses produksi kerajinan limbah tekstil di wilayah setempat melalui
pengamatan dari berbagai sumber
Membuat
karya kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah setempat dan
lainnya sesuai teknik dan prosedur
|
||||
3.8.
4.8.
|
Menganalisis
sikap dan perilaku wirausaha kerajinan limbah tekstil yang dapat mendukung
keberhasilan dalam menjalankan sebuah usaha
Menyajikan
hasil analisa sikap dan perilaku wirausaha kerajinan limbah tekstil
|
Mengetahui Montong, Juli 2014
Kepala SMA Negeri 1 Montong Guru Mata Pelajaran,
Drs. EDY SUKARNO, M.Pd. SONY MURDIANTO
NIP. 19641012 199802 1 004 NIP. –
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang mendesain proses produksi karya kerajinan limbah tekstil dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pola kebaya kutubaru (bef)
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://www.academia.edu/7776401/PKWU_Kerajinan_X_SMT_GASAL_PROGRAM_TAHUNAN
0 komentar:
Post a Comment