, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Rader Bergerigi

Rader Bergerigi

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Rader Bergerigi

contoh kain yang di rader - Handle berbahan plasti, dengan roda bergerigi.

Rader bergerigi merupakan alat penanda pada kain. Digunakan bersama karbon jahit untuk menjiplak pola pada kain.

Rader dengan gerigi biasa digunakan untuk bahan sedang sampai tebal seperti katun, linen, atau wol.

Tips: Penggunaan rader dan karbon jahit sebaiknya hanya pada bagian buruk kain.


Menjahit

Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan memakai jarum tangan atau dengan mesin jahit. Orang yang bekerja menjahit pakaian disebut penjahit. Penjahit pakaian pria disebut tailor, sedangkan penjahit pakaian wanita disebut modiste. Pendidikan menjahit dapat diperoleh di kursus menjahit atau sekolah mode.

Produk jahit-menjahit dapat berupa pakaian, tirai, kasur, seprai, taplak, kain pelapis mebel, dan kain pelapis jok. Benda-benda lain yang dijahit misalnya layar, bendera, tenda, sepatu, tas, dan sampul buku.

Di industri garmen, menjahit sebagian besar dilakukan memakai mesin jahit. Di rumah, orang menjahit memakai jarum tangan atau mesin jahit. Pekerjaan ringan yang melibatkan jahit-menjahit di rumah misalnya membetulkan jahitan yang terlepas, menisik pakaian, atau memasang kancing yang terlepas. Sebagai seni kriya, orang menjahit untuk membuat saputangan, serbet, bordir, hingga boneka isi dan kerajinan perca.


Menjahit pakaian

Wanita sedang menggunting pola. 

Pekerjaan menjahit pakaian terdiri dari tahap pembuatan pola, pemotongan bahan, dan menjahit.

    Pembuatan pola

    Dalam istilah desain busana, pola adalah bagian-bagian pakaian yang dibuat dari kertas untuk dijiplak ke atas kain sebelum kain digunting dan dijahit. Pola dasar dibuat berdasarkan model pakaian, dan ukurannya disesuaikan dengan ukuran badan pemakai. Ada dua teknik utama dalam membuat pola dasar[1]: konstruksi datar yang menggambar pola di atas kertas dengan memakai pengukuran-pengukuran yang akurat, dan konstruksi padat (pola draping) yang membuat pola memakai kain muslin atau belacu di atas boneka jahit. Metode menggambar pola sesuai nama pencipta metode, misalnya Dressmaking dan So-En dari Jepang, atau Danckaerts dan Cuppens Geurs dari Belanda. Majalah wanita juga sering memuat pola siap pakai (pola jadi) berikut instruksi cara menjahitnya.

    Pemotongan bahan

    Setelah pola disematkan ke kain dengan jarum pentul, kain digunting sesuai pola yang dijadikan contoh. Dalam produksi pakaian secara massal, kain dipotong dengan mesin potong. Sebelum pola dilepas dari bahan, garis-garis dan tanda-tanda pada pola dijiplak ke atas kain dengan bantuan rader, karbon jahit, dan kapur jahit.

    Pekerjaan menjahit

    Setelah kain digunting, potongan kain disambung dengan memakai jarum tangan atau mesin jahit. Dalam menjahit dikenal sejumlah teknik jahitan, misalnya tusuk balik (setik balik), tusuk rantai, dan tusuk tangkai. Selain itu dikenal jahitan kampuh untuk menyambung dua helai kain menjadi satu, dan teknik menjahit kelim. Walaupun jahitan mesin lebih rapi daripada jahitan tangan, tidak semua teknik jahitan dapat dilakukan dengan mesin. Setelah pakaian selesai dijahit, bagian tepi kampuh yang bertiras dirapikan dengan mesin obras agar benang-benang kain tidak terlepas.

    Penyelesaian akhir

    Setelah selesai, pakaian sering perlu dilicinkan dengan setrika di atas papan setrika. Penyetrikaan bagian-bagian yang sulit seperti lengan baju dilakukan dengan bantuan bantal setrika.

Teknik jahit-menjahit

Benang dan jarum ditusukkan ke kain untuk membuat berbagai bentuk jahitan sehingga dikenal berbagai jenis tusuk atau setik. Tusuk jelujur dan setik jelujur misalnya, mengacu kepada teknik menjahit dan menyulam yang sama.
Tusuk dasar

    Tusuk jelujur
    Tusuk rantai
    Tusuk tangkai
    Tusuk balik
    Tusuk piquer
    Tusuk som
    Tusuk feston
    Tusuk flanel
    Tusuk balut

Kampuh dasar

    Kampuh terbuka
    Kampuh balik
    Kampuh kostum
    Kampuh perancis
    Kampuh pipih
    Kampuh sarung
    Kampuh geser

Peralatan
Alat jahit-menjahit

    Benang
    Gunting
    Jarum pentul
    Jarum jahit
    Bantalan jarum
    Mesin jahit
    Spul
    Pendedel (pembuka jahitan)
    Bidal (topi jari)
    Sekoci
    Sepatu jahit
    Mesin obras
    Mesin rumah kancing
    Mesin pasang kancing
    Mesin som
    Mesin plisket


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh kain yang di rader

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 37 Cara Daur Ulang Jeans Bekas menjadi Kreasi Unik (Part I) 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://tokojahitwarna.com/index.php?route=product/product&product_id=90

0 komentar:

Post a Comment