, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Mudah Membuat Boneka Lucu dari Kain Perca (kain bekas) Lengkap Beserta Gambarnya


Cara Mudah Membuat Boneka Lucu dari Kain Perca (kain bekas) Lengkap Beserta Gambarnya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cara Mudah Membuat Boneka Lucu dari Kain Perca (kain bekas) Lengkap Beserta Gambarnya


cara membuat boneka dari kain perca  – Tahukah kamu apa itu kain perca? Kain perca adalah kain bekas jahitan yang sudah tidak terpakai lagi. Kain perca biasanya berupa potongan-potongan kecil dari hasil sisa pembuatan pakaian. Dengan kata lain, kain perca merupakan kain sampah yang sering dibuang oleh pemiliknya.

boneka dari kain perca

Tahukah kamu kalau kita bisa membuat berbagai kerajinan menarik dari kain perca? Banyak bentuk kerajinan yang bisa dibuat menggunakan kain perca, seperti boneka, gantungan kunci, bros, tempat pensil dan lain-lain. Kali ini kita akan belajar membuat boneka lucu dari kain perca. Setelah melihat contoh hasilnya, gue yakin kamu pasti  suka banget dan ingin mencobanya.
Cara membuat boneka cantik dan lucu dari kain perca

Sebelum memulai, kamu harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut listnya:

    Pilih boneka yang ingin kamu buat. Entah itu boneka doraemon, barbie, hello kitty, kelinci, owl, atau yang lainnya. Kalu nggak ada ide, kamu bisa mencarinya di internet, kan banyak?
    Kain flanel (opsional), digunakan sebagai bahan penghias. Kalau kamu gak pengen nambahin hiasan, jadi kamu nggak perlu nyiapin kain ini. Tapi untuk hasil yang lebih bagus, sebaiknya pakai kain flanel juga.
    Kain perca, ini bahan wajib kita yang harus ada
    Lem Lilin, banyak kok cari aja di warung
    Dakron, apa tuh? Itu tuh yang bikin boneka berisi, eh. Maksudnya bahan jenis sintetis yang biasa dimanfaatkan untuk mengisi bagian dalam sebuah boneka agar berisi. Kalau gak mau modal, pakai kain bekas digulung-gulung juga jadi. hihi…
    Tembak lilin, apa lagi nih kok pakai tembak tembak segala, emang mau main tembak-tembakan? Nggak juga keles, tembak lilin itu gunanya buat pasang lem lilin.
    Jarum pentul, banyak banget nggak usah beli. Mamah punya banyak tuh bisa minta kan!
    Pensil, spidol, dan penghapus. Mau nulis bang? Iya nulis di muka kamu!
    Gunting, yang tajem yah biar enak motongnya

Setelah selesai mempersiapkan semua bahan yang diperlukan, sekarang saatnya memulai. You ready?

1. Sama seperti kita hendak membuat baju, buatlah pola terlebih dahulu. Gambar pola sesuai yang diinginkan mulai dari bentuk kepala, tangan, dan baju. Jangan lupa bikinnya di atas kertas karton biar nggak alot saat digunting, jangan pakai kardus! Letakan pola diatas kain perca, warna boleh pilih sesuai selera dan ketersediaan kain. Lalu gunting kain mengikuti garis pola. Note: Buatlah 2 pola, karena kamu akan menggabungaknnya.
boneka perca
boneka perca

2. Setelah jadi, tinggal dijahit deh. Misalkan kamu nggak punya mesin jahit, pakai tangan aja nggak masalah. Yang paling penting adalah jahitannya rapih. Selesai menjahit, mulailah memasukan dakron untuk mengisi boneka secukupnya.
boneka perca2
boneka perca2

3. Manfaatkan kancing baju untuk membuat mata, sedangkan untuk pembuatan mulut kamu cukup bikin jahita melengkung seperti bentuk mulut.
boneka perca3
boneka perca3

4. Carilah kain perca yang menarik untuk membuat bajunya, gunting sesuai model yang kamu inginkan. Contoh di bawah ini juga bagus meskipun sederhana.
boneka perca4
boneka perca4
5. Tara…. Boneka kamu udah jadi nih. Gimana, cantik bukan? 🙂 Untuk membuat boneka lebih cantik, kamu bisa menambahkan aksesoris lainnya seperti tas, topi, dll.

boneka perca5

boneka perca5
Setelah kamu mengetahui betapa mudahnya membuat boneka dari kain perca, tentu kamu ngebet pengen mencobanya. Oke deh, sampai disini dulu yah teman. Jangan lupa terus kunjungi Mejeng.co untuk membaca berbagai artikel-artikel dan tips menarik berikutnya. Sampai jumpa dan selamat mencoba.

Eh, lupa. Jangan lupa bantu share juga yang biar makin banyak yang mau belajar membuat kerajinan dari kain perca ini. Bye…

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat boneka dari kain perca

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang JENIS-JENIS KAYU UNTUK MEMBUAT PRODUK ATAU MENGUKIR SEBUAH PRODUK 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://mejeng.co/cara-mudah-membuat-boneka-lucu-dari-kain-perca-kain-bekas-lengkap-beserta-gambarnya/

0 komentar:

Post a Comment