, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

8 Langkah Belajar Menggunakan Mesin Jahit

8 Langkah Belajar Menggunakan Mesin Jahit

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
8 Langkah Belajar Menggunakan Mesin Jahit

cara masang skoci manual - Mesin jahit sangat berguna bagi manusia. Tanpa adanya mesin jahit mungkin kita tidak akan menggunakan baju seindah ini. mesin jahit memang kecil, tapi mempunyai nilai guna yang tinggi. Cara menggunakan mesin jahit tergolong gampang-gampang susah. Terkadang benangnya putus- putus terus, atau ayunannya kurang stabil (kalo mesin jahit manual) dan lain sebagainya. Permasalahan itu muncul ketika seseorang tidak paham mengenai cara menggunakan mesin jahit. Sehingga hanya berjalan sesuak hatinya, tanpa tekhnik yang benar dan tepat.

Nah kali ini saya akan mengajarkan kepada anda cara menggunakan mesin jahit. Sebelumnya persiapkan alat menjahit yang dibutuhkan, diantaranya adalah skoci, benang, kumparan. Alat-alat mesin jahit yang akan disiapkan adalah mesin jahit manual. Mesin jahit manual adalah mesin jahit yang menggunakan kaki untuk menggerakkan mesinnya. Cara menggunakan mesin jahit adalah:

    Mengeluarkan kepala mesin
    Hal yang dilakukan adalah membuka penutup mesin jahit bagian atas kemudian mengeluarkan kepala mesin keatas, memasang tali roda dan mengatur posisi injakan kaki.
    Mengisi kumparan/spul
    Dalam mengisi kumparan jangan terlalu penuh dan harus rata agar tidak mengganggu dalam menjahit, cara memasang benang pada kumparan: masukkan kumparan kedalam penggulung benang sampai pada bagian kawat yang menonjol pada penggulung benang selanjutnya penggulung benang ditekan kebawah sehingga kumparan tidak bisa lepas.
    Selanjutnya pasang benang pada tiang sampai ke kumparan
    Selanjutnya mulailah mengisi kumparan dengan menginjak bagian bawah untuk menggerakkan mesin jahit. Setelah penuh lepaskan kumpran dari penggulung benang, lalu masukkan kumparan tersebut kedalam rumah kumparan (skoci) dengan menyisakan ujung benang untuk diselipkan pada celah-celah skoci.
    Mengatur tegangan benang
    Mengatur tegangan benang mesin  ada 2 (dua) yang pertama berada dis ebelah kiri mesin jahit, biasanya bernomor dan yang kedua berada pada skrup skoci. Untuk menjahit biasanya menggunakan nomor 3-4. Makin besar nomornya makin kencang dan makin kecil nomor makin longgar.
    Setikan yang baik apabila benang atas dan bawah bersilang ditengah-tengah lapisan kain.
    Setikan kurang baik apabila Tegangan benang atas terlelu kencang atau Tegangan benang atas terlalu kendor.
    Mengatur jarak setikan
    Angka-angka yang terdapat pada piringan sebelah kanan mesin adalah untuk mentetl panjang pendek/renggang rapatnya setikan.
    Angka 6-7 untuk setikan renggang
    Angka 12-15 untuk setikan sedang yang biasa digunakan
    Angka 20-30 untuk setikan paling rapat.
    Kalau pembalik tusukan dinaikkan keatas sekali maka jahitan akan mundur ini dapat digunakan untuk penguat ujung jahitan.
    Memasang jarum
    Jarum mesin ada dua bagian yaitu yang rata dan bagian yang cembung. Angkat tiang tempat memasang jartum kemudian skrup jarum dilonggarkan selanjutnya jarum dimasukkan dan skrup dikencangkan. Perhatikan bagian mendatar jarum menghadap keluar memasukkan benang dari sebelah kiri. Gunakan nomor jarum sesuai dengan ketebalan kain.

Catatan:
1.Jarum yang dipasang terlalu tinggi/rendah akan mengakibatkan setikan melompat-lompat.
2.Apabila jarum yang dipasang terbalik akan mengakibatkan benang terputus-putus.

    Memasang kumparan dan skoci pada rumah skoci
    Perhatikan skoci berada ditangan kiri dan kumparan ditangan kanan arah benang kebawah bertolak belakang dengan arah masuk benang pada skoci
    Masukkan kumparan ke skoci dan tarik benang memasuki arah jalur benang
    Untuk memasukkan skoci kedalam mesin jangan lupa memegang ujung tuas skoci agar kumparan tidak lepas. Buka plat rumah skoci, kemudian masukkan skoci dengan memegang ujung tuasnya, ujung tangkai skoci menghadap keatas dan masuknya harus pas sampai terdengar bunyi klik.
    Memasang benang atas

Cara memasang benang bagian atas mesin jahit manual adalah sebagai berikut:
a.Memasukkan benang pada tiang kelas benang atas
b.Lewatkan pada pengait benang yang belakang
c.Lewatkan pada peringan benang
d.Masukkan pada lubang pengangkat benang
e.Masukkan pada pengait-pengait benang dibawahnya
f.Selanjutnya memasukkan ke lubang jarum.

    Mengeluarkan benang bawah
    Untuk mengeluarkan benang bawah caranya adalah dengan menaikkan tiang jarum kemudian tusukkan jarum ke bawah sambil memegang ujung benang atas, angkat kembali jarum tersebut untuk mengambil benang bawah selanjutnya letakkan kedua benang atas dan bawah tersebut ke lubang jarum.

Sekarang tentu sudah paham dengan cara menggunakan mesin jahit, cukup ikuti petunjuk itu anda akan bisa menggunakannya. Asalkan memasang bagian- bagiannya pas dan menggerakkan mesinnya stabil, pasti anda bisa menghasilkan jahitan yang bagus.  Cara kerja mesin jahit adalah seperti ini.

Jika anda tertarik untuk menjadi perancang Busana yang kompeten. Maka anda perlu belajar dari Ahlinya. Biaya sekolah untuk menjadi perancang Busana di sekolah ternama mencapai Ratusan Juta. Tapi jangan Khawatis sudah ada solusinya. Yaitu Belajar langsung dari Perancang Busana yang sudah sukses.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara masang skoci manual

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Kreasi Belalang dari Janur

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://kursusjahit.com/mesin-jahit/8-langkah-belajar-menggunakan-mesin-jahit

0 komentar:

Post a Comment