Mengapresiasi Karya Seni Rupa Batik

 Mengapresiasi Karya Seni Rupa Batik

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Mengapresiasi Karya Seni Rupa Batik

apresiasi terhadap keunikan motif batik -  Standar Kompetensi :9. Mengapresiasi karya seni rupaKompetensi Dasar :9.1 Mengindentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara daerah lain.


PENGERTIAN
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaankain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagaiwax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, olehUNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity)

MOTIF BATIK JAMBI
Keunikan motif batik jambi terletak pada motif yang nonfiguratif atau tak menggambarkan objek tumbuhan dan tulisan. Motif batik jambi disebut motif basurek, artinya bersurat atau bertulis. Motif tersebut dinamakan besurek karena berupa kaligrafi arab. Biasanya yang ditulis yaitu penggalan surat dari kitab suci Al-Qur’an.


MOTIF BATIK SUKU ASMAT
Motif batik suku asmat keunikannya terletak pada motif yang dekoratif dan mengambil unsur budaya daerah setempat. Motif batik tersebut sama dengan motif-motif pada ukiran kayu, misalnya motif roh leluhur.








MOTIF BATIK SIDOMULYO
Motif batik sidomulyo memiliki arti. Sido berati jadi atau terus menerus dan mulyo berarti hidup mulia, luhur, baik atau berkecukupan. Motif batik sidomulyo sering digunakan pada sepasang mempelai pada upacara perkawinan adat di solo atau surakarta. ( motif batik yang sering dipakai dalam upacara perkawinan antara lain : motif batik sidomukti,motif batik sidoluhur, dan motif batik sidoasih). Kandungan makna motif batik sidomulyoadalah harapan yang baik untuk kedua mempelai, yaitu agar setelah menikah keduannya dapat hidup berkecukupan.


MOTIF BATIK MADURA

Motif batik madura termasuk dalam kelompok batik pesisir, sehingga coraknya didominasi motif-motif naturalis bertema flora dan fauna dengan warna-warna terang dan kuat. Ciri khusus yang lain yaitu pola besar-besar dengan hiasan pengisi yang agak kasar.








KAIN SASIRANGAN

Jenis kain sasirangan merupakan kain khas daerah banjarmasin yang pembuatannya mirip dengan kain jumputan dari jawa tengah. Kain sasirangan ada yang bermotif batik ombak sinapur karang. Pada masa lampau motif batik ombak sinapur karang termasuk jenis motif yang diperuntukan bagi kaum bangsawan yaitu bintang bahambur dan awan bairing. Lain halnya kain sasirangan, kain sasirangan tersebut bermotif naga balimbur.Motif batik naga balimbur yang dibuat pada kain berwarna kuning dipercaya memiliki daya kesaktian, yaitu dapat digunakan untuk mencari anak yang hilang.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  apresiasi terhadap keunikan motif batik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MACAM-MACAM TUSUK HIAS 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.seputarsd.com/2013/07/mengapresiasi-karya-seni-rupa-batik.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.