MEMBUAT POLA DASARSISTEM DRAPING

 MEMBUAT POLA DASARSISTEM DRAPING

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 MEMBUAT POLA DASARSISTEM DRAPING

2 kaedah draping - DESKRIPSI JUDUL

Pembuatan pola dasar draping adalah pembuatan pola dasar yangdikerjakan langsung pada
dressform
/boneka jahit. Ruang lingkup isi modul initerdiri dari pembuatan pola dasar badan atas dan pembuatan pola dasarbadan bawah/rok. Untuk membuat pola dasar tersebut peserta diklat harusterampil memberi tanda garis-garis pola pada boneka jahit, memahamiprosedur pembuatan masing-masing pola di atas dan terampil menyesuaikanukuran pola pada ukuran sebenarnya. Modul ini berkaitan dengam modulPengetahuan Pola Busana, Pembuatan Pola Badan Atas Sistem Kontruksi danPembuatan Pola Badan Bawah Sistem Kontruksi. Hubungan dengan modul-modul terebut bertujuan agar peserta diklat membandingkan pola-polabusana yang sudah dikenal.
PRASYARAT

Modul ini dapat Anda pelajari setelah Anda menempuh/mempelajaribeberapa modul di bawah ini.1. Pemilihan Pola Busana.2. Pembuatan Pola Dasar Badan Atas Secara Kontruksi.3. Pembuata Pola Asar Badan Bawah Secara Kontruksi.4. Sketsa Mode Busana



 Membuat Pola Dasar Sistem DrapingSMK Bidang Tata Busana, Program Keahlian Tata Busanav

PERISTILAHAN

All Size
: Ukuran badan manusia yang umum dipakai.
Casual
: Busana santai.Desain : Gambar busana
In the Fasion
: Desain pakaian yang sedang digemari saat ini.Kupnat : Garis lipatan pada blus (di pinggang, bahu, dan sisi)Model : PeragaPola Master : Pola yang menjadi patokan untuk membuat pola berikutnyaTM : Tengah Muka blus/rokTB : Tengah Belakang blus/rok


 Perbedaan Mendasar Pola Konstruksi dan Pola Draping


Pattern atau pola dalam bidang jahit menjahit dapat diartikan sebagai suatu potongan  kain  atau  kertas  yang  dipakai  sebagai  contoh  pola baju  pada  saat  kain digunting. Berdasarkan metode dan cara bikin baju yang berkembang sampai saat ini terdapat banyak sekali teknik pembuatan pola menjahit baju yang dapat diterapkan oleh para desainer. Diantaranya berupa teknik draping (tiga dimensi) dan teknik konstruksi (dua dimensi).
-                 Bahan yang digunakan dalam pembuatan pola menjahit baju dengan teknik draping adalah kain blacu  atau  kertas  singkong,  sedangkan  bahan  yang  digunakan  dalam  pembuatan  pola dengan teknik konstruksi adalah kertas pola.
-                 Pola dengan teknik draping dibuat langsung  pada  tiruan  badan  manusia  (dummy,  dress  form,  atau  paspop),  sedangkan  pola  dengan  teknik  kontruksi  dibuat  dengan  meja  datar.
-                 Pola  dengan  teknik  draping  berbentuk  tiga dimensi,  sedangkan pola  busana wanita yang diciptakan dengan  teknik  konstruksi  berbentuk  dua  dimensi.
-                 Pembuatan pola  dengan  teknik  draping  dan  teknik  konstruksi  akan  sama-sama  menghasilkan  pola dasar,  tetapi  pada  teknik  daping  pecah  pola  sesuai  model  dapat  dibuat  langsung  di  atas dressform tanpa membuat pola dasar terlebih dahulu, sedangkan pada teknik konstruksi pecah pola sesuai model dibuat dari hasil pengembangan pola dasar berdasarkan ukuran badan seseorang yang telah dibuat sebelumnya.
Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi situs video download free yang banyak disediakan oleh tempat jahit baju online. Semoga bermanfaat.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  2 kaedah draping
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PENGERTIAN DESAIN STRUKTURAL 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://sulis00tiyani.skyrock.com/3252036310-Perbedaan-Mendasar-Pola-Konstruksi-dan-Pola-Draping.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.