, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pengertian Unsur Estetika Dan Ergonomis

 Pengertian Unsur Estetika Dan Ergonomis

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Pengertian Unsur Estetika Dan Ergonomis

unsur produk estetika - Pengertian unsur estetika dan ergonomis. Kerajinan dibuat untuk dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kerajinan memiliki 2 jenis yaitu: kerajinan dari bahan keras dan kerajinan dari bahan lunak. Produk kerajinan di indonesia sangat beragam, mulai dari karya kerajian yang digunakan untuk kebutuahan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan. Dalam perkembangannya produk, kerajinan tidak dapat melepaskan diri dari unsur-unsur seni pada umumnya. Dalam perkembangannya produk, kerajinan tidak dapat melepaskan diri dari unsur-unsur seni pada umumnya. Pembuatan kerajinan harus memperhatikan unsur estetika dan ergonomis.


Perngertian Unsur Estetika merupakan sebuah objek yang memiliki unsur keindahan, sedangkan pengertian unsur ergonomis merupakan sebuah kerajinan yang memiliki nilai ergonomis seperti keamanan, kenyamanan, dan keluwesan.
Pengertian Unsur Estetika Dan Ergonomis
                                                                                                                        
Pengertian Kerajinan Dari Bahan Lunak
Fungsi Kerajinan Dari Bahan Lunak

1. Unsur Estetika
Pengertian unsur estetika adalah nilai-nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni. Pengertian unsur estetika sering kita kenal dengan istilah keindahan.  Keindahan juga diartikan sebagai pengalaman estetis yang diperolah ketika seseorang mencerap objek seni atau dapat pula dipahami sebagai sebuah objek yang memiliki unsur keindahan.  Nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni memiliki 4 prinsip yaitu : kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast) sehingga menimbulkan perasaan haru, nyaman, bahagia, nikmat, agung, ataupun rasa senang.

2. Unsur Ergonomis
Pengertian unsur ergonomis pada produk kerajinan aspek fungsi menepati porsi utama atau karya kerajinan selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan. Maka karya kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis.  Adapun unsur ergonomis karya kerajinan adalah sebagai berikut :

    Keamanan (security) adalah jaminan tentang keamanan orang menggunakan produk kerajinan tersebut. Setiap produk kerajinan tidak semuanya aman digunakan. Maka dari itu sebelum kita membeli suatu kerajinan kita harus memilih-milih produk kerajinan yang aman dan efisien untuk digunakan, serta kerajinan tersebut tidak gampang rusak.
    Kenyamanan (comfortable) adalah kenyamanan apabila produk kerajinan tersebut digunakan. Barang yang enak digunakan disebut barang terap. Produk kerajinan terapan adalah produk kerajinan yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
    Keluwesan (flexibility) adalah keluwesan penggunaan. Produk kerajinan adalah produk terap atau pakai, yaitu produk kerajinan yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Produk kerajinan terap atau pakai dipersyaratkan memberi kemudahan dan keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaanya.

Kesimpulannya adalah Perngertian Unsur Estetika merupakan sebuah objek yang memiliki unsur keindahan, sedangkan Pengertian Unsur Ergonomis merupakan sebuah kerajinan yang memiliki nilai ergonomis seperti keamanan, kenyamanan, dan keluwesan. Itulah materi tentang pengertian unsur estetika dan ergonomis yang bisa sampaikan, semoga membantu dalam proses belajar mengajar. Terimakasih.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  unsur produk estetika

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda

bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  JAHIT TAS ANDA SENDIRI
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.bahanbacaan.com/2016/05/pengertian-unsur-estetika-dan-ergonomis.html

0 komentar:

Post a Comment