, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

mesin jahit multifungsi – all in one, sudah cukup ?

mesin jahit multifungsi – all in one, sudah cukup ?

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
mesin jahit multifungsi – all in one, sudah cukup ?



kegunaan mesin obras - ….sepertinya sekarang makin banyak yang tertarik (lagi) belajar jahit yah 🙂 + tertarik membeli mesin jahit. Banyak yang bertanya baik online maupun offline seputar mesin jahit portable multifungsi ini, dan ternyata hal serupa juga dialami oleh suami saya ^_^, sering ditanya soal mesin portable ini.

Saya sendiri sebenarnya tidak kompeten loh untuk menjawab pertanyaan itu, ya karena sejak awal punya mesin jahit portable, itulah satu-satunya mesin yang saya pakai, tidak punya dan tidak pernah pakai merk lainnya, jadi saya tidak tau dengan merk atau jenis lain, baik harga, fitur maupun pemakaiannya ^_^.

Yang menarik dari apa yang kami “tangkap” dari mereka yang bertanya tadi adalah persepsi spt : mesinnya canggih, bisa bordir banyak motif, bisa obras, bisa neci, bisa bikin lubang kancing sendiri….jadi nggak perlu beli mesin lain !  …. ^_^

Ada yang salah ? hmm tergantung….

Jika mesin itu digunakan untuk “domestic use” atau malah untuk belajar jahit pertama, tentu tidak salah, it’s fun ! it’s compact and It’ portable ! bisa dibawa kemana-mana, bisa jahit dengan beragam motif yang lucu-lucu ^_^ …. mesin ini pilihan tepat, dibandingkan dengan mesin jahit industri/high speed atau mesin jahit genjot/manual. Jika kebutuhannya adalah untuk domestic use tadi seperti jahit-menjahit baju sendiri, keluarga atau teman, yang hanya digunakan sesekali saja, it’s perfect !

Tapi, ketika kami tanyakan lagi apa tujuan utamanya membeli mesin jahit portabel itu ? jawabnya adalah : ingin seperti RJH alias terima order jahitan luar ^_^ …..hmmm kalau untuk tujuan ini, satu mesin itu tidak cukup. Benar di mesin itu ada fungi bordir, ada fungsi obras ada fungsi necinya dan fungsi-fungsi lainnya, tapi menurut saya, untuk ketiga fungsi tadi yaitu bordir, obras dan neci itu baru “semi”, artinya “semi bordir”, “semi obras” dan “semi neci” ! Untuk fungsi lainnya seperti jahit atau lubang kancing kualitasnya masih baguslah. Ketika tujuannya adalah komersil, satu mesin ini tidak cukup ! Nggak percaya ? ya liat aja langsung ke tempat jahit atau konveksi deh atau sukur kalau bisa masuk ke pabrik garmen ^_^. Lihat disana, anda akan menemukan mesin obras sendiri, mesin neci sendiri, mesin bordir sendiri, dll, setiap fungsi dikerjakan oleh satu mesin sendiri. Kalau anda bisa berkunjung ke pabrik garment (seperti tempay saya dulu bekerja di Bandung) wahh..takjub deh liat mesin – mesin industri itu, merknya juga masih terdengan asing di telinga awam, ada Mitsubhisi, Toyota, Barudan, Tajima, Yamato, Pfaff, Kansai, Pegasus atau yang sudah familiar itu merk JUKI dan Brother, jangan tanyakan berapa harganya yah ^_^ … Tidak akan ada di satu tempat tadi yang isinya adalah misal : 5 atau 10 mesin jahit portable semua ^_^.

“Tapi kan ini buat usaha rumahan……” hmm, kalau begitu, itu sepenuhnya tergantung anda sendiri, standar kualitas jahitan seperti apa yang anda berikan ke pada client anda (dan anda tagihkan ke client anda) ?

Sebenarnya banyak hal yang membedakan antara mesin jahit “domestic use” tadi dengan mesin jahit industri, tapi tidak usah semua dibahas di artikel ini yah, karena saya hanya akan membahas soal penggunaan 1 mesin jahit portable tadi untuk semua keperluan jahit.

Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah penggunaan dinamo. Mesin jahit domestic use itu menggunakan dinamo kecil, bandingkan dengan dinamo besar yang digunakan oleh mesin jahit industri, seperti pada gambar dibawah ini.

Artinya apa ? artinya mesin ini memang cocok untuk “heavy duty” yang memiliki kecepatan tinggi dan konstan, sanggup di”geber” untuk produksi.

Saran saya, jika anda belum punya budget atau “space” untuk mesin obras, neci atau bordir, anda bisa bawa baju yang perlu di obras atau neci itu ke toko benang atau tempat yang menyediakan jasa ini, jangan gunakan obrasan atau necian dari mesin jahit multifungsi anda, ini yang saya lakukan dulu sewaktu masih menggunakan 1 mesin jahit genjot Butterfly ! ….

Sambil menabung untuk beli mesin obras atau neci sendiri, memang mahal, tapi anggap ini investasi anda ^_^

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kegunaan mesin obras

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda

bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PENGERTIAN KOMUNIKASI, KOMUNIKASI FORMAL DAN JARINGAN KOMUNIKASI

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://rumahjahithaifa.com/2012/09/18/mesin-jahit-multifungsi-all-in-one-sudah-cukup/

0 komentar:

Post a Comment