, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jenis Kancing

 Jenis Kancing

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Jenis Kancing


fungsi kancing lubang empat - Pada artikel sebelumnya kita telah posting mengenai sejarah kancing, pastikan sahabat Fitinline sudah membacanya ya. Kali ini kita akan membahas tentang berbagai macam jenis kancing. Fungsi dari kancing selain sebagai penutup belahan, kancing juga berguna sebagai hiasan busana. Jenis kancing sangat bervariasi, mulai dari kancing lubang atau kancing bermata, kancing jepret, kancing bungkus, kancing sengkelit, kancing cina, kancing berkaki, dan kancing hak.

Kancing lubang biasanya juga disebut kancing bermata, terdapat dua jenis yaitu kancing lubang dua dan kancing lubang empat, biasanya di permukaan kancing terdapat lubang-lubang tempat lewat jalur benang jahitan. Kancing seperti ini dapat dipasang dengan jahitan tangan atau mesin jahit. Kancing ini sering digunakan untuk pakaian laki-laki dan sering disebut kancing kemeja. Ukuran kancing ini bervariasi, mulai yang kecil hingga yang besar.

Kancing Bermata
Kancing Bermata

Kancing jepret, disebut juga kancing tekan. Kancing jenis ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian cembung dan bagian cekung. Kedua bagian mengunci bila ditekan dan terlepas bila ditarik. Kancing ini juga ada yang berukuran agak kecil yang terdidi dari dua bagian. Satu bagian mempunyai tombol dan tipis dan yang satu lagi mempunyai lubang tetapi tidak tembus sampai ke belakangnya. Kancing jenis ini ada yang terbuat dari bahan besi atau stainlesteel dan ada juga yang terbuat dari plastik. Kualitas kancing ini beragam. Untuk membuat busana yang berkualitas baik maka pilihlah kancing jepret yang berkualitas bagus. Kancing jepret yang berkualitas rendah adakalanya berkarat jika sudah dipakai dalam waktu yang lama. Kancing ini biasanya bisa ditemui di jaket.

Kancing Jepret

Kancing Jepret
kancing jepret

kancing jepret

Kancing bungkus, kain digunakan untuk membungkus kancing dan lubang untuk jalur benang berada bagian belakang kancing.

Kancing Bungkus
Kancing Bungkus

Kancing sengkelit, kancing dipasangkan dengan rumah kancing berupa sengkelit dari lipatan kain. Kain tidak dilubangi untuk lubang kancing sehingga sesuai untuk kain tipis.

Kancing Sengkelit

Kancing Sengkelit

Kancing Sengkelit

Kancing cina, kancing dan rumah kancing dibuat dari simpul-simpul tali kor.

Kancing Cina

Kancing Cina

Kancing berkaki, digunakan pada busana wanita sebagai penutup belahan atau sekedar hiasan, terbuat dari logam dan plastik. Bentuknya mempunyai kaki atau tempat memasukkan benang pada bagian bawah kancing.

Kancing Berkaki

Kancing Berkaki

Kancing hak, terdiri dari dua bagian yaitu bagian penyangkut dan bagian sangkutan. Hak ini ada dua macam, yang berukuran kecil atau kancing kait dan berukuran besar. Kancing kait digunakan sebagai pengancing bra, longtorso, dan untuk penahan belahan yang dipasangkan pada akhir pemasangan zipper. Hak berukuran besar dipasang pada ban pinggang rok atau celana. Pemasangannya dilakukan dengan cara dijahitkan dan ada juga dengan cara ditekan. Hak yang ditekan biasanya terdapat pada ban pinggang celana pria.

Kancing Kait

Kancing Kait

Kancing Hak

Kancing Hak

Bervariasinya ukuran, model dan jenis kancing sehingga anda dapat memilih kancing yang sesuai dengan busana yang dibuat.

Semoga bermanfaat.

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  fungsi kancing lubang empat


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Kain Perca Ibu - Andrei Aksana

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :  https://fitinline.com/article/read/jenis-kancing/

0 komentar:

Post a Comment