, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kancing

Kancing

les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahit

Kancing pada suatu busana dikatakan pelengkap yang mutlak ada untuk memudahkan menggunakan maupun melepas busana. Fungsi kancing ada 2 yaitu kancing yang berfungsi sebagai penutup belahan dan sebagai hiasan pada busana antara lain:

Kancing Tekan

Kancing tekan terbuat dari logam/plastik yang terdiri dari 2 bagian kancing timbul dan bagian yang pipih. Kancing tekan juga banyak digunakan untuk menyelesaikan busana wanita terutama blus dan kebaya. Dalam penyelesaian busana yang halus dan berkualitas tinggi biasanya kancing tekan dibungkus dengan kain yang tipis dan sewarna dengan bahan busanya.

Kancing Hak

Kancing ini terbuat dari logam, terdiri dari dua bagian yang dipasang pada pertemuan ban pinggang rok atau celana.

Kancing Kait

Kancing kait lebih kecil daripada kancing hak, terbuat dari logam. Dipasang pada belahan seperti tengah muka, ukuran ada yang besar dan kecil. Terdiri dari dua bagian yaitu pengait dan kaitan. Memasangnya dengan bantuan tusuk balut. Kancing kait besar dipasangkan pada ban pinggang rok ataupun celana.

Ada jenis kancing kait yang dipasangkan dengan cara ditanamkan pada ban pinggang, tanpa dijahit, kancing kait tanam sering digunakan pada penyelesaian celana pria, ataupun produk-produk pakaian jadi. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan kancing kait maupun kancing tekan ialah kancing tersebut tidak boleh kelihatan dari luar.

Kancing Paku

Kancing ini terbuat dari logam, bentuk dan ukurannya beragam sehingga fungsinya selain sebagai penutup belahan juga sebagai hiasan. Salah satu bagian nampak dari luar. Pemasangannya dengan bantuan alat atau dipres.

Kancing Hias

Kancing berfungsi sebagai penutup belahan sekaligus hiasan adalah kancing hias. Kancing hias banyak jenis dan bentuk dan warnanya. Penggunaan kancing hias berwarna harus mengutamakan keserasian dengan warna pakaian. Dari segi ukuran kancing juga perlu disesuaikan. Kancing berukuran besar untuk pakaian seperti jas, mantel pak blus, atau gaun yang hanya memerlukan satu atau dua kancing, sedangkan untuk pakaian yang memerlukan banyak kancing digunakan kancing yang berukuran kecil atau sedang. Kancing hias dapat juga digunakan sebagai pusat perhatian pada suatu busana.

Macam-macam kancing hias:

•Kancing berlubang dua, lubang empat, lubang empat ukuran kecil
Dipasangkan pada kemeja pria maupun wanita sedangkan kancing berlubang dua ukuran besar sering dipasangkan pada busana tailoring (jas, setelan, busana wanita).
•Kancing hias bertangkai dan tidak bertangkai
Kancing hias jenis ini memiliki banyak ragam bentuk, model, warna dan ukuran. Ada yang berbentuk bulat, kotak, segi empat, panjang dan sebagainya. Macam-macam ukuran kancing no. 16, 18, 22, 24, 28, 32, 40.
Kancing hias jenis ini dapat dipasangkan pada berbagai macam model busana wanita.

Bentuk dan ukurannya sangat beragam sehingga selain berfungsi sebagai penutup juga sebagai hiasan. Asal bahan dari kancing hias tersebut adalah: logam, polyester, pelastik, batu-batuan, gading/tanduk binatang, kayu, bambu, tali kor (kancing Cina).

Bentuk kancing hias ada tiga yaitu: berlubang dua, berlubang empat, dan berkaki.

Ukuran diameter kancing
1. No. 14 diameter 1/3 inci
2. No. 16 diameter 3/8 inci
3. No. 18 diameter 7/16 inci
4. No. 20 diameter 1/2 inci
5. No. 22 diameter 9/16 inci
6. No. 24 diameter 5/8 inci
7. No. 30 diameter 3/4 inci
8. No. 36 diameter 7/8 inci
9. No. 45 diameter 11/8 inci
10. No. 55 diameter 13/8 inci

Kancing Bungkus

Kancing bungkus ialah dibungkus dengan kain. Kancing bungkus dibuat dengan memakai alat lubang kancing atau dijahit dengan tangan. Kancing ini termasuk kancing hias, pembungkusnya menggunakan perca bahan busananya. Bentuk kancing bungkus ada yang bulat datar, bulat cembung dan berbentuk kerucut dengan berbagai macam ukuran seperti pada kancing hias bertangkai. Kancing bungkus dapat pula di hias dengan manik payet dan dipasangkan pada kebaya modifikasi dari busana pesta.

Kancing Cina

Kancing Cina terbuat dari sejenis tali yang dibuat dengan teknik simpul dan buhul, sehingga menghasilkan bentuk-bentuk tertentu.

keywords:les,indonesia,private,obras,guru,sekolah,wanita,belajar,yogyakarta,usaha,jogja,kursus,terbaik,batik,kaos,kebaya,jahit,baju jahit,mesin jahit,konveksi,bordir,belajar menjahit,kursus menjahit  

0 komentar:

Post a Comment