, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

KERAJINAN TEKSTIL

 KERAJINAN TEKSTIL

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 KERAJINAN TEKSTIL

desain kerajinan tekstil   - A. Pengertian Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utama.
B. Desain Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil yang akan diwujudkan menjadi karya seni akan terwujud secara maksimalapabila melalui tahap pembuatan produk kerajinan tekstil. Desain merupakan langkah awaldalam mewujudkan suatu karya seni, dan desain merupakan rancangan yang akan memudahkandalam pencapaian tujuan atau penciptaan karya seni. Dengan demikian desain dapat diartikansebagai suatu rancangan gambar yang nantinya dilaksanakan dengan tujuan tertentu yang berupasusunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur. Desain dapat diterapkan pada berbagai bendayang ada di lingkungan kita.Untuk mendapatkan suatu produk kerajinan tekstil yang baik memerlukan sebuah perencanaanyang didalamnya terdapat kesatuan antara bahan yang digunakan dengan fungsi serta jenis bendayang dibuat, kerumitan dalam pengerjaannya yaitu perpaduan yang seimbang, berlawanan, atausaling bertentangan yang menghasilkan nilai estetis pada benda tersebut.Suatu desain yang baik akan memperlihatkan susunan yang teratur dari bahan-bahan yangdipergunakan sehingga menghasilkan suatu benda yang indah dan dapat dipergunakan. Dalamhal ini terdapat dua macam desain, yaitu
 structural design
(desain struktur dan
decorativedesign
(desain hiasan
a. Structural Design (desain struktur)
Structural Design
(desain struktur adalah susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur dari suatu benda baik berupa benda yang mempunyai ruang maupun gambaran dari suatu benda. !ontoh deesain struktur" gambaran suatu benda yang akan dibuat dilengkapi denganketerangan ukuran, warna, dan bentuknya.




b. Decorative Design (garnitur)
 Decorative Design
(garnitur adalah sentuhan#perlakuan yang diberikan pada permukaanbusanayang memberikan efek $isual memperindah penampilan. %arnitur bisa sebagai unsuredekoratif#hiasan atau sebagai unsur fungsional.&erdapat tiga cara dalam menyusun
decorativedesain
, yaitu"
 By the color and pattern, Byconstruction dedtails, By decorative trims
. a.

 By the color and pattern,
yaitu warna dan motif yang tersusun dalam suatu bahantekstil pada busana, secara tidak langsung juga berfungsi sebagai decorati$e design.!ontoh "
 Batik Tapis Tapestry Songket
 b.

 By construction details,
yaitu membentuk detail hiasan tertentu pada busana disini biasanya dilakukan dengan membuat jahitan#setikan pada kain#tekstil.
 Cnth :: Quilting Smocking Shiring Pintucksc.

 By decorative trims,
yaitu teknik yang biasanya berupa tempelan kain diatas permukaan kain dengan menambahkan unsur pelengkap lain pada permukaan kain. !nth "
 Buttons (kancing !ace (renda Braids (kepang "ringe(susur#ekorkuda
'embuatan produk kerajinan tekstil dilakukan dengan cara menentukan jenis benda apa yangakan dibuat (benda hias atau benda pakai, membuat desain produk, membuat desain hiasan pada produk, menyiapkan bahan dan alat serta langkah kerja pembuatan produk kerajinan tekstil.
C. Bahan dan Alat Pembuatan Produk Kerajinan Tekstil
ahan yang dapat digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil diklasifikasikan menjadidua bagian, yaitu" bahan utama dan bahan pelengkap. 'ada pembuatan produk kerajinan tekstil bahan yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis benda yang akan dibuat, fungsi dari bendatersebut,serta teknik yang akan digunakan.


Secara umum bahan utama yang dapat dipergunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstiladalah bahan tekstil yang tebuat dari serat alam atau serat polyester baik itu berupa kain tenun,rajut, kempa, ataupun berupa benang#tali, contoh bahan-bahan tekstil yang dapat dipergunakandalam pembuatan produk kriya tekstil adalah kain katun, kain satin, benang katun, benang nylon,tali koor, kain flanel, dan pita.



'ada pembuatan produk kerajinan tekstil bahan pelengkap memiliki fungsi memperindah ataumenyempurnakan tampilan benda yang dibuat. 'enggunaan bahan pelengkap pun sama dengan bahan utama yaitu harus disesuaikan dengan jenis benda yang dibuat,fungsi benda, serta teknik  pembuatan yang digunakan. ahan pelengkap yang umumnya digunakan adalah bahan tekstilyang terbuat dari serat alam ataupun polyester seperti kain pelapis#pengeras, busa pelapis,dakron, kain furing, renda, pita dan retsluiting.

)lat yang dapat digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu" alat utama dan alat penunjang. )lat utama terdiri dari" mesin  jahit, alat-alat menjahit,gunting, pita ukur, papan landasan dan lain-lain. )dapun alat  penunjang terdiri dari" mata itik, lem,lilin bakar, pemidangan, jarum & dan lain-lain.
D .Produk dan Pengemasan Kerajinan Teksti:
1.
Serat;
'embuatan serat menjadi benang harus melalui beberapa proses, diantaranya"

!arding(penyikatan

!ombing(penyisiran

Spinning(pemintalan

Si*ing(penganjian


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  desain kerajinan tekstil 

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengertian Desain Produk Kerajinan Tekstil

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.academia.edu/7945600/KERAJINAN_TEKSTIL

0 komentar:

Post a Comment