, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Membuat Taplak Meja Dari Kain Perca

Cara Membuat Taplak Meja Dari Kain Perca

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Cara Membuat Taplak Meja Dari Kain Perca

cara membuat taplak meja - Anda punya sisa kain yang tidak terpakai? Namun bingung memanfaatkannya? Sebaiknya sisa kain tersebut anda manfaatkan untuk membuat sesuatu yang jauh lebih bermanfaat dari pada hanya membuangnya ke kotak sampah. Mulailah untuk mencoba berkreasi menggunakan barang-barang sisa yang ada di rumah anda.

Kain perca dapat anda gunakan untuk menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat untuk tampilan rumah anda. Kain perca tersebut bisa anda kreasikan untuk membuat taplak meja sebagai alas meja di ruang tamu anda. Selain terkesan menarik, hal tersebut juga dapat menghemat pengeluaran anda. Caranya mudah dan dapat anda kerjakan sendiri di rumah, siapkan alat dan bahan di bawah ini untuk membuat taplak meja dari kain perca.
Alat dan Bahan

1. Kain perca
Gunakan kain perca dengan motif yang beragam agar tampilan taplak meja anda semakin cantik dan menarik

2. Mesin jahit
Untuk menjahit taplak meja anda agar lebih rapi, namun jika anda tidak memiliki mesin jahit. Anda bisa menjahit dengan cara manual

3. Busa angin
Untuk pelapis bagian bawah taplak meja anda agar lebih tebal

4. Renda
Sebagai penghias dari taplak meja anda agar terkesan lebih rapi dan menarik. Untuk motif dan warna renda sesuaikan dengan selera anda. Sebaiknya anda gunakan benang jahit dengan warna netral (putih atau hitam).

Setelah semua alat dan bahan di atas telah tersedia, barulah kita memulai langkah-langkah untuk membuat taplak meja dari kain perca.
Langkah-langkah pembuatan

1. Langkah pertama gunting kain perca (gunakan motif yang berbeda-beda) berbentuk persegi. Pastikan ukurannya sama untuk masing-masing potongan kain perca.

2. Setelah itu, sambung dengan menjahit potongan-potongan kain perca tersebut satu persatu hingga membentuk persegi panjang (ukurannya sesuaikan dengan taplak meja yang ingin anda buat)


3. Setelah semua potongan kain peca dijahit hingga membentuk taplak meja, anda rapikan ujung-ujung kain dengan memotong bagian ujung yang tidak sama.

4. Setelah itu, jahit keliling taplak meja tersebut agar lebih kencang dan rapi.

5. Potong busa angin dengan ukuran yang sama panjang dengan taplak meja tersebut

6. Letakkan busa angin di bagian bawah taplak meja dan jahit keliling busa angin tersebut pada taplak meja.

7. Kemudian untuk memperindah taplak meja buatan anda, tambahkan renda di sekeliling taplak meja tersebut. Jahit renda di sekeliling taplak meja.

8. Taplak meja dari kain perca buatan anda pun sudah selesai dibuat.

Untuk hasil yang lebih baik dapat anda tambahkan aksesoris lain pada taplak meja, seperti tempelan kain berbentuk boneka atau buah-buahan di empat ujung sisi taplak meja anda. Anda juga dapat membuat taplak meja dengan bentuk lain menggunakan kain perca sesuaikan dengan kreasi dan panjangnya meja di rumah anda. Selain bermanfaat sebagai penghias tampilan meja di rumah anda, langkah-langkah pembuatan taplak meja dari kain perca di atas juga dapat anda ajarkan kepada teman-teman anda.

Setelah anda mahir membuat taplak meja dari kain perca, anda dapat meningkatkan kemampuan anda dengan membuat barang-barang lain dengan bahan dasar kain perca, seperti sarung bantal, sprei, dan tas. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai peluang usaha dengan menjual hasil kreasi anda kepada teman dan rekan anda. Jika anda ingin memulai usaha dari kain perca tersebut, motif dan desain merupakan faktor yang sangat penting agar hasil kreasi anda tidak ketinggalan zaman.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat taplak meja

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://carageek.com/umum/cara-membuat-taplak-meja-dari-kain-perca/326/

0 komentar:

Post a Comment