, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Fashion Design

 Fashion Design

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 Fashion Design

sekolah fashion design di indonesia - Desain fesyen di Lasalle College Indonesia adalah jalur studi untuk tetap unggul di salah satu industri yang paling kompetitif.

Program ini akan mempersiapkan dan membekali Anda dalam menghadapi industri fesyen dengan keterampilan yang diperlukan oleh seorang desainer yang inovatif. Kurikulum ini adalah refleksi dari keragaman dunia mode, yang akan membiasakan anda dalam menghadapi segala aspeknya. Program desain fesyen ini mencakup kelas teoritis dan akademis disertai proses praktek yang kreatif untuk berhasil dalam memproduksi koleksi orisinil yang diperlukan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam mengikuti perubahan tren.

Dengan perlengkapan fasilitas art; kerjasama yang kuat dengan industri, serta dosen dengan pengalaman yang luas di lapangan dilengkapi kurikulum yang padat, program desain fesyen di LaSalle College Jakarta adalah jalur studi yang sempurna bagi setiap calon desainer.

Belajar dan Kuliah Jurusan Fashion Design?



Sebelum anda memutuskan dan mencari tempat kuliah jurusan fashion design, sebaiknya Anda memahami terlebihdahulu ruanglingkup fashion design itu sendiri. Menurut wikipedia, fashion design itu adalah sebuah seni penerapan desain dan estetika, atau seni keindahan untuk pakaian dan aksesoris. Para fashion desaigner biasanya bekerja dalam berbagai cara dalam merancang pakaian dan aksesoris tersebut, serta mereka juga harus bisa mengantisipasi perubahan selera konsumen.

fashion_design_universityJadi jika anda tertarik dan memutuskan untuk mengambil jurusan fashion design dan belajar menjadi seorang fashion designer, maka pekerjaan utama Anda nantinya adalah mencoba merancang jenis pakaian yang fungsional dan penuh estetika.

Dengan kata lain, anda harus bisa mempertimbangkan siapa yang akan mengenakan pakaian dan dalam situasi apa pakaian tersebut akan dikenakannya. Dalam situasi seperti itu anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengkombinasikan bahan dengan berbagai macam pola, warna, dan style atau gaya masa kini.

Walaupun saat ini seseorang bisa menemukan dengan mudah pakaian yang akan dikenakannya sehari-hari seperti baju untuk dirumah dan baju kerja misalnya, namun untuk jenis pakaian yang tidak biasa seperti untuk acara khusus makan malam atau gaun pesta, beberapa orang menginginkan tampil dengan gaun yang khusus dan berbeda. Maka disinilah tugas Anda sebagai desaigner untuk membuat dan merancang baju untuk mereka.

Ada seseorang yang pernah bertanya, untuk kuliah dan mengambil jurusan fashion designer apakah harus dari jurusan IPA atau IPS ya?

Sebenarnya dari kedua jurusan ini tidak begitu penting karena tergantung bakat dan minat Anda. Cuma biasanya di jurusan IPA anda memperoleh pelajaran yang lebih banyak atau lebih fokus pada hitungan-hitungan dan dituntut ketelitian. nah, kemampuan-kemampuan tersebut (seperti misalnya untuk perhitungan ukuran pakaian yang tepat) akan sangat membantu anda untuk belajar di jurusan fashion design nantinya.

Sementara itu di jurusan IPS anda lebih dituntut untuk mengetahui tentang ekonomi terutama yang berhubungan dengan dunia fashion (biasanya ini dipelajari secara otodidak). Selain itu di jurusan ini anda juga mempelajari sejarah sehingga anda akan bisa memperoleh inspirasi jenis d
an style pakaian dari setiap daerah maupun dari perjalanan sejarah.

Jadi kedua jurusan ini (IPA dan IPS) sama-sama memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri. jurusan IPA akan menuntun Anda lebih ke hal-hal tekhnis dalam dunia fashion, sementara jurusan IPS akan menuntun Anda dalam hal penemuan ide dan inspirasi.

Tapi anda perlu tahu juga dimana jurusan fashion design ini sepengetahuan saya adalah masuk dalam kategori jurusan yang termahal seperti jurusan kedokteran dan arsitek. Hal ini karena untuk belajar atau menjadi seorang fashion designer, anda juga memerlukan paralatan dan perlengkapan bantu. Dan biasanya peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk belajar fashion design ini biasanya harganya mahal-mahal. Tapi bagi anda yang tidak mengalami masalah atau kendala dalam hal keuangan, maka jurusan ini termasuk jurusan yang sangat menjanjikan dalam hal karir dan masa depan Anda nantinya.

 

Tempat Belajar, Sekolah, Atau Perguruan Tinggi Yang Menyediakan Jurusan Fashion Design


Kalau diluar negri sana ada begitu banyak sekolah atau perguruan tinggi yang menyediakan jurusan fashion design ini, salahsatunya adalah Billy Blue College yang berlokasi di sydney-australia. Billy blue college mulai berdiri sejak tahun 1986 yang lalu dan sudah menghasilkan ribuan lulusan yang bermutu dan siap untuk meraih keberhasilan dalam dunia design. Disamping itu billy blue college juga memiliki perjanjian kerjasama untuk memberikan fasilitas magang, beasiswa, dan pengalaman kerja dengan beberapa pemimpin di industri design seperti Toby & Pete, Frank Digital, Museum of Contemporary Art, dll.

Adapun kampus Billy Blue College terletak di Sydney Utara, tepat-nya lagi berlokasi di tengah-tengah pusat kawasan bisnis Sydney Utara yang begitu ramai. Untuk mencapai kampusnya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dengan naik kereta dari Sydney pusat ke seberang Jembatan Harbour yang terkenal di dunia itu lo. Yang menarik dari kampus ini adalah karena loaksinya dekat dengan beberapa studio kreatif dan agen pemasaran yang terkenal di sydney.

Selain anda bisa belajar fashion design di billy blue college, masih ada beberapa sekolah atau perguruan tinggi di luar negri sana yang menyediakan jurusan fashion design ini. Beberapa diantaranya yang tidak kalah terkenal-nya dan menjadi tempat kuliah jurusan fasion design kelas dunia adalah:

    Otis College of Art and DesignLokasi: Los Angeles-Amerika Serikat

    Drexel University
    Lokasi: Philadelphia-Amerika Serikat

    Studio Bercot Lokasi:
    Paris-Perancis


    ESMOD
    Lokasi: Paris-Prancis

    University of Westminster
    Lokasi: London-Inggris

    London College of Fashion
    Lokasi: London-Inggris

    Kent State University
    Lokasi: Kent-Amerika Serikat

    Academy of Art University
    Lokasi: San Francisco-Amerika Serikat

    Istituto Marangoni
    Lokasi: Milan-Italia, London, dan Paris

    Royal College of Art
    Lokasi: London, Inggris

    Savannah College of Art and Design
    Lokasi: Savannah–Amerika Serikat

    Shenkar College of Engineering and Design
    Lokasi: Ramat Gan–Israel


Anda bisa mengunjungi preview atau penampakan dari beberapa fashion designer school tersebut diatas melalui video yang saya hadirkan, yang saya peroleh dari hasil pencarian melalui om google dan paman yahoo. Anda bisa melihat penampakan dari tempat-tempat pendidikan fashion tersebut melalui link video masing-masing.
Fashion Designer School Di Indonesia

Sementara itu jika Anda mencari sekolah atau perguruan tinggi di indonesia yang menyediakan jurusan fashion design ini terdapat beberapa pilihan. Tapi sebagian besar terutama yang bertaraf internasional adalah lembaga pendidikan luar negri yang membuka cabangnya di Indonesia. Salahsatu dari fashion design school di jakarta adalah Lasalle College International (LCI) Indonesia yang berlokasi di kawasan jl. sudirman jakarta serta di jl. imam bonjol surabaya.

Selain itu masih ada ESMOD, lembaga pendidikan asal paris-prancis yang juga membuka cabang untuk jurusan fashion design ini di Indonesia. di Jakarta sendiri ESMOD ber-kampus di kawasan jl. asem dua cipete – jakarta selatan.

Untuk lengkapnya, berikut ini adalah beberapa lembaga pendidikan, universitas, maupun tempat kursus fashion designer di Indonesia yang dapat Anda pilih:
1. Esmod Jakarta
Jl. Asem II No.3 – 5 Cipete Jakarta Selatan 124102.2. LaSalle College International Jakarta
Sahid Office Boutique (Unit D – F) Jl. Jend. Sudirman Kav.86, Jakarta Pusat 102203.3. Akademi Seni Rupa & Design ISWI (Ikatan Sarjana Wanita Indonesia)
Taman Modern Cakung, Jl. Dahlia Block E No.6 Jakarta Timur 139604.4. Sekolah Mode Busana Budihardjo
Jl. Limau No.42, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 121305.5. LPTB Susan Budihardjo
Jl. Cikini Raya No.58 FF – GG, Jakarta Pusat6.6. Bunka (So-En) School of Fashion
Jl. Pembangunan III/14C, Jakarta Pusat7. Phalie Studio
Jl. Gading Indah Raya, Blok C21 Kelapa Gading, Jakarta Utara 142408. Harry Dharsono Couture
Jl. Cilandak Tengah 71 Jakarta Selatan9. Indonesia International Fashion Institute (IIFI)
Sekarang diganti nama menjadi Sekolah Mode Poppy Dharsono Plaza 5 Pondok Indah Blok B-9. Jl. Margaguna, Kebayoran Baru. Jakarta Selatan 12130     10. Sekolah Tinggi Desain Interstudi Jl. Kapten Tendean No.2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan11. Lembaga Kursus Tata Busana Wiwi
Berbasis kompetensi DepDikBud Izin resmi DepDikNas, Berijazah Negara Jl. KH.Agus Salim No.30 / 8 Jakarta Pusat 1034012.12. IKKIS SEKOLAH PRIVAT MODE & TEHNIK MENJAHIT BUSANA HALUS
Jl. Mampang Prapatan XVIII No.102, Komplek Keuangan, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan 1276013.13. Juliana Jaya
Jl MH Ung 7-A RT 010/01 Jakarta 10650 atau Jl Bekasi Raya Km 19
/10 Jakarta 1392014.14. Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI)
Jl. Buah Batu no.212, Bandung 4026515. Sekolah Tinggi Seni Rupa & Desain Indonesia (STISI)
Jl. Soekarno-Hatta 581 Bandung 4027516. Sekolah Mode Lina Lea
Jl. Dr Saleh 4, Bandung 4013117. Arva School of Fashion
Sambas No.16, Surabaya18. Dolling School of Fashion Design
di Medan Kursus Fashion Design, Sulam, Dll. Jl.

Atau jika Anda ingin belajar secara otodidak, anda bisa mengikuti kursus dalam bidang fashion design ini, salahsatunya adalah kursus online untuk fashion designer yang saat ini ada beberapa yang eksis dan terkenal seperti Online Fashion Design Course yang dapat Anda ikuti dan pelajari dari rumah.

Seorang fashion designer tentulah memerlukan perlengkapan dan alat bantu seperti seorang arsitek misalnya yang memerlukan alat gambar. Dalam catatan penulis ada beberapa perlengkapan dan alat bantu yang diperlukan. Kalau seorang arsitek biasanya software yang diperlukan adalah autocad dan photoshop, sementara untuk fashion designer software yang dikenal khsusus adalah Poser. Beberapa orang juga mungkin akan masih memerlukan beberapa perlengkapan dan alat bantu lainnya lagi (anda bisa sharing di bagian komentar dari artikel ini).

Sebenarnya memilih jurusan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Sering kali kita tidak tahu apa yang kita inginkan sebenarnya dan merasa bingung minat kita ini sesungguhnya di bidang apa sih. Tapi yang jelas jurusan yang diambil saat kuliah akan ikut menentukan masa depan anda nantinya. Jadi pastikan kamu benar-benar ingin memilih dan mengambil jurusan fashion design ini.

Karena jangan sampai Anda hanya menghambur-hamburkan uang dan waktu Anda untuk kuliah di jurusan ini (apalagi kalau sampai jauh-jauh ke luar negri sana), na
mun ditengah jalan justru Anda merasa salah mengambil jurusan.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang sekolah fashion design di indonesia

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Fashion School di Indonesia

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://fashionistaindonesia.com/kursus-dan-kuliah-jurusan-fashion-design.php

0 komentar:

Post a Comment