, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kerajinan Tangan dari Kain Perca

 Kerajinan Tangan dari Kain Perca

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 Kerajinan Tangan dari Kain Perca


kerajinan tangan dari kain perca dan cara membuatnya  – Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Perca. Setelah sebelumnya kita berbicara tentang kerajinan tangan dari kain flanel, selanjutnya kali ini kita akan mengulas kerajinan tangan dari kain perca. Kain perca adalah jenis kain dari sisa pembuatan pakaian yang berupa potongan-potongan kain kecil yang biasanya dibuang oleh pemiliknya setelah selesai membuat pakaian. Bisa dikatakan kreasi kain perca adalah seni gambungan dari seni tradisional yang terwujud dalm proses pembuatannya, dan seni modern yang bisa kita lihat dari model-model atau motif-motifnya.

Kain perca sekilas tampak tidak dibutuhkan lagi dan tidak berguna. Namun hal itu tidak belaku bagi para pengrajin kain perca yang mampu memanfaatkan kain-kain sisa tersebut untuk membuat produk-produk yang berkualitas. Hasil kerajinan dari kain perca tidak hanya memiliki nilai jual saja, keistimewaan dari kreasi kain perca memang juga memiliki keunikan tersendiri. Beberapa kerajinan tangan dari kain perca biasanya berupa sarung bantal, bed cover, penutup galon air mineral, tas dan lain-lain. Penampilan dari kreasi kain perca sendiri tentu berbeda dari produk dengan memakai kain biasa (utuh).

Kecantikan produk dari kain perca bisa timbul dari paduan warna , motif serta modifikasi lainnya sesuai kreatifitas sang pengrajin. Kerajinan tangan dari kain perca biasanya digeluti dalam produksi rumah tangga yang terdiri dari orang-orang kreatif yang mempunyai jiwa seni yang tinggi. Namun tidak jarang sekarang sudah banyak individu yang hanya sekedar ingin mencoba membuat kreasi kain perca untuk keperluan pribadi. Kerajinan tangan dari kain perca layak untuk terus dikembangkan sebagai pilar usaha dalam dunia kreatif. Tak sedikit anak sekolah di bebeerapa daerah terkadang mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat kreasi kain perca. Suatu kontribusi dari dunia pendidikan di negara kita dalam menumbuhkan jiwa kreatif siswa yang perlu kita hargai.

Cara membuat kerajinan dari kain perca sendiri tidak sulit seperti yang kita bayangkan, bahkan, bagi orang awam pun bisa membuat kreasi kain perca yang sederhana. Dalam pembuatannya, kerajinan kain perca dapat dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan dijahit tangan, dan bisa juga menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mencoba membuat kreasi kain perca di rumah dengan memanfaatkan kain-kain sisa yang sudah tidak terpakai lagi agar waktu senggan Anda di rumah lebih bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia.

Sebelum Anda mencoba membuat kerajinan tangan dari kain perca, ada baiknya Anda memahami beberapa teknik dalam penjahitan kain perca yang akan Saya coba uraikan berikut ini.
Teknik-Teknik Menjahit Kain Perca:

– Patchwork

Teknik menjahit kain perca patchwork merupakan cara menjahit dalam menggabungkan kain-kain perca mengikuti alur atau pola potongan-potongan kain itu sendiri.

– Applique
Teknik Applique ialah teknik membentuk aneka motif dari kain perca yang selanjutnya ditempelkan pada satu helai atau lebih kain untuh sebagai lapisan dasarnya.

– Quilting
Teknik yang satu ini hanya sebagai penyempurnaan saja dimana dalam teknik quilting kita menambahkan busa sebagai lapisan tambahan agar kerajinan tangan dari kain lebih tebal dan kuat.

Setelah Anda mendapat sedikit pengatahuan tentang kain perca dan teknik membuatnya, sekarang Anda sudah siap untuk menjajalnya. Kualitas hasil selanjutnya tergantung s
eberapa tinggi kreatifitas Anda. Dasi mulai membentuk bentuk dan motif hingga kerapihan pada jahitan. Kerajinan kain perca yang memiliki nilai jual tinggi biasanya berupa tas, boneka dan sebagainya.

Contoh Kerajinan Tangan Dari Kain Perca:
kerajinan tangan dari kain perca

kerajinan tangan dari kain perca – tas kain perca handmade

 

kerajinan tangan dari kain perca
kerajinan tangan dari kain perca – bros kain perca handmade

 

kerajinan tangan dari kain perca
kerajinan tangan dari kain perca – membuat boneka dari kain perca

 

kerajinan tangan dari kain percakerajinan tangan dari kain perca – membuat bunga dari kain perca

Image sources:
artenergic.blogspot.com,moslemsoftdoll.wordpress.com,kerajinantanganmu.blogspot.com,



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang kerajinan tangan dari kain perca dan cara membuatnya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://zhahab.blogspot.co.id/2013/12/membuat-kerajinan-tangan-unik-keset.html

0 komentar:

Post a Comment