, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Memasang Benang pada Mesin Jahit Singer

 Cara Memasang Benang pada Mesin Jahit Singer

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus,   terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Cara Memasang Benang pada Mesin Jahit Singer

cara menggunakan mesin jahit - 3 Metode:Memasang Benang pada Mesin dengan Dua Pemandu BenangMemasang Benang pada Mesin dengan Satu Pemandu BenangMulai Menjahit

Produk Singer terdiri atas berbagai jenis mesin jahit, dimulai dari mesin jahit untuk pemula sampai mesin obras yang rumit berteknologi tinggi dan mesin jahit lainnya yang digunakan oleh penjahit profesional atau mereka yang hobi menjahit. Mesin jahit yang biasa digunakan sehari-hari pada umumnya dilengkapi dengan pemandu benang di bagian atas mesin yang akan menentukan cara Anda memasang benang. Artikel ini memberikan petunjuk untuk memasang benang pada mesin dengan dua pemandu benang dan satu pemandu benang.
 

Langkah



Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 1    1
    Tentukan jenis mesin jahit yang Anda miliki. Mesin jahit Singer yang paling umum, kapan pun tahun pembuatannya, selalu ada pemandu benang dengan kategori berikut:
        Mesin jahit dengan dua pemandu benang: biasanya berbentuk pengait kecil dari logam dan tongkat panjang dari plastik di bagian atas mesin. Benang harus dipasang melewati pengait dan tongkat ini lalu turun ke bawah dan masuk ke lubang jarum.
        Mesin jahit dengan satu pemandu benang hanya punya satu pengait dari logam yang ada di bagian atas mesin.


Metode 1 dari 3: Memasang Benang pada Mesin dengan Dua Pemandu Benang

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 2
    1
    Matikan dulu mesih jahit Anda. Pastikan tidak ada aliran listrik pada mesin jahit sebelum Anda mulai memasang benang. Jika mesin masih menyala, mungkin Anda bisa terluka atau mesin bisa saja mengalami kerusakan selama pemasangan benang.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 3    2
    Naikkan jarum mesin ke posisi paling tinggi. Peganglah roda atas lalu putar perlahan-lahan ke arah Anda untuk menaikkan jarum mesin.

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 4    3
    Angkatlah sepatu penekan jahitan. Peganglah tongkat kecil di bagian samping mesin lalu angkatlah sepatu penekan jahitan agar benang bisa terpasang pada titik-titik tertentu yang harus dilewati pada mesin.

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 5    4
    Pasanglah benang jahit pada tiang gulungan benang. Ada mesin dengan tiang gulungan benang vertikal dan ada juga yang horisontal. Bagaimana pun posisinya, pasanglah benang dengan baik pada tiang gulungan benang.

   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 6    5
    Tariklah benang ke arah pemandu benang yang pertama. Pertama-tama, kaitkan benang pada celah di bagian bawah pemandu benang pertama lalu kaitkan pada celah di bagian atas. Arahkan benang ke kanan lalu tarik menjauhi pemandu benang pertama.
  

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 7    6
    Kaitkan benang pada pemandu benang ke dua. Tariklah benang ke kanan melewati bagian bawah pemandu ke dua sambil mengaitkan benang dari bawah ke atas. Setelah itu, tariklah benang perlahan-lahan agar terpasang dengan baik.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 8    7
    Kaitkan benang pada pengatur tegangan benang. Arahkan benang ke penjepit benang lalu selipkan di antara dua pelat pengatur tegangan benang.

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 9    8
    Masukkan benang pada lubang di tuas pengangkat benang. Kaitkan benang pada pengait dan masukkan ke dalam lubang yang ada di bagian atas tuas pengangkat benang agar benang yang sudah terpasang tidak terlepas lagi.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 10    9
    Pasanglah benang pada pengait benang yang ada di atas jarum. Pengait kecil ini akan menjaga tegangan benang. Ada mesin jahit yang menggunakan lebih dari satu pengait di atas jarum untuk menjaga tegangan benang.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 11    10
    Pasanglah benang pada jarum mesin. Pada saat memasang benang pada jarum, masukkan benang dari depan ke belakang.


Metode 2 dari 3: Memasang Benang pada Mesin dengan Satu Pemandu Benang

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 12
    1
    Matikan dulu mesin jahit Anda. Cabutlah kabel listrik agar mesin jahit tidak bisa dinyalakan selama pemasangan benang.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 13    2
    Naikkan jarum mesin sampai berada di posisi paling atas. Peganglah roda atas lalu putar ke arah Anda sampai jarum tidak bisa naik lebih tinggi lagi.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 14    3
    Angkatlah sepatu penekan jahitan. Peganglah tuas kecil di bagian samping sepatu penekan jahitan lalu angkat.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 15    4
    Pasanglah benang pada tiang gulungan benang. Jika posisi tiang gulungan benang mesin Anda horizontal, pasanglah penahan di ujung tiang ini agar gulungan benang agar tidak terlepas. Jika posisi tiang ini vertikal, letakkan saja benang pada tiang ini.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 16    5
    Tariklah benang ke arah pemandu benang. Tariklah benang ke kiri melewati pemandu benang lalu kaitkan dari bawah pengait kecil. Setelah itu, tarik lagi benang melewati celah sepe
rti lubang kunci.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 17    6
    Kaitkan benang pada pengatur tegangan benang. Arahkan benang ke antara penjepit benang lalu selipkan di antara dua pelat pengatur tegangan benang.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 18    7
    Masukkan benang pada lubang di tuas pengangkat benang. Kaitkan benang pada pengait dan masukkan ke dalam lubang yang ada di bagian atas tuas pengangkat benang agar benang yang sudah terpasang tidak terlepas lagi.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 19    8
    Pasanglah benang pada pengait benang yang ada di atas jarum. Pengait kecil ini akan menjaga tegangan benang. Ada mesin jahit yang menggunakan lebih dari satu pengait di atas jarum untuk menjaga tegangan benang.
  

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 20    9
    Pasanglah benang pada jarum mesin. Pada saat memasang benang pada jarum, masukkan benang dari depan ke belakang.


Metode 3 dari 3: Mulai Menjahit


   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 21    1
    Turunkan jarum mesin. Tariklah ujung benang keluar dari jarum sepanjang 10-15 cm. Sambil memegang ujung benang yang baru Anda tarik ini, peganglah roda atas lalu putar ke arah Anda sampai jarum masuk ke rumah sepul dan tidak terlihat lagi.
   

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 22    2
    Naikkan lagi jarum mesin. Putarlah roda atas perlahan-lahan sampai jarum kembali berada di posisi yang paling tinggi. Peganglah benang yang keluar bersama jarum pada saat Anda menaikkan jarum. Setelah jarum muncul lagi dari bawah, benang sepul akan ikut naik bersama jarum.

Gambar berjudul Thread a Singer Sewing Machine Step 23    3
    Rapikan benang. Tariklah benang atas ke arah Anda sampai benang sepul keluar dari rumah sepul. Tariklah kedua benang ke bawah sepatu penekan jahitan. Pindahkan ujung benang ke belakang sepatu penekan lalu arahkan benang ke kanan.


Tips


    Pada umumnya, mesin jahit Singer dijual dengan manual yang berisi diagram petunjuk cara memasang benang pada mesin. Beberapa model bahkan mencetak instruksi ini di bagian atas mesin.

Hal yang Anda Butuhkan

    Mesin jahit
    Benang yang masih tergulung

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menggunakan mesin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa

melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Memakai Kemben dengan Benar Agar Tidak Melorot

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Memasang-Benang-pada-Mesin-Jahit-Singer

0 komentar:

Post a Comment