, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jelaskan Arti Ragam Hias !

Jelaskan Arti Ragam Hias !


ragam hias - A. Ragam hias adalah suatu bentuk dasar yang menjadi pola yang digunakan berulang-ulang dalam sebuah karya seni atau kerajinan tangan. Karya atau kerajinan tangan tersebut dapat berupa batik atau tulisan pada kain, tenunan, ukiran, pahatan pada kayu atau batu, dan songket. Ragam hias yang ada dapat distiliasi atau distilir sehingga bentuknya menjadi bervariasi. Variasi sebuah ragam hias biasanya merupakan ciri khas suatu era atau unit budaya tertentu yang bisa menjadi petunjuk untuk para sejarahwan atau arkeolog dalam meneliti sebuah bentuk peradaban.
B. Ragam hias yang berasal dari daerah yang ada di Indonesia dapat ditemukan dengan mudah pada hasil tenunan, motif batik, tembikar, ayaman, ataupun ukiran kayu dan pahatan batu. Bentuk dasar ragam hias tersebut mungkin sama ataupun serupa namun tetap memiliki ciri khas karena terdapat makna spiritual yang berbeda yang dituangkan kedalamnya dan menciptakan stiliasi ragam hias.

C. Ada beberapa jenis ragam hias yang menjadi pola dasar yang sering digunakan oleh para pengrajin diantaranya:


1. Ragam hias geometris; ini merupakan ragam hias tertua dari ornament. Motif geometris banyak memanfaatkan garis-garis lengkung dan lurus, segi tiga, lingkaran, ataupun unsur-unsur ilmu ukur lainnya. Motif ini bisa diterapkan dalam seni lukis, cetak, maupun pahat.
2. Ragam hias flora; motif ini digambarkan dengan berbagai cara seperti dengan teknik natural maupun stilirisasi tergantung keinginan seniman yang membuatnya. Tumbuhan yang dijadikan objek inspirasi juga berbeda tergantung lingkungan alam, sosial maupun kepercayaan yang ada pada waktu tersebut.
3. Ragam hias poligonal ; poligonal merupakan dimensi datar yang terbentuk ketika ada garis yang membentuk batas pinggir dari sebuah bidang. Contoh betuk-bentuk poligonal adalah segi tiga atau triangle, segi empat atau tetragon, dan lain-lain.
4. Ragam hias figuratif; motif ini disebut sebagai motif manusia karena bentuknya mengacu pada figur manusia. Contoh dari motif ini adalah lukisan penari, bentuk pewayangan, topeng.
5. Ragam hias fauna; sebagian besar penggambaran fauna atau hewan dalam suatu ornamen merupakan bentuk gubahan atau stilirisasi.

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Jelaskan Arti Ragam Hias !

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang ragam hias

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Mengenal Tusuk Jahit

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.bhataramedia.com/forum/jelaskan-arti-ragam-hias/

0 komentar:

Post a Comment