, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Contoh Proposal Bimbel

 Contoh Proposal Bimbel



contoh proposal kerja sama bimbel dengan sekolah  - Proposal Kegiatan Usaha
Bimbingan Belajar
“AL-KHOIRIYAH” 
Jln. Raya Citayam Parung, Komp. Pertanian Atsiri Permai
Kab. Bogor

BAB I
PENDAHULUAN
1.        Latar Belakang
Dengan semakin meningkatnya pendapatan masyarakat maka semakin meningkat pula kebutuhan mereka. Di era globalisasi ini manusia dituntut memiliki sumber daya yang berkualitas agar bisa bersaing dengan manusia lainnya sehingga dapat bertahan hidup dan meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Dalam hal ini kebutuhan hidup manusia yaitu, meliputi pangan, sandang, dan papan serta kebutuhan akan pendidikan semakin meningkat pula terutama di negara berkembang. Salah satunya di Indonesia, pemenuhan kebutuhan pendidikan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Pendidikan sangat berperan penting untuk mengurangi kebodohan, meningkatkan potensi-potensi siswa didik, serta membentuk perilaku yang baik di masyarakat.
Ada dua jenis pendidikan yang dikenal di Indonesia, yaitu pendidikan formal (TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi/Universitas) dan pendidikan non formal (seperti kursus komputer, les Bahasa Inggris, maupun kegiatan beladiri). Pendidikan formal sudah jelas tujuannya untuk mendapatkan gelar kelulusan. Tetapi, Masyarakat cenderung mencari pendidikan alternatif selain pendidikan reguler seperti sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya. Sekolah dan pendidikan formal dianggap tidak cukup memberikan bekal pendidikan bagi masa depan. Untuk itu lembaga kursus menjadi salah satu alternatif yang dipilih masyarakat untuk lebih menggali potensi yang dimiliki siswa didik, memperkaya ilmu dan memberikan pelajaran yang tidak sepenuhnya didapat anak didik dari sekolah.
Mengenai permasalahan di atas, maka kami tertarik untuk melakukan studi kelayakan usaha dalam bidang jasa pendidikan. Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk anak didik kami dengan biaya yang terjangkau untuk semua kalangan. Atau dengan kata lain, lembaga ini dapat memenuhi kebutuhan pendidikan setiap peserta didik tanpa menitik beratkan biaya yang menjadi beban para orangtua peserta didik.

2.       Tujuan
a. Tujuan umum:
-    Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa
-    Ikut mempersiapkan generasi yang cerdas dan mampu menjawab tuntutan jaman
-    Ikut meningkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia
-    Mewujudkan sarana dan fasilitas pendidikan yang baik yang mampu menunjang
aktifitas pendidikan yang telah direncanakan sehingga dapat mencetak lulusan
yang berkualitas.
b. Tujuan khusus:
-       Memberikan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat
-       Memberikan Alternatif pendidikan kepada masyarakat

3.        Usaha yang Akan Dikembangkan
Dalam penulisan studi kelayakan usaha ini, kami bertujuan merealisasikan dan mengembangkan usaha yang akan kami jalankan. Adapun bentuk usaha yang akan kami jalankan adalah berupa perusahaan jasa yang bergerak di bidang lembaga bimbingan belajar (kursus) Bahasa Inggris dan komputer dengan nama “Al-Khoiriyah”. Untuk kursus komputer program dibagi dalam beberapa paket sesuai kebutuhan masyarakat saat ini terhadap dunia komputerisasi. Begitu pula dengan bahasa Inggris program disediakan mulai dari usia dini sampai usia dewasa yang di bagi dalam level sesuai tingkatan.
4.      Penyelenggara
Lembaga ini didirikan dan diselenggarakan oleh 5 orang individu yang mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan yang berkualitas, mereka adalah Siti Khoeriyah, S.Kom.I, Fitriyah, S.pd., Riski Amelia Fitriani, SE., Nurissalamahtulluthfiah, S.Kom.I, dan Siti Nurbaiti Dzakiah, S.pd.
Description: C:\Users\SITY\Pictures\family\CYMERA_20141008_110212.jpg
Siti Khoeriyah
Sebagai
Pimpinan (Penanggung Jawab)


Fitriyah
Sebagai
Administrator

                   Siti Nurbaiti Dzakiah
              Sebagai                                              sebagai                                                        sebagai
Tutor B. Inggris SMP-SMA            Tutor B. Inggris TK-SD                    Tutor Komputer

5.       Tempat Penyelenggaraan
Lembaga ini menyelenggarakan pendidikan di Jalan Raya Citayam Parung, Komp. Pertanian Atsiri Permai Kab. Bogor, Nomor Telepon 021-4215385.
6.       Sasaran
Program-program dalam bimbingan belajar ini sengaja dibuka untuk anak TK, SD, SMP, SMA atau anak – anak yang ingin memiliki kemampuan bahasa Inggris ataupun keahlian di bidang komputer dengan cepat dan mudah. Baik bagi pemula maupun yang sudah pernah kursus. Dengan metode pengajaran yang begitu mudah, praktis, tidak teoritis dan materi yang disajikan disampaikan oleh staff pengajar yang berkualitas diharapkan siswa didik mampu menerima materi dengan baik.
7.       Analisis Pesaing
a.    Pesaing
Adanya lembaga-lembaga bimbel ternama atau yang terlahir lebih dahulu seper
ti lembaga PEC di daerah Citayam tidak membuat kami pesimis karena faktanya lembaga bimbel seperti ini masih banyak diminati, dan kebetulan pula di tempat ini tidak atau belum ada lembaga bimbel lainnya. Sekalipun ada lembaga bimbel lainnya seperti PEC itu jauh.
b.    Resiko atau hambatan
Resiko yang dipertimbangkan dalam memulai dan mengembangkan usaha ini adalah :
-            Harus mampu bersaing dengan lembaga bimbel lainnya
Hambatan ini dapat diminimalisir dengan cara melakukan suatu inovasi yang berbeda dari lembaga lainnya, baik itu dari segi pelayanannya, harga, tempat atau yang lainnya.




BAB II
DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK
A.Aspek Pemasaran
Dalam bagian ini kami paparkan beberapa program yang kami tawarkan dalam bimbingan bahasa Inggris dan kursus komputer yang akan kami realisasikan dan kembangkan. Program-program dalam bimbingan belajar ini sengaja dibuka untuk anak TK, SD, SMP, SMA atau anak – anak yang ingin memiliki kemampuan bahasa Inggris ataupun keahlian di bidang komputer dengan cepat dan mudah. Dengan metode pengajaran yang begitu mudah, praktis, tidak teoritis dan materi yang disajikan dalam bentuk percakapan atau diperagakan dengan gambar- gambar dan alat peraga, dengan permainan, cerita – cerita lucu, dengan lagu – lagu dan teka – teki.
Maka belajar bahasa Inggris di Al-Khoiriyah ini akan terasa mudah dan menyenangkan. Karena dibimbing oleh instruktur – instruktur muda yang berpengalaman, dengan penuh keakraban dan penuh semangat. Peserta didik akan merasa nyaman dan bebas untuk berlatih, sehingga siswa tidak akan takut atau sungkan karena suasananya yang sangat akrab dan menyenangkan.
Adapun program yang ditujukan kepada pelajar tingkat TK sampai SMA adalah sebagai berikut :
Tabel 1. Biaya Kursus bahasa inggris

No.
Level
Biaya
1.
Pre Basic I (TK, SD)
Rp 25.000,-
2.
Pre Basic II (TK, SD)
Rp 25.000,-
3.
Pre Basic III (SD)
Rp 30.000,-
4.
Beginner (SD, SMP)
Rp 30.000,-
5.
Basic I (SD, SMP)
Rp 30.000,-
6.
Basic II (SD, SMP)
Rp 30.000,-
7.
Basic III (SMP, SMA)
Rp 30.000,-
8.
Pre Intermediate (SMP, SMA)
Rp 40.000,-
9.
Intermediate I (SMP, SMA)
Rp 45.000,-
10.
Intermediate II (SMP, SMA)
Rp 50.000,-
11.
Intermediate III (SMP, SMA)
Rp 55.000,-
12.
Advance I (SMP, SMA)
Rp 60.000,-
13.
Advance II (SMP, SMA)
Rp 65.000,-
14.
Advance III (SMP; SMA)
Rp 65.000,-
Tabel 1.2 Biaya kursus computer
No
Jenis
Biaya
1
Aplikasi Perkantoran
Rp. 70.000
2
Bahasa Pemrograman
Rp. 70.000
3
Aplikasi Grafis
Rp. 70.000
4
Software Database
Rp. 70.000
5
Komputer Akuntansi
Rp. 70.000
Tabel 2. Waktu Kursus
No
Kelas
Waktu
1
Pagi
08.00 – 09.00
09.30 – 11.00
2
Siang
13.30 – 15.00
15.00 – 16.30
3
Sore
16.30 – 18.00


Semua pertemuan dilakukan secara reguler dua kali dalam seminggu dengan durasi 90 menit/ pertemuan.

B.  Aspek yuridis
Aspek yuridis berguna sebagai bukti bahwa usaha yang kita jalankan memiliki dasar hukum yang jelas. Sehingga usaha yang kita jalankan dapat dengan mudah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi karena legal keberadaannya. Untuk tahap pertama kami membuat ijin dengan melapor kepada ketua RT setempat  untuk mengurus Surat Ijin Gangguan Lingkungan. Setelah surat ijin gangguan lingkungan selesai, maka dengan pertimbangan efektif, efisiensi, dan tepat guna maka kami menggunakan jasa notaris untuk melegalkan usaha kami yang meliputi pengurusan NPWP, TDP, SIUP.

C.    Aspek Organisasi dan Manajemen
Bimbel al-Khoiriyah ini berangkat dari sebuah lembaga yang berdiri karena kemitraan, sehingga jumlah personil masih terbatas dan bahkan hasil rekruting dari lingkungan mitra kuliah (teman di perkuliahan). Tetapi nantinya sejalan dengan perkembangan perusahaan , maka harus ada perubahan baik system rekruting, jumlah personal dan stratifikasi serta kualifikasi tenaga yang dibutuhkan. Dalam pengertian ini, rekruting pekerja bertolak dari ukuran kualitas sumber daya manusia, dan disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan yang ada di perusahaan. Kini tenaga kerja di tempat kami masih berjumlah lima orang, meliputi satu pimpinan (penanggung jawab), tiga tutor, dan satu administrator. Walaupun dengan personil yang terbatas, namun kami dapat mengatasi kekurangan dengan menerapkan all in one job desk. Dalam pengertian setiap orang yang menempati posisi tertentu memiliki beberapa job desk yang bahkan tidak berkaitan dengan posisinya.
Karena dalam usaha ini, yang kami harapkan adalah kualitas bukan kuantitas, jadi dengan keterbatasan personil kami dapat meminimalisir cotibusion margin perusahaan. Wal
aupun terbatas, namun kami memiliki SDM yang berkualitas. Hanya dengan SDM yang berkualitas, perusahaan akan mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan kebutuhan untuk menjalankan tugasnya. Di samping itu, kami senantiasa berusaha untuk menetapkan pola strategi pemasaran yang dapat memenuhi kepuasan konsumen (costumer satisfaction). Untuk memenuhi SDM yang sesuai dengan tuntutan manajemen, kami menerapkan disiplin yang tinggi, sehingga dapat menangani pekerjaannya dengan efisien, mampu mengendalikan mutu dan meminimalisir resiko.
Walaupun bimbel ini berangkat dari usaha kemitraan, tetapi dalam pengelolaannya kami memberlakukan kaidah – kaidah manajemen modern. Berangkat dari system organisasi yang tergolong sederhana, kami membuat bangun organisasi dan tata kerja yang mampu menampung seluruh kegiatan perusahaan. Sehingga jalur komando, jalur koordinasi, tugas dan tanggung jawab tidak birokratis atau berbelit – belit namun jelas, terarah serta dapat dipertanggunngjawabkan.

D. Aspek Teknik Pelayanan
Pada awal berdiri dan usaha sendiri kami bermodalkan ruko (rumah dan toko) yang dimiliki oleh salah satu dari kami. Pemanfaatan ruko tersebut sebagai lokasi kursus bisa dibilang sangat strategis, karena terletak di Jalan Raya Citayam Parung, Komp. Pertanian Atsiri Permai Kab. Bogor. Dimana di sekitar lokasi terdapat beberapa sekolah, mulai dari TK sampai dengan SMP. Dan tepatnya bimbel ini berada di depan komplek perumahan yang kemungkinan besar peluangnya untuk mendaftar karena penduduknya hampir seluruhnya adalah orang mampu yang pastinya selalu mengedepankan pendidikan. Dengan kapasitas ruko yang memiliki tiga ruangan yang dimanfaatkan sebagai kelas, tiap kelas dapat menampung 25 siswa, maka keseluruhan dapat menampung 75 siswa. Dengan fasilitas yang standart diharapkan dapat meminimalisir cost dalam variable cost. Karena dalam usaha ini kami tidak menyediakan fasilitas yang mewah, tetapi kami menyediakan pengajaran bahasa Inggris yang berkualitas dan komputer yang handal.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan kursus ini akan lebih mendekatkan costumer satisfaction guna menjaga keloyalitasan costumernya. Ada beberapa hal yang menjadi key to success kami dalam menjaga keloyalitasan costumer, yaitu meliputi:
1.             Tangibles
Artinya fasilitas fisik yang ditawarkan kepada konsumen. Dengan menempati ruko bangunan baru, suasana belajar akan terasa nyaman dan kondusif.
2.             Reliability
Artinya konsisten dalam penampilan pelayanan dan keandalan pelayanan. Dalam membimbing pelajar, kami tidak hanya memberikan materi baku yang hanya terdapat di kursus ini, namun kami selalu membimbing mereka untuk menyelesaikan permasalahan mata pelajaran bahasa Inggris dan komputer di sekolah mereka. Seperti pembahasan PR yang diberikan guru sekolah, pembahasan soal – soal menjelang ujian sekolah.
3.             Responsiveness
Artinya kesigapan dan kecepatan penyedia jasa dalam menyelesaikan masalah. Dengan melakukan rapat rutin seminggu sekali, diharapkan tercipta rentang koordinasi yang solid. Sehingga jika suatu saat kursus kita memiliki permasalahan, maka dengan cepat masalah tersebut dapat terdeteksi dan dengan cepat dicari pemecahannya.
4.             Assurance
Artinya kemampuan dan ketrampilan petugas, keramahan, kepercayaan dan keamanan. Dengan memiliki nama yang baik “al-Khoiriyah” diharapkan bisa menjadi do’a untuk anak didik kami, kami berani menjamin lulusan “al-Khoiriyah” mampu berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik, akhlak yang baik dan menjadi IT yang handal.
5.             Emphaty
Artinya mudah dimengerti., mudah dipahami, dan pemahaman terhadap keinginan konsumen. Dengan menempatkan tenaga pengajar yang professional, diharapkan dapat memberikan materi yang menunjang kemampuan siswa didik.
Dengan menerapkan penilaian pada dimensi –dimensi kualitas tersebut di atas, maka diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya:
1. Hubungan antara perusahaan dan para pelanggannya menjadi harmonis.
2. Memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang.
3. Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan.
4.  Membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perusahaan.
5. Image perusahaan menjadi baik di mata pelanggan.
6. Laba yang diperoleh dapat meningkat.
E.     Aspek Finansial
Jumlah biaya usaha secara keseluruhan ditaksir sebanyak Rp. 100.000.000,-
Yang diperinci dalam 5 komponen seperti diuraikan di bawah ini.

1. Biaya renovasi dan persiapan tempat kursus                                                   Rp. 25.000.000
2. Biaya pekerjaan sipil                                                                                        Rp. 10.000.000
3. Perabotan dan peralatan belajar mengajar                                                       Rp. 15.000.000
4. Perlengkapan administrasi                                                                                 Rp. 6.000.000
5. Biaya pra-operasi                                                                                               Rp. 9.000.000
6. Continguensi                                                                                                    Rp. 10.000.000
7. Modal kerja permanent                                                                                    Rp. 25.000.000
8.Peralatan komputer                                                                                            Rp.30.000.000
Jumlah biaya usaha                                                                                       Rp. 130.000.000
Karena usaha ini didasari atas kemitraan, maka semua biaya diatas adalah hasil pengumpulan dana pribadi dari kami.

Perkiraan Pendapatan Usaha
Dalam perhitungan perkiraan pendapatan usaha, kami hanya memperkirakan hitungan kasar saja. Sebab kami tidak dapat memprediksi secara akurat pangsa pasar yang dapat kita serap, namun tingkat kepercayaan untuk hitungan ini mencapai 90%. Dalam teori research methodology tingkat kepercayaan mencapai 90% sudah dibilang cukup.


Biaya Bulanan Kursus Bahasa Inggris :
1. Level Pre Basic I (TK, SD)                     = Rp. 25.000
2. Level Pre Basic II (TK, SD)                    = Rp. 25.000
3. Level Pre Basic III (SD)                          = Rp. 30.000
4. Level Beginner (SD, SMP)                      = Rp. 30.000
5. Level Basic I (SD, SMP)                         = Rp. 30.000
6. Level Basic II (SD, SMP)                        = Rp. 30.000
7. Level Basic III (SMP, SMA)                   = Rp. 30.000
8. Level Pre Intermediate (SMP, SMA)      = Rp. 40.000
9. Level Intermediate I (SMP, SMA)          = Rp. 45.000
10. Level Internediate II (SMP, SMA)        = Rp. 50.000
11. Level Intermediate III (SMP, SMA)      = Rp. 55.000
12. Level Advance I (SMP, SMA)              = Rp. 60.000
13. Level Advance II (SMP, SMA)             = Rp. 65.000
14. Level Advance III (SMP, SMA)            = Rp. 65.000
Jumlah                                                          
= Rp. 580.000
Biaya Bulanan Kursus Komputer :
Aplikasi perkantoran                           = Rp. 70.000
Bahasa Pemrograman                          = Rp. 70.000
Aplikasi Grafis                                    = Rp. 70.000
Software Database                              = Rp. 70.000
Komputer Akuntansi                          = Rp. 70.000
Jumlah                                                 = Rp. 350.000
Jumlah keseluruhan biaya bulanan kelas bahasa inggris dan computer yaitu
Rp. 930.000 per bulannya.
Biaya Rata – Rata per bulan
-                 Untuk biaya  bulanan dari kelas bahasa inggris  rata-rata adalah:
Rp. 580.000/ 14 level= Rp. 41.500, dengan daya tampung 75 siswa maka:
Rp. 41.500 x 75 = Rp. 3.112.500
-                 Untuk biaya bulanan dari kelas computer  rata – rata adalah:
Rp. 350.000/ 5 = Rp. 70.000, dengan daya tampung 60 siswa maka :
Rp. 70.000 x 60 = Rp. 4.200.000

Total pemasukan per bulan adalah  Rp. 7.312.500
-                 Taksiran pengeluaran rutin (fix cost)/ bulan
1. Rekening listrik, telepon, air                          Rp. 1.600.000
2. Penyusutan peralatan kantor                         Rp. 1.000.000
3. Iuran keamanan                                             Rp.    100.000
4. Biaya tak terduga                                          Rp.    300.000
Total fix cost/ bulan                                           Rp. 3.000.000
Taksiran Laba kotor
Laba kotor = Total pemasukan – Total fix cost
                           = Rp.  7.312.500 –  Rp. 3.000.000
                           = Rp. 4.312.500

Taksiran Laba kotor
Laba kotor = Total pemasukan – Total fix cost
                           = Rp.  7.312.500 –  Rp. 3.000.000
                           = Rp. 4.312.500

Taksiran Pay Back Period
Dengan total biaya usaha sebesar Rp. 130.000.000 dan laba kotor per bulan Rp. 4.312.500 maka akan diperoleh pay back period selama: Rp. 130.000.000=  28, 76 bulan atau ± 29 bulan.
F. Aspek Sosial
Dengan didirikannya lembaga kursus ini, kami juga berharap bisa membantu perekonomian penduduk di sekitar lokasi lembaga. Mereka dapat membuka warung makanan, alat tulis, fotocopy dan sebagainya.

BAB III
KESIMPULAN
Dalam bab ini akan kami utarakan kesimpulan dari permasalahan studi kelayakan yang kami lakukan yaitu:
1.             Model usaha kursus yang kami jalankan adalah bimbingan belajar bahasa Inggris dan komputer yang memiliki positioning sebagai special for conversation, karena tujuan utama seseorang belajar bahasa Inggris adalah agar dapat berkomunukasi dengan baik.  Serta bimbingan komputer yang kompeten diharapkan anak didik bisa menjadi IT yang handal. Untuk itu, proses pembelajaran kami lebih condong pada praktek bukan teoritis.
2.             Manfaat yang diperoleh masyarakat sekitar adalah dapat meningkatkan prestasi belajar putra – putrinya. Selain itu, masyarakat sekitar dapat mengusahakan berbagai usaha seperti kios makanan, kios alat tulis, foto copy, rental computer dan lain – lain.
3.             Kebijakan pemerintah yang melarang sekolah negeri untuk menyelenggarakan pelajaran tambahan dengan memungut biaya, maka bimbingan kursus sebagai alternative guna menunjang prestasi siswa.
Jadi, berdasarkan hasil studi kelayakan yang kami bahas di atas maka dapat disimpulkan bahwa usaha yang akan kami lakukan memiliki kelayakan untuk direalisasikan sebesar 90%. Hal tersebut merujuk pada berbagai aspek yang kami tinjau untuk mengetahui usaha yang akan kami lakukan feasible atau tidak. Secara keseluruhan usaha kursus bahasa Inggris dan komputer ini memiliki prospek yang cerah untuk dilakukan. Karena didukung oleh kebijakan pemerintah yang melarang sekolah negeri untuk menyelenggarakan kursus atau pelajaran tambahan yang memungut biaya dari siswanya. Maka dari itu, siswa memilih lembaga kursus sebagai pendidikan non-formal guna menunjang prestasi belajarnya.

Disamping itu, era globalisasi yang menjadi tren baru dalam dunia ekonomi mengharuskan seseorang untuk mampu berkomunikasi menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris dan penggunaan teknologi yang terus berkembang seperti komputer. Karena apabila seseorang tidak memiliki kemampuan berkomukasi dengan bahasa Inggris dan gaptek (gagap teknologi) dengan komputer, maka akan mengalami kesulitan dalam menghadapi persaingan dunia kerja.


BAB IV
PENUTUP
Dengan adanya lembaga kursus ini, kami mengharapkan masyarakat Indonesia khususnya dapat lebih memahami dan mengerti  betapa pentingnya mempelajari bahasa Inggris dan komputer untuk zaman sekarang ini. Kami berharap dalam kurun waktu satu tahun pertama lembaga ini sudah di kenal masyarakat Depok, Bogor dan sekitarnya. Selain itu, besar harapan
kami untuk membuka cabang-cabang bimbel “al-Khoiriyah” lainnya di tahun-tahun berikutnya.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 Contoh Proposal Bimbel

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh proposal kerja sama bimbel dengan sekolah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Tas Pesta Cantik Dan Simple

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://sitikhoeriyah-waktunyaberbagi.blogspot.co.id/2014/12/contoh-proposal-bimbel.html

0 komentar:

Post a Comment