, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Wirausaha Produk Kerajinan Hiasan dari Limbah

 pengertian produk hiasan limbah - A.Kerajinan sebagai Bagian dari Industri Kreatif
Dunia telah melewati 4 gelombang peradaban ekonomi yaitu:
1.Gelombang Ekonomi Pertanian :Pertanian menjadi penggerak ekonomi yang utama.
2.Gelombang Ekonomi Industri :Revolusi industry dan perkembangan permesesinan membawa babak baru bagi perekonomian.
3.Gelombang Ekonomi Informasi :Muncul sebagai akibat dari inovasi di bidang teknologi informasi.
4.Gelombang EKnomi Kreatif : Gelombang dengan ide kreatif sebagai penggeraknya.
                Industri yang termasuk kedalam industry kreatif dikelompokkan menjadi 14 sub sector yaitu:arsitektur,desai,fesyen,kerajinan,penerbitan dan percetakan,televise dan radio,music,film,video,fotografi,periklanan,layanan computer dan piranti lunak,pasar dan barang seni,seni pertunjukan,riset dan pengembangan,dan permainan interaktif

B.Kewirausahaan Produk Kerajinan


                Produk kerajinan memanfaatkan ketermpilan tangan dan membutuhkan proses pengerjaan yang lama serta menghasilkan jumlah yang terbatas.Berbeda dengan industry manufaktur yang dapat menghasilkan produk dalam jumlah besar dan waktu yang singkat.Hal ini membuat produk kerajinan limited edition dan memiliki harga jual yang tinggi.
                Rancangan produk terwujud melalui wirausaha dengan didukung ketersediaan sumberdaya.Sumberdaya tersebut adalah 6M.Man(manusia),Money(uang),Material(bahan),Machine(peralatan),Method(cara kerja),Market(pasar)
                Man atau sumber daya manusia  adalah orang yang terlibat dalam wirausaha tersebut.Pengeloalaan SDM termsauk pengelolaan ide ide inovatif yang bermanfaat bagi perkembangan wirausaha.
Money dipahami sebagai modal usaha,perputaran uang melalui pengeluaran dan pemasukan dalam usaha tsb.Material,Machine,dan method terkait langsung dengan proses produksidalam usaha tsb.Kemampuan wirausahawan mengelola produksi yang efektif dapat menghasilkan keuntungan yang besar.
                Market adalah sasaran dari produk yang dihasilkan oleh suatu usaha.Riset tentang pasar bertujuan mengenali selera konsumen dan pesaing di pasar tsb.Persaingan yang terjadi dapat mempengaruhi rancangan produk serta keputusan penetapan harga jual.
 

C. Produk Kerajinan Hiasan dari Bahan Limbah


1. Jenis-jenis Produk Hiasan
Dilihat dari penempatannya, produk hiasan dapat ditemui didalam rumah (interior) dan diluar rumah (eksterior).

2. Produk Hiasan dan Nilai Estetik
Produk hiasan adalah produk yang memiliki fungsi hias. Beberapa produk hiasan disamping mempunyai fungsi hias juga memiliki fungsi pakai. Contohnya kerajinan kincir angin, bingkai foto.

Produk dapat disebut sebagai hiasan apabila memiliki nilai estetik (keindahan). Beberapa bahan limbah yang dapat dimanfaatkan untuk produk hiasan diantaranya adalah kaleng, plastik, kaca, kulit telur, batok kelapa, kulit kerang, dan kertas.

 

D. Bahan Baku Limbah untuk Kerajinan


1. Material dan Bentuk Limbah
Kegiatan yang menghasilkan limbah dapat dibedakan menjadi kegiatan di rumah tangga dan di industri. Kegiatan rumah tangga menghasilkan: kemasan makanan, kemasan bahan pembersih, pakaian bekas, alat yang sudah rusak. Kegiatan di industri menghasilkan limbah yang khas tergantung dari industrinya.

2. Bahan Utama dan Bahan Pendukung
Bahan utama adalah yang memiliki nilai estetik , sedangkan bahan pendukung berfungsi untuk konstruksi. Sebagai contoh: produk bingkai foto yang dihiasai pecahan, kaca atau kulit kerang,menggunakan bahan pendukung kayu.

3. Bahan Baku Limbah di Lingkungan Sekitar
Setiap daerah memiliki potensi sumber bahan baku
limbah yang berbeda- beda.Daerah pantai memiliki limbah kerang laut, sedangkan daerah penghasil minyak kelapa akan memiliki limbah tempurung kelapa.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian produk hiasan limbah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Contoh Hiasan Interior Rumah Berupa Kerajinan Dari Bahan Stick Es Krim Bekas

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://pkwudayaimann.blogspot.co.id/2015/09/wirausaha-produk-kerajinan-hiasan-dari.html

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Wirausaha Produk Kerajinan Hiasan dari Limbah

0 komentar:

Post a Comment