, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bingung mau usaha apa? Baca Tips jadi Ibu Kreatif dan contoh ide usaha serta kursus apa yang diperlukan dan modalnya. Yang gak perlu modal besar pastinya.

  contoh prakarya bagus simple membuat nya dalam waktu 2 minggu dengan tekhnik menyulam menjahit - Tips Menjadi Ibu Kreatif (Part 1)

 Menjadi ibu adalah sunatullah bagi para perempuan. Sebuah fase kehidupan yang seolah mengalir, tampak mudah dilakoni oleh semua perempuan. Padahal, banyak hal baru yang ditemui ibu seiring dengan perannya sebagai manajer rumah tangga.

Saat menikah, ia dituntut mampu melayani suami dengan baik. Menyediakan makanan kesukaannya, segala keperluannya, hingga memuaskan nalurinya. Lalu ketika hamil, ia harus belajar bagaimana menjadi calon ibu. Apa yang harus dilakukan selama masa kehamilan, bagaimana agar lancar dalam persalinan, dst. Begitu si kecil lahir, tambah banyak lagi pelajaran yang harus diserap ibu: bagaimana cara menyusui, merawat bayi, jika bayi sakit, dst.

Ketika di bayi tumbuh menjadi kanak-kanak, ibu harus terus memberikan rangsangan, mendampinginya bermain sembari belajar, mengajarkannya berbagai ilmu kehidipan, dst. Pendek kata, ibu adalah murid, di mana sepanjang usianya harus terus belajar. Sebab, tidak ada ilmu pasti, bagaimana menjalankan peran sebagai ibu. Setiap saat, setiap waktu ada pelajaran baru yang harus dipelajarinya. Untuk itu, ibu dituntut kreatif, terlebih memang tidak ada sekolah khusus bagi kaum ibu.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi kreatif:

1. Mencoba hal-hal baru
Dalam hal apapun, ibu jangan takut mencoba hal-hal baru yang selama ini belum pernah dilakukan. Yang penting halal, boleh dipraktikkan. Seperti mencoba resep masakan baru, yang belum pernah disajikan di rumah. Menyediakan cemilan yang belum pernah disajikan, sehingga penghuni rumah tidak bosan. Termasuk mendesain ulang interior. Ya, sekali waktu, ubahlah penempatan perabot rumah atau mengganti warna cat tembok. Suasana baru, akan menimbulkan semangat baru. Terlebih anak-anak, cepat sekali bosan. Desain ulang kamarnya, niscaya membuat anak betah beraktivitas di kamar “baru”-nya.

2. Terus belajar
Belajar bisa dilakukan kapan saja, di mana saja dan melalui cara apa saja. Ibu pun harus menambah wawasannya, baik membaca buku, mengikuti pelatihan/seminar, browsing internet, dll. Dalam kaidah Islam ada ungkapan seperti: “belajarlah sampai ke negeri Cina”, “belajar dari sejak buaian ibu sampai ke liang lahat”, ”untuk meraih kebahagaiaan di dunia capailah dengan ilmu, untuk meraih kebahagiaan di akhirat capailah dengan ilmu dan untuk meraih kedua-duanya capailah dengan ilmu”. Itu adalah ungkapan untuk memotivasi kita dalam membangun semangat belajar. Dan orang yang selalu belajar akan memiliki pola pikir kreatif dalam kesehariannya.

3. Sharing dengan orang-orang kreatif
Jika ingin mengetahui karakter seseorang, lihatlah dengan siapa dia berteman. Itu mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan betapa pentingnya arti seorang teman. Jika Anda selalu berhubungan dengan orang-orang kreatif, Anda akan menjadi orang kreatif. Jadi, sekali waktu ngobrollah dengan teman soal kerumahtanggaan. Muslimah tak harus membahas soal dakwah melulu dengan teman satu pengajian, tapi juga sharing tentang pernak-pernik rumah tangga. Niscaya ada inspirasi-inspirasi baru dari obrolan itu.

4. Ciptakan suasana kondusif
Buatlah rumah tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga, juga tamu atau saudara yang datang. Suasana yang menyenangkan (fun), penuh rasa humor, spontan, dan memberi ruang bagi individu untuk melakukan berbagai permainan atau percobaan. Jangan jadikan rumah tegang karena seluruh penghuni serius atau lengang tanpa obrolan plus candaan. Meski tetap menjaga suasana spiritual, memegang teguh rasa hormat, kepercayaan dan komitmen sebagai norma yang berlaku, suasana rumah yang “cair” membantu penghuni merasa bahagia.
(Sumber : Tabloid Media Umat edisi 62)

Contoh 1 :
Ikuti Kursus Kecantikan, banyak peluang yang bisa kita lakukan setelah lulus, contohnya membuka salon, atau sebagai perias pengantin, atau membuka spa kecantikan, dll.

.
Untuk Kursus Merias, bisa mengikuti kursus di sekolah-sekolah resmi seperti Martha Tilaar, Sariayu, Rudy Hadisuwarno, LKP Griya Rahayu, dan lain-lain. Biaya kursus nya agak mahal tetapi setiap lulusannnya mendapat Setifikat ataupun Ijazah. Sekitar Rp5 juta - Rp 15juta.

Di perkumpulan ibu-ibu kreatif juga sering mengadakan kursus rias singkat, seperti contohnya di Klub NOVA, biasanya bekerja sama dengan Sariayu mengadakan kursus rias dengan harga yang relatif murah.
Untuk informasi browsing aja via internet ya.
Tetapi bisa saja kita mengikuti kursus rias personal, bia
sanya diadakan di salon-salon ataupun sanggar rias pengantin lokal. Langsung saja datang dan tanyakan kepemilik salon/sanggar apakah bisa mengajarkan kursus merias, biasanya mereka dengan senang hati mengajarkan dengan biaya yang relatif murah. Atau di Lembaga-lembaga BUMN biasanya Ikatan Ibu-ibu pegawai (dulu sih disebut Ibu Dharma Wanita) suka mengadakan kursus-kursus kilat untuk anggotanya dan juga bisa untuk umum. Seperti di Pertamina, Persatuan Wanita Betawi, PLN, dll. Biaya kursusnya relatif murah tetapi sebagian besar tidak memberikan sertifikat ataupun ijazah setelah mengikuti kursusnya. Sekitar Rp500.000 - Rp 4.000.000 (harga tentative)

Oh iya, jangan lupa tambahkan ketrampilan kecantikan anda dengan belajar treatment lain.
Sekarang sedang booming "Spa Kecantikan" atau Beauty Spa.
Keahlian yang dibutuhkan yaitu untuk treatment facial, massage, totok, luluran dan lain-lain. Yang harus dipelajari juga, bahan-bahan yang akan digunakan tentunya. Pastinya dari bahan yang alami ya.
Bisa di browsing kok informasinya, ketik aja "bahan alami untuk spa" ya. . . . . (*-^)

Kalau belum mampu untuk menyewa toko atau tempat untuk usaha, bisa di rumah kok, dan promosi via online. Manfaatkan fasilitas internet ya (*-^)
Lihat salah satu contoh promosi Sanggar Rias Pengantin via online disini ya http://www.facebook.com/profile.php?id=100000745821035 .

Contoh 2 :
Membuat prakarya cantik dan menarik untuk konsumi anak-anak. Ide kreatif sangat dibutuhkan di bisnis ini. Karena pastinya berhubungan dengan pendidikan khan mainannya. Jadi jangan asal mainan saja, BELAJAR SAMBIL BERMAIN !


Untuk usaha ini sangat variatif, tergantung permainan atau peralatan apa yang akan dibuat. Akan lebih murah bila tenaga pembuatnya adalah kita sendiri, tidak ambil dari pengrajin atau pabrik tertentu.
Tetapi bisa juga kalau kita ambil di Pasar Asemka (daerah Kota - Jakarta) misalnya, sangat banyak pilihan mainan anak-anak dari bahan plastik maupun dari bahan kayu yang kreatif. Untuk pemula, mungkin lebih baik beli dulu (atau ambil dari pengrajin), untuk survei pasar terlebih dahulu dan sambil mengamati, barang-barang apa saja kira-kira yang paling laku dan sangat diminati pasar. Modal awal sekitar Rp500.000 . Tergantung barang yang akan diperdagangkan.

Kalau belum punya tempat usaha atau belum punya modal untuk sewa toko, bisa dengan mengikuti bazar-bazar murah atau via online. Manfaatkan contact list yang ada di fb atau twit anda, untuk mempromosikan barang dagangannya.
Modal langganan internet bulanan cuman Rp200,000 khan. . . .

Contoh 3 :
Belajar menjahit. Ikuti kursus menjahit, bisa membuka usaha terima jahitan baju atau mengumpulkan beberapa ibu-ibu untuk bekerjasama membuat konveksi Baju Muslim misalnya, baju anak, dan lain-lainnya.

Atau membuat kebaya atau gaun cantik seperti Bunda Anna Vantie dan lain-lain. Eits, jangan takut untuk mencoba ya. Bunda Anne Avantie juga awalnya juga pasti seperti itu, tapi sekarang liat suksesnya seperti itu khan (*-^)
Keahlian menjahit bisa mengikuti di sekolah-sekolah resmi seperti Esmod, Juliana Jaya, Susan Budihardjo, Harry Dharsono Couture, Indonesia International Fashion Institute, Interstudi (design), Lembaga Kursus Tata Busana Wiwi, IKKIS, dll. Atau juga bisa mengikuti kursus private di sekitar wilayah rumah anda. Selain menjahit, tambah juga ketrampilan lain seperti belajar bordir, payet, design baju khusus seperti kebaya, gaun, dll. Yang bisa memaksimalkan anda untuk berkreasi dan agar ide-ide lebih kreatif.

Atau yang berminat menjadi penjual baju (males mau ikut kursus jahit, maunya jualan baju aja), bisa ambil stock di Pasar Tanah Abang Jakarta yang relatif lebih murah kalau untuk grosir. Untuk yang di luar Jakarta, bisa beli online lho (gak perlu jauh-jauh ke tanah abang jkt), browsing aja "tanah abang online", keluar deh tuh banyak pilihan, baju muslim, baju anak, baju fashion, bedcover, selimut, sprei, dll.
Ini juga Tips yang kreatif :
Hari gini, apa-apa udah online, browsing aja via google, mau usaha apa, kita bisa dapet semua informasinya dan tempat jualnya. Tapi HATI - HATI dan TETAP WASPADA ya, ada juga beberapa supplier yang suka menipu!

Contoh 4 :

Ikuti Kursus Membuat Kue atau Makanan juga bisa jadi peluang usaha kecil-kecilan dari rumah.

Contoh nya menerima pesanan kue ulang tahun seperti ini :

Atau Terima Pesanan Kue CupCake yang lagi booming saat ini :
Atau terima order kue-kue kecil untuk lebaran
Atau bisa membuka usaha Catering, membuka cafe atau restoran kecil-kecilan.

Sekolah khusus untuk kulineri, di Chez Lely Culinery School, Wilton, Imperial Cooking Scool Tokyo, Dharmaputra, Fortuna, BBC (Bogasari) dan lain-lain.
Atau Natural Cooking Club (NCC) yang biayanya relatif lebih murah (ada pilihan kursus kilat atau hanya demo saja). Biaya kursus dimulai dari  Rp400.000 (per satu jenis kursus saja ya).
Browsing aja di google, pasti ada website nya, semua informasi lengkap ada.
Ada juga kursus rumahan kok, yang biayanya pasti lebih murah, seperti punya adik kuw yang sangat kreatif ini namanya "Ariana's Kitchen" (teteup promosi gak lupa, hehe. . . .).

Belum punya tempat usaha, lagi-lagi saya ingatkan, , , , ,promosi via online yaaaaaa. . . .
Bisnis online paling enak deh. Modal nya cuman laptop atau PC ama langganan internet buat dirumah, , , , , (*-^)
Check this out yang satu ini ya, salah satu contoh promosi online tentang kue ulang tahun www.arianas-kitchen.blogspot.com

Contoh 5 :

Coba check yang satu ini deh, ini termasuk bisnis online juga, malah sistemnya sudah di set, sudah jadi berupa website (kita tinggal pakai dan promosikan saja) dan diberikan gratis kepada member-member nya. (jadi kita gak perlu repot-repot bikin website, mendesainnya, berlangganan domain berbayar, dan keribetan lainnya).

Tapi bisnis ini banyak dapat pandangan negative untuk beberapa orang. Tapi HASIL MEMBUKTIKAN SUDAH BANYAK yang sukses menjalani bisnis ini (Believe it or not!). Yaitu bisnis online berbasis MLM. Hhhhhmmmmmmm....saya tulis disini karena bisnis ini sudah beroperasi di Indonesia 45tahun, dan berada di 63 negara. Jadi tidak mungkin penipuan khan ya (secara di 63 negara mau menipu, kayaknya gak mungkin deh! ). Dan biaya awalnya sangat murah hanya Rp 39.900 saja.

Disini gak perlu keahlian apa-apa, hanya kreatifitas marketing alami anda yang dibutuhkan. Ada produk yang harus dijual (atau bisa juga mengalihkan belanja bulanan anda, caranya cek disini ya http://www.dBCN-BelanjaBulanan.com/?id=Eazybusiness) dan juga recruiting.

Tapi karena disini didukung sistem yang canggih yang memudahkan kita menjalankan bisnis online ini, gratis diberikan web replika nya, ada training, ebook, bonus uang dan jalan2 ke luar negeri kalau penjualan anda lebih dari target tertentu, jadi sudah sangat mudah menjalankan bisnis ini. 

Coba baca tips salah satu Founder Dbcn ini ya http://www.nadiameutia.com/?id=Eazybusiness   Mbak Nadia Meutia yang sejak 2006, sampai skrg sudah mendapatkan penghasilan 70jt per-bulan.

(Note Penulis : Kadang saya juga bingung, kenapa mlm dianggap penipuan, tetapi bukti-bukti sudah jelas banyak yang sudah sukses dibisnis ini (mnrt survey mrk 1% WNI sdh s
ukses bersama dibisnis ini), , , , , ,hhhhmmmm, , , , ,itu tergantung opini kita kali ya, tetapi memang ada beberapa mlm yang menipu dan banyak jg korbannya. Tapi saya sangat yakin, bisnis yang satu ini tidak menipu! Tuh liat fotonya diatas (gak mgkn penipuan khan,,,,hhmm) bisa cek foto lainnya di page ini http://www.facebook.com/id.oriflame?__adt=2 )

Intinya : Bagaimana cara kita memandang (our point of view), suatu kesuksesan orang lain, dicapai dengan cara yang benar ataupun tidak. Pokoknya asal semuanya dijalankan dengan HALAL yaaaa temaaaann..... :)

Wadduh kalau mau dibahas satu-satu panjang banget liputannya.
Lanjut di Liputan Part (2) nanti ya.....
Saya juga akan kasih gambaran, dimana tempat kursusnya, atau modal apa saja yang diperlukan untuk memulai suatu usaha, dan detail lainnya.

To be Continued ya, , , , , ,

Mudah-mudahan contoh-contoh usaha diatas bisa m
enjadi Inspirasi Wanita Indonesia untuk tetap berkreasi dan Kreatif walau tetap mengurus anak di rumah. Go Women Power!
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Bingung mau usaha apa? Baca Tips jadi Ibu Kreatif dan contoh ide usaha serta kursus apa yang diperlukan dan modalnya. Yang gak perlu modal besar pastinya.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh prakarya bagus simple membuat nya dalam waktu 2 minggu dengan tekhnik menyulam menjahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Bagian - Bagian Pada Mesin Jahit

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://beautyandfun.blogspot.co.id/2012/03/jadi-ibu-kreatif-ini-trik-triknya-dan.html

0 komentar:

Post a Comment