, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Makalah kerajinan kristik

 contoh prakarya bagus simple membuat nya dalam waktu 2 minggu dengan tekhnik menyulam menjahit - BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Dalam mengerjakan kristik, terkadang kita memerlukan juga tehnik tehnik sulam klasik untuk mempercantik kreasi kita. Berikut contoh contoh tehnik yang sering digunakan bersama dengan kristik :
Untuk memulai kristik, anda dapat mencontoh gambar dari pola suatu majalah, ataupun anda dapat membeli satu paket kristik lengkap dengan benang, pola dan kainnya. Apabila anda ingin membuat sendiri pola kristik, anda dapat menggunakan sotware komputer yang dirancang untuk membuat kristik, seperti crossstitch (http://www.ursasoftware.com/index.htm), winstitch (http://www.win-stitch.com), (http://www.pc-stitch.com) dan banyak lagi. Dengan sotware khusus tersebut anda bahkan dapat membuat kristik dengan pola foto kesayangan anda.
Bila anda memiliki sisa sisa benang sulam, janganlah anda buang. Anda dapat mempergunakannya lagi untuk menambah hiasan pada kristik. Biasanya saya menggunakan pinsil warna yang sesuai dengan warna benang, dan langsung menggambarkan bentuk sederhana di atas kain. Guratan pinsil warna tersebut saya jadikan pola untuk kristik.
1.2 Tujuan Penelitian
·         Untuk melatih kreasi dan pemikiran setiap orang.
·         Kita Dapat mengetahui cara membuat kristik dan dapat dijadikan usaha yang bisa menghasilkan uang.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Kristik
Kristik (Crosstitch / Point de croix) adalah salah satu tehnik menyulam yang mudah diwujudkan. Prinsip utamanya adalah membuat dua garis yang menyilang secara diagonal. Kain yang digunakan adalah kain khusus untuk kristik bagi pemula. Bila anda sudah biasa membuat kristik, anda juga dapat membuatnya pada kain biasa. Kain khusus untuk kristik tersedia dalam berbagai warna dan ukuran (tergantung besarnya satu satu titik persilangan). Untuk benangnya, usahakan untuk menggunakan benang khusus menyulam. Bisa juga memakai benang wol, tapi hasilnya tidak akan sebaik bila dikerjakan dengan benang sulaman. Merek benang sulam yang bermutu tinggi adalah DMC.
2.2 Kristik Dasar: Membuat jahitan silang
            Kristik atau strimin adalah seni yang telah lama dikenal oleh manusia. Peninggalan arkeologi di Mesir kuno membuktikan jenis kerajinan tangan ini telah dikembangkan sekitar dua ribuan tahun yang lalu. Hal ini tidaklah terlalu mengherankan karena membuat kristik, yang biasa juga disebut tusuk silang, terbilang amat mudah dipelajari dan bila ditekuni dapat menjadi hobi yang bermanfaat dan cukup menghasilkan. Pada dasarnya, membuat kristik adalah membuat jahitan bersilang (crossed) menurut pola yang dipilih.
Persiapan
            Sebelum menjahit kristik, siapkan peralatan dan perlengkapannya. Ada baiknya bila tersedia beberapa batang jarum bila pola yang akan kita buat menggunakan banyak warna benang, sehingga tidak perlu berkali-kali mengganti benang di jarum yang sama. Pilihlah jarun dengan ujung tumpul dan lubang benang cukup besar. Saya biasa mengg
unakan jarum tapestry merk Gold Eye, ukuran 18, karena itu yang paling gampang saya dapatkan di toko terdekat. Bentuknya seperti ini:          

Ada juga jarum yang terbuat dari plastik, yang lebih tumpul lagi ujungnya serta lebih besar lubang benangnya.


2.3  Menjahit Kristik
Sebaiknya memulai silang jahitan kita di tengah untuk memastikan pola yang kita buat tidak melenceng terlalu ke kiri, kanan, atas, atau bawah. Kita dapat melihat bagian tengah ini dengan melihat tanda panah di tengah batas tepi pola atas, bawah, dan samping kiri-kanan. Bila tanda panah ini tidak ada, perhatikan penomoran baris dan kolom. Untuk bagian tengah kain, kita dapat menentukannya dengan cara sederhana, yaitu melipat kain secara horizontal lalu “mencubit” pertengahannya hingga membekas garis lipatan. Lakukan hal yang sama pada lipatan vertikal. Setelahnya kita akan mempunyai pertemuan bekas lipatan tersebut. Secara kasar, ini adalah bagian tengah dari kain yang kita gunakan. Mulailah menjahitkan kristik di daerah itu. Tentu saja, ini bukan harga mati untuk dilakukan. Anda dapat memulai dari kanan atas, kiri bawah, kanan bawah, atau tempat lainnya di kain. Pastikan pilihan tersebut paling memudahkan anda dan desain dapat terwujud pas di kain sehinngga tidak menyulitkan pemasangan kristik di pigura bila telah selesai.
Untuk mulai membuat silangan dengan rapi, tidak perlu membuat simpul benang untuk mencegahnya terlepas. Selain menjadikan kristik tidak rata, membuat simpul relatif lebih lama waktunya dan seringkali jahitan silang yang sudah jadi bisa gampang terbongkar bila simpulnya lepas. Cukup sisakan ujung benang seperlunya di belakang kain. Buatlah kristik sambil menyelipkan sisa benang ini di jahitan belakang. Untuk benang selanjutnya, selipkan dulu benang dengan panjang secukupnya di jahitan belakang ini sebelum mulai membuat silangan di bagian depan.
Kristik dapat dibuat dengan dua cara. Pertama, kita buat tiap silangan utuh sebelum melanjutkan ke silangan berikutnya, seperti ini:
Cara kedua adalah membuat sebaris atau sekolom paruh-silangan dengan satu arah (\\\\\) baru kemudian menimpanya dengan arah sebaliknya (/////), seperti ini:
Saya sendiri cenderung memilih cara kedua karena pengerjaan kristik secara keseluruhan jadi lebih cepat dan bagian belakangnya tampak lebih rapi teratur, tapi sekali lagi tentu saja kesukaan saya bukan rujukan utama.
Ingatlah untuk membuat silangan dengan arah yang sama, dan bila ada area berwarna sama cukup jauh letaknya, hindarkan untuk menggabungkan penjahitannya (tanpa memutus benang, melainkan melanjutkan dengan menyebakan untaian benang cukup panjang di bagian belakang). Hal ini bukan saja membuat bagian belakang kristik lumayan berantakan, tapi juga lebih boros benang, dan dapat saja untaian benang tersebut terlihat dari celah kain di bagian depan. Lebih baik memotong benang (setelah menyelipkan sedikit di tiga sampai lima jahitan belakang) dan memulai area jahitan yang berikutnya secara normal.
Tahap akhir
Setelah kristik kita selesai sesuai desainnya, ada baiknya mencuci kristik di air dingin. Keringkan dengan menekan-nekan kristik secara terbalik (bagian atas di bawah) pada selembar handuk/kain yang menyerap air. Bila air sudah tidak menetes, selagi kain masih lembab, letakkan kristik di antara lipatan handuk lembut, dan setrika hingga kering.
2.4 Terampil Membuat: Sulaman Kristik Cantik untuk Cenderamata
Descriptions
Seni cross stitch (sulaman kristik) sudah sangat terkenal serta telah membudaya di seluruh dunia. Telah banyak hasil karya cross stitch yang bisa kita nikmati keindahannya. Di Indonesia cross stitch lebih dikenal sebagai sulaman kristik. Kata kristik berasal dari bahasa Belanda, yaitu kruissteek. Pada zaman penjajahan Belanda dahulu, sulaman kristik sangat populer dan menjadi favorit para ibu-ibu dan remaja putri, biasanya digunakan sebagai hiasan di berbagai perna
k-pernik rumah dan busana.
Dengan berjalannya waktu seni klasik keterampilan jahit menjahit ini sempat tenggelam, namun untunglah masih cukup banyak yang menggemarinya dan juga diajarkan di sekolah-sekolah sebagai salah satu materi belajar mengajar di bidang keterampilan jahit. Kini sulaman kristik kembali disukai.
Buku ini menampilkan sulaman kristik dalam bentuk alphabet berbagai bentuk yang bisa dibuat sebagai hiasan indah di berbagai perlengkapan Anda dan keluarga. Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara meniru dan mempraktikkannya. Sulaman kristik sangat mudah dan cepat dipelajari, untuk para pemula sekali pun, yang dibutuhkan hanya ketekunan dan kesabaran. Kegiatan membuat sulaman kristik dapat mengisi waktu luang Anda dengan cara produktif dan menyenangkan.
2.5  Kerajinan Kristik Yang kian Langka
Hidup di Jakarta, jika tidak pandai membaca celah bisnis, maka akan tergusur. Anda mau membantu pendapatan sang suami, atau Anda ingin menambah uang penghasilan untuk biaya kehidupan sehari-hari, tidak perlu capek dan beijazah tinggi? Cobalah anda mempelajari bisnis kerajinan tangan yang berasal dari negara Belanda, namanya Krestik. Bisnis kerajinan krestik ini hanya membutuhkan ketelitian, telaten, rajin, dan perlu pintar.
Krestik, merupakan seni kerajinan sulam yang di Indonesia sudah mulai jarang ditemukan. Padahal pada tahun 1958 di Sumatera Utara, krestik merupakan produk kerajinan yang memiliki gengsi dan status sosial yang tinggi, bahkan sempat menjadi tren house ware saat itu. Rustilina Sinaga Hutadjulu, salah satu pengembang bisnis mandiri di jalur seni sulam mengatakan, seni kristik itu berasal dari negara Belanda. Dulu, gadis-gadis di Sumatera Utara, rata-rata bisa membuat usaha ini, dan saling berlomba-lomba membuat motif kresstik. “Dan, kresstik sempat menjadi tren, dan kebanggaan, saat itu” tambah nya.
Menerjuni bisnis ini, memang hanya dibutuhkan ketelatenan. Pasalnya, hanya dengan modal Rp. 300.000, dapat menghasilkan laba antara Rp. 2-3 juta. Coba anda bayangkan, dengan bahan baku 2 meter atau setara dengan nilai Rp. 60.000, sudah cukup membuat tamplak meja makan dengan laba hampir 300 persen. Sulaman kresstik ini, satu-satunya sulaman yang memiliki nilai jual tinggi dan secara artistik pun lebih halus bila di bandingkan dengan jenis sulaman yang lain. Any, sapaan akrab Rustilina Sinaga Hutadjulu menuturkan, bahwa sulaman kresstik ini satu-satunya sulaman yang tidak dapat diaplikasikan dengan peralatan mesin.
Oleh karena itu, harga sulaman kresstik jauh lebih mahal, ketimbang sulaman yang teraplikasi dengan mesin. “Saat itu saya bingung, untuk mengambil keputusan sulaman apa yang cocok untuk dikembangkan secara bisnis dan memiliki nilai artistik. Sulaman pipih sudah pakai mesin, sulaman isi dan flanel pun sudah bisa pakai mesin. Satu-satunya sulaman yang belum pakai mesin adalah sulaman kristik. Jadi jatuhlah pilihan saya ke sulaman kresstik, selain mendapatkan kepuasan nilainya pun tinggi,” terang Any, pensiunan guru dari SMU N 156 Jakarta Pusat.
Dalam menerjuni bisnis ini, Rustilina mengawali oreder dengan produk-produk yang lebih kecil, seperti tempat tisu, alas telpon, dan tempat alas kaki. Setelah sukses, Rustilina dengan brand produk Any Kresstik ini membuat yang lebih besar seperti tamplak meja, sarung bantal, satu set sarung bantal kursi, dan bad cover. Dalam perkembangannya zaman, sulaman kresstik ini tidak hanya stag terhadap kebutuhan pasar. Buktinya, beberapa aplikasi warna benang dan motif sulaman yang paling sulit pun bisa diselesaikannya dalam hitungan bulan. Memang terkesan lama, untuk menghasilkan sebuah produk sulaman kresstik ini. Hal ini dapat dimaklumi, karena proses produksinya yang secara handmade. Lihat saja, untuk menghasilkan sebuah produk bad cover dan taplak meja besar yang kaya motif dan warna, bisa menghabiskan waktu sekitar empat bulan. terjadi karena dalam Tergantung dari motif, besarnya, dan warnanya. “Semakin kaya motif, dan warna maka akan lama. Karena memerlukan waktu untuk gonta-ganti benangnya. Akan tetapi hasilnya jauh lebih cantik, halus dan selalu uptodate,” Any, menjamin.
Letak dan kunci sukses dalam menerjuni bisnis ini selain telaten, update atas segala motif dan aplikasi houseware, hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan desain yang diingini pasar. “Kalau sedang booming gambar dan desain tertentu di pasaran, saya langsung bikin. Kadang desain pun datang dari klien,” ujar Any, Antusias.




Letak dan kunci sukses dalam menerjuni bisnis ini selain telaten, update atas segala motif dan aplikasi houseware, hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan desain yang diingini pasar.

2.6  Terampil Membuat Sulaman Kristik Cantik dalam Frame

Seni cross stitch (sulaman kristik) sudah sangat terkenal serta telah membudaya di seluruh dunia. Telah banyak hasil karya cross stitch yang bisa kita nikmati keindahannya. Di Indonesia sulaman cross stitch lebih dikenal sebagai sulaman kristik. Kata kristik berasal dari bahasa Belanda, yaitu kruissteek. Pada zaman penjajahan Belanda dahulu, sulaman kristik sangat populer dan menjadi favorit para ibu-ibu dan remaja putri, biasanya digunakan sebagai hiasan di berbagai pernak-pernik rumah dan busana. Dengan berjalannya waktu seni klasik keterampilan jahit menjahit ini sempat tenggelam, namun untunglah masih cukup banyak yang menggemarinya dan juga diajarkan di sekolah-sekolah sebagai salah satu materi belajar mengajar di bidang keterampilan jahit. Kini sulaman kristik kembali disukai. Buku ini menampilkan sulaman kristik dalam bentuk alphabet berbagai bentuk yang bisa dibuat sebagai hiasan indah di berbagai perlengkapan Anda dankeluarga. Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara meniru dan mempraktikkannya. Sulaman kristik sangat mudah dan cepat dipelajari, untuk para pemula sekali pun, yang dibutuhkan hanya ketekunan dan kesabaran. Kegiatan membuat sulaman kristik dapat mengisi waktu luang Anda dengan cara produktif dan menyenangkan.
2.7  Belajar Menyulam - Sulaman kristik (Cross Stich)
Sulaman kristik ( Cross Stich ) sudah sangat terkenal serta telah membudaya di seluruh dunia. Telah banyak hasil karya sulaman yang sangat indah yang sudah dihasilkan para penggemar seni sulaman ini. Kini sulaman kristik kembali disukai sebagai seni klastik yang unik dan cantik. Untuk memulai menyulam anda terlebih dahulu mempersiapkan:

Bahan dan peralatan :
Kain
            Kain yang digunakan untuk membuat sulaman kristik adalah khusu yang memiliki jenis anyaman tunggal, berbentuk kotak-kotak dalam berbagai ukuran. Dalam menentukan ukuran kain, saat memotong, pastikan masih cukup banyak sisa untuk pinggiran. Lebih baik kelebihan sedikit kain daripada kekurangan setelah menghabiskan banyak waktu dalam menyulam.
Jarum
            Jarum yang digunakan adalah jarum dengan lubang agak besar yang bisa dimasukkan minimal 3 helai benang sulam. Penggunaan jarum juga tergantung dengan besarnya kotak anyaman kain yang digunakan. Jika kotank anyaman kain kecil-kecil, gunakan jarum yang kecil.
Benang Sulam
Di took  bahan dan peralatan jahit selalu tersedia benang sulam aneka warna. Untuk mendapatkan sulaman yang halus, pisahkan benang dan rapikan benang tersebut sebelum dimasukkan ke jarum. Jaga tarikan sulaman tetap konsiten, jangan sampai ada yang kendor dan kencang. Mulai dan akhiri sulaman dengan beberapa sulaman dibagian belakang, jangan mengikat simpul.

Cara Menyulam :
Anda dapat memulai dari titik manapun yang ada di pola. Tetapi pastikan posisi hasil sulaman anda berada tepat ditengah kain, untuk mendapatkan tengah kain dengan cara melipat dua bagian atas ke bawah kemudian bagian kiri kekanan. Pada pola, hitung jumlah kotak (sulaman) dari tengah pola ke titik yang anda mau mulai. Kemudian hitung dari tengah kaindengan jumlah kotak yang sama untuk menentukan titk tengah kain dengan jumlah kotak yang sama untuk menetukan titik awal anda. Jika anda menggunakan 2 kotak kain untuk 1 kotak pola, maka anda harus hitung 2 kali lebih banyak pada kotak lain.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Krestik, merupakan seni kerajinan sulam yang di Indonesia sudah mulai jarang ditemukan. Padahal pada tahun 1958 di Sumatera Utara, krestik merupakan produk kerajinan yang memiliki gengsi dan status sosial yang tinggi, bahkan sempat menjadi tren house w
are saat itu. Rustilina Sinaga Hutadjulu, salah satu pengembang bisnis mandiri di jalur seni sulam mengatakan, seni kristik itu berasal dari negara Belanda. Dulu, gadis-gadis di Sumatera Utara, rata-rata bisa membuat usaha ini, dan saling berlomba-lomba membuat motif kresstik.
Seni cross stitch (sulaman kristik) sudah sangat terkenal serta telah membudaya di seluruh dunia. Telah banyak hasil karya cross stitch yang bisa kita nikmati keindahannya. Di Indonesia sulaman cross stitch lebih dikenal sebagai sulaman kristik.
Sebaiknya memulai silang jahitan kita di tengah untuk memastikan pola yang kita buat tidak melenceng terlalu ke kiri, kanan, atas, atau bawah. Kita dapat melihat bagian tengah ini dengan melihat tanda panah di tengah batas tepi pola atas, bawah, dan samping kiri-kanan. Bila tanda panah ini tidak ada, perhatikan penomoran baris dan kolom. Untuk bagian tengah kain, kita dapat menentukannya dengan cara sederhana, yaitu melipat kain secara horizontal lalu “mencubit” pertengahannya hingga membekas garis lipatan.

3.2  Saran

            Agar dapat menambah pengetahuan kita tentang cara membuat kristik lebih kreatif dan juga sebagai kesenian yang dapat menghasilkan uang.

DAFTAR PUSTAKA

http://liavischo.blogspot.com
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Makalah kerajinan kristik

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh prakarya bagus simple membuat nya dalam waktu 2 minggu dengan tekhnik menyulam menjahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang KURIKULUM KURSUS MENJAHIT TAHUN 2014

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://liavischo.blogspot.co.id/2013/11/makalah-kerajinan-kristik.html

0 komentar:

Post a Comment