, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Menjahit Kain Flanel

 contoh contoh jahitan pada kain - Apakah anda penasaran dengan cara menjahit kain flanel? Baiklah, langsung aja kita ngobrolin Tusuk Feston. Artikel ini akan sangat berguna karena hampir semua kreasi kain flanel menggunakan jenis tusuk feston. Jadi Bisa dikatakan bahwa tusuk feston adalah kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh setiap orang yang ingin belajar membuat kerajinan flanel.
Selain Tusuk Feston, ada beberapa cara menjahit kain flanel lainnya yaitu Tusuk Jelujur dan Tusuk Tikam Jejak. Kedua jenis tusuk ini biasanya dikombinasikan bersama tusuk feston. Jadi dengan bermodalkan 3 teknik dasar Tusuk Feston, Tusuk Jelujur dan Tusuk Tikam Jejak sudah cukup untuk mulai berkarya.
 

Contoh Hasil Kreasi Cara Menjahit Kain Flanel


Jika hanya membayangkan saja mungkin akan terasa sulit. Kalau begitu coba kita lihat beberapa kreasi berikut ini. Yang mana menggunakan tusuk feston, tusuk jelujur dan tusuk tikam jejak?


Coba perhatikan bagian mulut kreasi flanel keropi. Bentuk mulut dengan benang merah ini dijahit menggunakan teknik Tusuk Tikam Jejak.


Perhatikan bagian garis punggung sayap kepik. Bentuk garis-garis benang hitam itu dijahit menggunakan Tusuk Jelujur.

Nah, yang mana menggunakan Tusuk feston?
Untuk kedua kreasinya flanel keropi dan kepik, semua bagian pinggir sisinya dijahit menggunakan tusuk feston. Jadi bisa dikatakan bahwa hampir semua kreasi flanel menggunakan Tusuk Feston.
 

Gimana Cara Menjahit Kain Flanel?


Langkah1 Siapkan Benang dan Jarum
Sebelum mulai siapkanlah Jarum dan Benang. Selain itu siapkan juga alat dan bahan lainnya tergantung dari jenis kreasi produk yang ingin dibuat. Misalnya kain flanel, pola flanel, lem, dakron atau gantungan kunci. Jika anda memesan Paket BELAJAR Flanel, Paket POLA Flanel atau Paket Tutorial Flanel, anda akan mendapatkan Contoh Langsung Tusuk Feston.

Langkah2  Masukkan Benang ke Jarum
Ambil benang dan sesuaikan perkiraan panjangnya. Masukkan benang pada lubang jarum. Setelah benang terpasang, buatlah simpul mati di ujung benang untuk menahan kain agar jahitan pertama tidak lepas. Siapkan juga potongan kain flanel yang akan dijah
it. Lalu …, bersiaplah untuk memulai 3 tahap sederhana Tusuk Feston sekarang juga.

Langkah3 Tusukkan Jarum


Ini adalah contoh Tusuk Feston yang setengah jadi. Jika anda mulai dari nol (awal), tusukkan jarum dari bawah ke atas dulu, sehingga posisi simpul benang berada dibagian bawah kain flanel. Lalu lanjutkan selangkah dan tusuk dari bawah juga. Kemudian ke langkah kedua.

Langkah4    Tarik Benang
Tariklah jarum yang ditusukkan tadi dan biarkan benang mengikutinya. Hal yang paling penting adalah Pastikan “Posisi Jarum berada Diatas Benang”. [ Lihat gambar di sebelah kiri dengan teliti ]. Inilah kunci keberhasilan dari Tusuk Feston. Jika posisi kaitan benangnya salah maka hasilnya akan berbeda. Kemudian ke langkah ketiga.

Langkah5  Sudah Benar?
Sekali lagi, Perhatikan hasil akhirnya! Terutama posisi tumpukan benang. Pastikan sudah sesuai dengan gambar disamping! Jika sudah, maka tinggal dikencangkan saja. Tarik benang sisanya dan ulangi langkah 1-2 tadi. Lakukan cara ini terus menerus hingga semua bagian sisi kain selesai dijahit. Nah, gitu aja! Cobalah sering-sering latihan sampai hafal.

Sudah Paham Cara Menjahit Kain Flanel?

Awalnya memang agak susah, mungkin karena belum terbiasa. Makin sering dicoba dan dilatih, pasti akan cepat bisa. Dan selanjutnya akan terbiasa, bahkan Anda sudah tidak berfikir lagi untuk menjahit dengan tusuk feston. Jadi kalau ada orang yang membuat kreasi flanel sambil nonton tv, artinya dia sudah hafal diluar kepala cara menjahit kain flanelnya. OK, sudah sekarang sudah tahu kan gimana cara menjahit kain flanel? Semoga tutorial ini be
rmanfaat untuk semua pemula yang ingin belajar membuat kreasi kerajian flanel.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Cara Menjahit Kain Flanel

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh contoh jahitan pada kain

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Produk Kerajinan Limbah Kulit Jagung

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.caramembuatflanel.com/cara-menjahit-kain-flanel/

0 komentar:

Post a Comment