, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

tugas 12

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
tugas 12
 sebutkan dan jelaskan teknik teknik yang dilakukan dalam membuat kerajinan tangan - Berdasarkan Materi

    1.    Apa yang dimaksud dengan Karya Seni Rupa Murni?


= jenis karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan estetik atau nilai-nilai keindahan semata, terlepas dari fungsi praktis, hanya untuk kepentingan dalam mengekspresikan emosi atau perasaan penciptanya

    2.    Sebutkan & jelaskan macam – macam Karya Seni Murni?


= Seni lukis = berbentuk dua dimensi dan dibuat di atas permukaan kertas, kanvas, dinding, kaca dan bahan lain yang memungkinkan untuk itu, menggunakan cat, tinta, arang, pensil dan lain-lain

Seni Patung = karya seni rupa yang berbentuk tiga dimensi (dapat dinikmati dari beberapa arah pandang) dibuat dengan menggunakan berbagai media seperti, kayu, batu, semen, fiber, lilin, tanah liat atau bahkan es. Teknik membuat patung menyesuaikan dengan bahan yang dipakai, dengan cara membentuk dengan tangan, membutsir, memahat, ataupun dengan teknik cetak

Seni Grafis = karya seni rupa yang dibuat dengan teknik cetak seperti teknik cukil, lithografi, cap, cetak sablon dan lain-lain. Seperti halnya seni lukis, seni grafis dibuat untuk tujuan mengekspresikan emosi dan gagasan senimannya.

    3.    Apa yang dimaksud dengan Seni rupa terapan?

= mengutamakan tujuan praktis, dengan kata lain dimanfaatkan fungsi pakainya untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia, memilki nilai artistik pula, harus mempertimbangkan persyaratan-persyaratan tertentu, seperti syarat keamanan (security), kenyamanan (comfortable), dan keluwesan dalam penggunaan (flexibility).

    4.    Sebutkan dan jelaskan Penggolongan karya seni rupa terapan!


= Desain = karya seni yang dibuat berdasarkan pesanan atau permintaan clien (pemesan). Yang termasuk dalam karya desain yaitu; desain grafis (desain komunikasi visual), desain arsitektur (rancang bangun), dan desain produk. Mengutamakan fungsi.

Kriya =  kriya dibuat secara tradisional dengan keterampilan tangan pembuatnya dan banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti kayu, bambu, batu, logam, tanah liat, kulit binatang, dan lain-lain.

    5.    Jelaskan macam- macam Golongan dari Desain!

= Desain Grafis = (desain komunikasi visual) karya yang dibuat untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada publik atau khalayak umum seperti poster, iklan, baliho, selebaran, pamflet, banner, kartu ucapan, desain undangan dan lain-lain.

Desain Arsitektur = karya seni rupa yang bertujuan memenuhi kebutuhan akan hunian atau tempat tinggal dan fasilitas umum seperti rumah, gedung, tempat ibadah, jembatan dan lain-lain.

Desain Produk = karya seni rupa yang berupaya
memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seerti perabot rumah tangga, alat elektronik, alat komunikasi, alat transportasi, aksesoris, busana, dan lain-lain.

    6.    Jelaskan Definisi Karya Seni Kriya!

= Seni kriya sering disebut dengan istilah Handycraft yang berarti kerajinan tangan. Seni kriya termasuk seni rupa terapan (applied art) yang selain mempunyai aspek-aspek keindahan juga menekankan aspek kegunaan atau fungsi praktis. Artinya seni kriya adalah seni kerajinan tangan manusia yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan kehidupan sehari-hari dengan tidak melupakan pertimbangan artistik dan keindahan.

    7.    Sebutkan dan Jelaskan Syarat –syarat dalam pembuatan seni kriya!

= Utility atau aspek kegunaan

    Security yaitu jaminan tentang keamanan orang menggunakan barang-barang itu.
    Comfortable, yaitu enaknya digunakan. Barang yang enak digunakan disebut barang terap. Barang-barang terapan adalah barang yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
    Flexibility, yaitu keluwesan penggunaan. Barang-barang seni kriya adalah barang terap yaitu barang yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya. Barang terap dipersyaratkan memberi kemudahan dan keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaannya.

Estetika atau syarat keindahan

Sebuah barang terapan betapapun enaknya dipakai jika tidak enak dipandang maka pemakai barang itu tidak merasa puas. Keindahan dapat menambah rasa senang, nyaman dan puas bagi pemakainya. Dorongan orang memakai, memiliki, dan menyenangi menjadi lebih tinggi jika barang itu diperindah dan berwujud estetik.

    8.    Jelaskan Fungsi dan Tujuan seni Kriya!

    Sebagai benda pakai, adalah seni kriya yang diciptakan mengutamakan fungsinya, adapun unsur keindahannya hanyalah sebagai pendukung.
    .Sebagai benda hias, yaitu seni kriya yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya.
    Sebagai benda mainan, adalah seni kriya yang dibuat untuk digunakan sebagai alat permainan.

    9.    Sebutkan Jenis- jenis seni kriya Nusantara!

    Kerajinan kulit
    Kerajinan Logam
    Ukir Kayu
    Anyaman
    Kerajinan Batik
    Kerajinan Keramik

    10.  Sebutkan Teknik- teknik pembuatan Seni kriya!

    Teknik Coli
    Teknik Tatap
    Teknik Slab
    Teknik Putar
    Teknik Cetak

Berdasarkan Sumber lain



    1.    Apa yang dimaksud dengan karya Seni?

= Kata Seni berasal dari kata “Sani” yang artinya jiwa yang luhur atau ketulusan jiwa.namun menurut pendapat eropa karya seni merupakan karya yang memiliki makna. Seni sendiri merupakan karya yang menuangkan jiwa atau perasaan si pembuat, yang hanya dapat dirasakan oleh orang – orang tertentu saja. Dan tidak dapat diciptakan secara industrial.

    2.    Jelaskan Definisi Karya seni menurut beberapa ahli?

=  A. Aristoteles

seni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

B. Plato dan Rousseau

seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.

C. Ki Hajar Dewantara

seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah,

sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia

    3.    Jelaskan macam- macam seni Rupa?

= 1. Seni lukis

Karya seni dua demensi yang bisa mengungkapkan pengalaman atau perasaan si pencipta. Pelukis yang sedang sedih akan tercipta karya yang bersifat susah, sedangkan pelukis

yang sedang gembira akan tercipta karya yang riang. Karya tersebut terlihat pada goresan, garis-garis dan pewarnaan.

2. Seni Kriya

Karya seni terapan yang mengutamakan kegunaan dan keindahan (estetis) yang bisa menarik konsumen. Seni kriya/kerajinan (handy Craff) ini biasanya untuk hiasan dan

cenderamata.

3. Seni Patung

Seni Patung termasuk karya 3 Dimensi. Karya seni ini termasuk seni murni yang diciptakan untuk mengungkapkan ide-ide dan perasaan dari seniman yang mempunyai nilai estestis yang tinggi.

4. Seni Dekorasi

Karya seni yang bertujuan menghias suatu ruangan agar lebih indah. Contoh : Interior (dalam ruang : kamar, ruang pertemuan, panggung, dll)

Eksterior (luar ruang : taman, kebun)

5. Seni Reklame

Reklame berasal dari Bahasa Latin (Re dan Clamo) artinya berteriak berulang-ulang. Tujuannya untuk mempengaruhi, mengajak, menghimbau orang lain. Contoh : iklan, spanduk, poster, dll

    4.    Jelaskan perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan!

–            Seni Murni (Fine Art) adalah seni yang dibuat untuk mengekspresikan nilai budaya dan keindahan. Artinya, seni murni tidak memiliki fungsi lain selain sebagai hiasan. Biasa disebut dengan Art for Art dimana proses penciptaan dan penjabaran sebuah konsep seni hanya melulu berorientasi pada keberadaan seni itu sendiri.

–            Seni Terapan Selain memiliki fungsi estetis (keindahan) seni terapan juga memiliki fungsi pragmatis, yakni memenuhi keperluan hidup manusia.  Membuat karya seni rupa terapan tidak sebebas membuat karya seni rupa murni karena di dalamnya harus mempertimbangkan persyaratan-persyaratan tertentu, seperti syarat keamanan (security), kenyamanan (comfortable), dan keluwesan dalam penggunaan (flexibility). Contoh Desain

    5.    Jelaskan Definisi dari Desain

= Desain diambil dari kata “designo” (Itali) yang artinya gambar. Sedang dalam bahasa Inggris desain diambil dari bahasa Latin designare) yang artinya merencanakan atau merancang. Namun pengertian tersebut kurang menggambarkan desain dengan konteks yang sebenarnya. Secara garis besar Desain adalah suatu hasil apresiasi dan kreasi yang tertuang dari diri manusia yang pada hakikatnya merupakan upaya manusia memberdayakan diri melalui benda ciptaannya untuk menjalani kehidupan yang lebih aman dan sejahtera.

    6.    Apa yang dimaksud seni kriya?

= Seni kriya adalah cabang seni yang menekankan pada ketrampilan tangan yang tinggi dalam proses pengerjaannya. Seni kriya berasal dari kata “Kr” (bhs Sanskerta) yang berarti ‘mengerjakan’, dari akar kata tersebut kemudian menjadi karya, kriya merupakan cabang seni yang memiliki muatan estetik

    7.    Sebutkan Jenis – jenis Seni kriya!

    seni kerajinan kulit, adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah dimasak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya: tas, sepatu, wayang dan lain-lain.
    Seni kerajinan logam, ialah kerajinan yang menggunakan bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak. Sedangkan teknik yang digunakan biasanya menggunakan sistem cor, ukir, tempa atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Contohnya pisau, barang aksesoris, dan lain-lain.
    Seni ukir kayu, yaitu kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan atau dibentuk menggunakan tatah ukir. Kayu yang biasanya digunakan adalah: kayu jati, mahoni, waru, sawo, nangka dan lain-lain. Contohnya mebel, relief dan lain-lain.
    Seni kerajinan anyaman, kerajinan ini biasanya menggunakan bahan rotan, bambu, daun lontar, daun pandan, serat pohon, pohon pisang, enceng gondok, dll. Contohnya: topi, tas, keranjang dan lain-lain.
    Seni kerajinan batik, yaitu seni membuat pola hias di atas kain dengan proses teknik tulis (casting) atau teknik cetak (printing). Contohnya: baju, gaun dan lain-lain.

    8.    Sebutkan tehknik- tehknik pembuatan seni kriya!

    Teknik Cor(cetak)
    Teknik Ukir,
    Teknik Membatik
    Teknik anyam
    Teknik tenun

    9.    Apa keuntungan yang didapat dari Seni Kriya?

    barang yang diciptakan berasal dari alam dan mudah didapat
    dapat memiliki fungsi yang tak kalah baiknya dengan produk hasil industry
    member kesan tradisioanal yang sesuai dengan cirri khas nusantara
    dapat menciptakan suatu lahan pekerjaan baru
    meningkatkan kreatifitas dan penghasilan produk nusantara

    10.  Apa kaitannya Seni Kriya dengan Desain Produk?

= seni kriya dapat dikaitkan dengan Desain Produk, karena desain produk sendiri menciptakan produk berdasarkan fungsi dan kebutuhan pasar, dan permintaan masyarakat. Seni kriya ini dapat dijadikan pedoman dan patokan dalam penciptaan produk. Sehingga produk yang diciptakan lebih natural dan mempunyai aspek budaya. Seni kriya dapat menjadi inspirasi. Lalu seni kriya pun dapat dijual dan masuk dalam dunia industry sehingga penjualan produk dalam negri dapat meningkat.

Seni lukis

download (1)download

Seni Kriya

download (2)download (3)

Seni Patung

download (5)download (4)

Seni Dekorasi

download (7)download (6)
Seni Reklame download (8)images


Jenis- jenis seni kriya

seni kerajinan kulit

download (10)download (9)
Seni kerajinan logam download (12)download (11)


Seni Ukiran kayu
images (1)images (2)


Seni kerajinan anyaman

download (13)download (14)
Seni kerajinan batik
images (3)download (15)
Teknik cetakan
images (5)
Teknik Ukir
download (16)
Teknik Batik
images (4)
Teknik anyam

download (17)

Teknik Tenun


download (18)


Karya- Karya perpaduan seni kriya dengan desain kriya
images (6) images (8) images (7) download (20) download (19)

Share this:




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang sebutkan dan jelaskan teknik teknik yang dilakukan dalam membuat kerajinan tangan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Kerudung Paris Sulam Kembang Segi Tiga | KPSKS

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://dpi132serdi.wordpress.com/desain-kriya/tugas-12/

0 komentar:

Post a Comment