, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Sebutkan definisi dari karya kerajinan tekstil !

Sebutkan definisi dari karya kerajinan tekstil !

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Sebutkan definisi dari karya kerajinan tekstil !

sebutkan definisi karya kerajinan tekstil - 1. Berdasar jenis produk/bentuknya: serat staple, serat filamen, benang, kain, produk  jadi (pakaian / produk kerajinan dll)
2. Berdasar jenis bahannya: serat alam, serat sintetis, serat campuran
3. Berdasarkan jenis warna/motifnya: putih, berwarna, bermotif/bergambar
4. Berdasarkan jenis kontruksinya: tenun, rajut, renda, kempa. benang tunggal, benang

 KERAJINAN TEKSTIL (Karya Seni Kriya Tekstil)


Kerajinan tekstil merupakan kerajinan atau karya seni kriya yang berbahan dasar dari tekstil (kain,benang dll)
Sebuah benda dapat dikategorikan menjadi karya seni karena memiliki perwujudan yang mumpuni,seperti apa yang ada dalam prinsip sebuah seni yaitu meliputi :
Kerumitan ( yaitu sebuah benda yang memiliki keindahan pada dasarnya bukanlah benda yang sederhana,melainkan benda yang mempunyai nilai seni tinggi karena terdapat kerumitan di dalamnya yang mengandung unsur berpadu dengan kerumitan itu sendiri seperti saling berlawanan,berkesinambungan dan saling bertentangan )
Kesatuan ( yaitu dikategorikan benda bernilai seni karena memiliki perpaduan dari unsur pembentukannya secara baik dan sempurna )
Kesungguhan ( yaitu sebuah benda yang memiliki kualitas yang apik di dalamnya, sebuah kualitas yang menonjol dalam penampilannya seperti lembut dan kasarnya,suram atau ceria yang ditampilkan secara sungguh-sungguh )

Jenis kriya tekstil berupa benda hias dan benda pakai atau perpaduan keduanya. Namun karya seni yang terbuat dari tekstil akan terwujud secara maksimal. Langkah awal dari perwujudan karya seni adalah desain yang merupakan sebuah rancangan yang akan mempermudah dalam menciptakanya. Untuk mendapatkan karya seni yang apik memerlukan sebuah perencanaan,selain desain tesebut harus bisa memilih bahan yang nantinya akan digunakan dengan fungsi serta jenis karya seni yang akan di buat.



Contoh dari kerajinan tekstil di antaranya yaitu :

Membuat batik (membatik/batik)



Membatik adalah teknik menahan dengan lilin malam secara berulang di atas kain. Sedangkan batik merupakan lukisan di atas sebuah kain yang menjadi bahan dasar pembuatanya, batik terdiri dari berbagai motif,setiap motif merupakan simbol bagai pemakainya,seperti halnya motif parang dan kawung yang hanya boleh dikenakan oleh keluarga kerajaan (pada perkembanganya) namun lambat laun batikpun akhirnya menyebar ke kalangan masyarakat luas.

Membuat Songket



Songket adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu dan Minangkabau di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi. Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang.


Menenun

 

Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Dengan kata lain bersilangnya antara benang lusi dan pakan secara bergantian. Kain tenun biasanya terbuat dari serat kayu, kapas, sutra, dan lainnya
.


buka mesin jahit : http://sieanaksingkong.blogspot.co.id/2014/08/kerajinan-tekstil-karya-seni-kriya.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang sebutkan definisi karya kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     6 Contoh Kerajinan Tangan dari Kulit Jagung

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment