, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Batik Besurek Bengkulu


Batik Besurek Bengkulu

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Batik Besurek Bengkulu

contoh kerajinan teksil daerah bengkulu - Batik Bengkulu sering disebut dengan Batik Besurek. Besurek dalam bahasa daerah Bengkulu, artinya bersurat dalam bahasa Indonesia. Dinamakan Besurek (bersurat) karena batik yang dibuat di Bengkulu umumnya dibuat dengan motif kaligrafi Arab serta potongan ayat-ayat suci Al-Quran.

Sejarahnya, seni batik Besurek di Bengkulu diperkenalkan oleh saudagar dan seniman batik dari Demak. Hal ini dapat ditelusuri dari sejarah Kesultanan Demak (Kerajaan Islam pertama dan terbesar di Pulau Jawa 1475–1548). Pada masa kejayaan Kesultanan Demak, banyak pembatik yang membuat batik bermotifkan kaligrafi Arab. Batik bermotif kaligrafi Arab ini biasa dipakai untuk menutup Al-Quran di kalangan kesultanan serta keluarga kerajaan Demak. Lama-kelamaan motif ini berkembang luas di masyarakat kebanyakan di Demak, dan selanjutnya mulai tersebar di beberapa kerajaan lain yang manjadi mitra dagang Kesultanan Demak, termasuk Cirebon, Jambi dan Bengkulu. Sejarahnya lain menyebutkan, kain Bengkulu ini merupakan perpaduan dari motif kaligrafi daerah Jambi dan Cirebon yang kemudian diadaptasi menjadi kain khas Bengkulu.

Motif asli kain Batik Besurek yang dikenal sejak ratusan tahun yang lalu bercorak huruf arab gundul. Beberapa kain, terutama untuk upacara adat, kain ini memang bertuliskan huruf Arab yang bisa dibaca, untuk jenis kain ini tidak boleh digunakan sembarangan. Untuk Batik Besurek modern, biasanya kaligrafinya tidak memiliki makna dan hanya sebagai hiasan mirip huruf Arab saja. Dalam perkembangannya, motif Besurek kemudian dipadukan dengan ornamen-ornamen lain seperti ornamen bunga cengkeh, ornamen bunga Raflesia Arnoldy, dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan untuk lebih memasyarakatkan Batik Besurek. Selain itu, dengan mendobrak tradisi lama diharapkan hasil kerajinan rakyat ini menjadi semakin popul
er dan dipakai tidak hanya untuk keperluan adat saja.

Batik Besurek Motif Kaligrafi

Batik Besurek Motif Kaligrafi


Pemakaian Batik Besurek tidak sebebas kain batik pada umumnya. Kemuliaan yang terkandung dalam motif kaligrafi Arab yang umumnya berisi doa, puji-pujian kepada Allah SWT, serta potongan ayat-ayat suci Al-Quran. Kain ini sangat sakral, terutama pada pemakaian kain upacara adat pengantin dan untuk menutupi mayat. Kain jenis ini biasanya berbentuk kerudung wanita calon pengantin yang digunakan untuk upacara ziarah ke makan para leluhur. Upacara ini sangat sakral sehingga penggunaan kain jenis ini tidak boleh sembarangan. Batik Besurek tidak boleh dipakai di tubuh bagian bawah serta tidak boleh diduduki. Batik Besurek bisa dipakai untuk penutup tubuh bagian atas, selendang, dijadikan alas bayi pada acara cukuran rambut, serta dapat juga dipakai sebagai penutup tubuh orang yang sudah meninggal sepanjang jenazah yang sudah bersih. Selain itu, kain besurek ukuran kecil juga digunakan sebagai ikat kepala laki-laki dalam pakaian adat Bengkulu yang disebut detar.



 

Batik Besurek Motif Kaligrafi
Keunikan dari motif Batik Besurek ini yaitu memiliki karakter dan motif yang khas dan sangat unik.  Batik Besurek memiliki warna yang lebih cerah dan beragam. Selain motif kaligrafi arab, Batik Besurek Bengkulu juga terdapat motif-motif yang lain seperti motif bunga raflesia, motif burung kuau, relung paku, motif rembulan, dan lain sebagainya. Dalam satu helai kain Batik Besurek, biasanya lebih dari satu motif, misal motif kaligrafi dipadukan dengan bunga raflesia, dan lain sebagainya.

 


Batik Bengkulu Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Raflesia

 Batik Bengkulu Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Raflesia
Batik Bengkulu Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Raflesia
Motif bunga raflesia merupakan bunga bangkai raksasa satu-satunya di dunia yang tumbuh di hutan Bengkulu, motif ini bisa dibilang sebagai motif utama kain Batik Besurek setelah motif kaligrafi. Motif burung kuau merupakan motif ini bergambar seperti burung yang disusun dari rangkaian huruf kaligrafi. Motif rembulan merupakan motif gambar rembulan bulat yang dipadukan dengan motif kaligrafi. Motif relung paku yaitu motif yang gambarnya meliuk-liuk seperti tanaman relung paku yang banyak tumbuh di Bengkulu.

 

Batik Bengkulu Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Raflesia
 

Batik Bengkulu Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Raflesia

Batik Besurek Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Raflesia Dan Burung Kuau


 

Batik Besurek Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Raflesia Dan Burung Kuau

Batik Besurek Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Rafflesia Dan Relung Paku

Batik Besurek Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Rafflesia Dan Relung PakuBatik Besurek Motif Kaligrafi Perpaduan Bunga Rafflesia Dan Relung Paku


Proses pembuatan Batik Besurek ini sama dengan proses pembuatan kain batik di Jawa. Awalnya kerajinan tradisional ini dikerjakan dengan proses batik tulis secara turun-temurun dirumah-rumah pengrajin. Namun seiring berkurangnya pesanan terhadap Batik Basurek, sehingga membatik sudah jarang dilakukan. Sejumlah perajin tradisional sudah mulai terdesak oleh batik cap dan batik printing yang memakai motif Batik Besurek. Karena batik cap atau printing lebih murah dibandingkan dengan batik tulis sehingga lebih banyak yang mampu membelinya.

Batik Basurek banyak dijual di daerah pertokoan Anggut dan Penurunan kota Bengkulu. Akan tetapi, tidak setiap toko menjual Batik Besurek asli atau yang dilukis dengan tangan, sebagian menjual batik printing motif besurek. Selain kain Batik Besurek, disana juga dijual cinderamata khas Bengkulu lainnya.

Peran Pemda setempat yaitu mewajibkan murid–murid sekolah pada hari tertentu untuk berseragam Batik Besurek serta menambahkan kurikulum di sekolah untuk muatan lokal yaitu kerajinan Batik Besurek. Sebenarnya tak hanya itu saja, dukungan untuk para pengrajin agar terus memproduksi Batik Besurek dengan teknik batik tulis bukan batik cap atau printing, yaitu melalui bantuan dalam bidang permodalan dan pemasaran. 


Ingin kursus menjahit di Yogya, di Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” saja : lama pendidikan antara 1-2 bulan atau tergantung kemampuan siswa sampai selesai. Kilat selama 1 bulan.

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Gamis, Jilbab Lebar, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Jl. Veteran No 11
Yogyakarta
HP. 085740028487

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta

Akhirnya, Cara Menjahit di 2017 Terungkap !




Siapa lagi yang ingin Meraih Kesuksesan 2017 Menggunakan STRATEGI JITU dan LANGKAH KONKRET yang TELAH TERUJI dan TERBUKTI

KEBERHASILANNYA ?


buka mesin jahit : http://fitinline.com/article/read/batik-besurek-bengkulu#

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh kerajinan teksil daerah bengkulu

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     Menganalisis produk kerajinan dari bahan lunak

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


0 komentar:

Post a Comment