Jelaskan ttg pengertian modifikasi sebuah kerajinan
apa yang dimaksut dengan kerajinan fungsi hias modifikasi? - dalah cara merubah bentuk sebuah barang dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya
MODIFIKASI ADALAH SALAH SATU CARA MENGUBAH DARI BENTUK ASLI MENJADI BENTUK YG LEBIH MODERN,AGAR TIDAK MONOTON
silabus prakarya kerajinan kls 9 dw
1. SILABUS MATA PELAJARAN PRAKARYA (KERAJINAN) Satuan Pendidikan : SMP Kelas / Semester : IX / Satu - Dua Kompetensi Inti (KI) : 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori Kompetensi Dasar (KD) Materi Pokok Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar 1.1 Menerima keberagaman produk pengolahan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan 2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk pengolahan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia 2.2 Mengaplikasikan perilaku
2. jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat produk pengolahan 2.3 Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan produk pengolahan 3.1 Menganalisis desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat 4.1 Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan desain sesuai wilayah setempat 1. Pengertian kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan berbagai teknik jahit, batik, anyam dll (hiasan dinding, boneka, hiasan interior/eksteri or, dll) 2. Jenis karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan fungsinya Mengamati: • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan yang memiliki fungsi hias, bahan, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan alam agar terbangun rasa ingin tahu Menanya: • Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi hias agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan Mengumpulkan Data Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang: 1. Aneka jenis bahan yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan yang memiliki fungsi hias 2. Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias 3. Aspek yang dinilai: a. Apresiasi 20% b. Keruntutan berpikir 20% 8 jam pelajaran (4 mgu x 2 jp) Contoh karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (hiasan dinding, boneka, hiasan interior/eksterior, dll) Aneka bahan untuk pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi hias
3. 3. Motif ragam hias pada kerajinan yang memiliki fungsi hias 4. Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias 5. Pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa. Mengasosiasi • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara. • Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri. • Membuat karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan c. Pilihan kata 20% d. Kreativitas bentuk laporan 20% e. Perilaku 20% Penilaian Pengamatan, tentang: 1. Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada di lingkungan wilayah setempat 2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan yang memiliki fungsi hias 3. Aspek yang dinilai: a. Kerincian 20% b. Ketepatan pengetahuan 20% c. Pilihan kata 20% d. Keativitas bentuk laporan 20% e. Perilaku 20% Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang: 1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian, audio- visual, media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias di lingkungan setempat
4. menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya. Mengkomunikasikan • Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya. • Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas. skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias 2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat 3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang dibuatnya 4. Aspek yang dinilai a. Proses pembuatan 50% - Ide gagasan - Kreativitas - Kesesuaian materi, teknik dan prosedur b. Produk jadinya 30% - Uji karya
5. - Kemasan - Kreativitas bentuk laporan - Presentasi c. Sikap 20% - Mandiri - Disiplin - Tanggung jawab 3.2 Mengevaluasi proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi hias dan pengemasan sesuai wilayah setempat 4.2 Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat 1. Pengertian modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (hiasan dinding, boneka, hiasan interior/eksteri or 2. Jenis karya modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias dan fungsinya Mengamati: • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan modifikasi kerajinan dari bahan alam, jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan alam agar terbangun rasa ingin tahu Menanya: • Melakukan diskusi tentang aneka karya modifikasi yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi hias agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan Mengumpulkan Data • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang: 1. Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias 2. Pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias 3. Aspek yang dinilai: a. Apresiasi 20% b. Keruntutan berpikir 20% c. Pilihan kata 20% d. Kreativitas bentuk 8 jam pelajaran (4 mgu x 2 jp) Contoh karya modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (hiasan dinding, boneka, hiasan interior/eksterior, dll) Aneka bahan yang dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi hias
6. Motif ragam hias pada karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias 3. Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias 4. Pengemasan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa. Mengasosiasi • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan karya modifikasi, bahan, alat , teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara. • Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri. • Membuat karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan laporan 20% e. Perilaku 20% Penilaian Pengamatan, tentang: 1. Pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang ada di lingkungan wilayah setempat 2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias 3. Aspek yang dinilai: a. Kerincian 20% b. Ketepatan pengetahuan 20% c. Pilihan kata 20% d. Keativitas bentuk laporan 20% e. Perilaku 20% Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang: 1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian, audio- visual, media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi hias di lingkungan setempat
7. lingkungannya. Mengkomunikasikan • Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya. • Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas. skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias 2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi hias dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat 3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi hias yang dibuatnya 4. Aspek yang dinilai a. Proses pembuatan 50% - Ide gagasan - Kreativitas - Kesesuaian materi,
8. teknik dan prosedur b. Produk jadinya 30% - Uji karya - Kemasan - Kreativitas bentuk laporan - Presentasi c. Sikap 20% - Mandiri - Disiplin - Tanggung jawab 3.3 Menganalisis desain dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai berdasarkan konsep dan prosedur sesuai wilayah setempat 4.3 Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi pakai berdasarkan desain sesuai wilayah setempat 1. Pengertian kerajinan yang memiliki fungsi pakai berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (tas, sandal/sepatu, wadah pensil, kap lampu, taplak, busana, dll) 2. Jenis karya dan fungsi karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai Mengamati: • Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan yang memiliki fungsi pakai, jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan buatan agar terbangun rasa ingin tahu Menanya: • Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi pakai agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang: 1. Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai 2. Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai 3. Aspek yang dinilai: a. Apresiasi 20% 8 jam pelajaran (5 mgu x 2 jp) Contoh karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (tas, sandal/sepatu, wadah pensil, kap lampu, taplak, busana, dll) Aneka bahan yang digunakan untuk pembuatan kerajinan yang memiliki fungsi
9. 3. Motif ragam hias pada kerajinan yang memiliki fungsi pakai 4. Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan benda kerajinan yang memiliki fungsi pakai 5. Pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai Mengumpulkan Data • Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa. Mengasosiasi • Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara. • Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri. • Membuat karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasannya dengan cara/teknik b. Keruntutan berpikir 20% c. Pilihan kata 20% d. Kreativitas bentuk laporan 20% e. Perilaku 20% Penilaian Pengamatan, tentang: 1. Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai yang ada di lingkungan wilayah setempat 2. Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai 3. Aspek yang dinilai: a. Kerincian 20% b. Ketepatan pengetahuan 20% c. Pilihan kata 20% d. Keativitas bentuk laporan 20% e. Perilaku 20% Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, pakai Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian, audio- visual, media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai di lingkungan setempat
10. dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya. Mengkomunikasikan • Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya. • Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas. tentang: 1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai 2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat 3. Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai n yang dibuatnya 4. Aspek yang dinilai a. Proses pembuatan 50% - Ide gagasan - Kreativitas - Kesesuaian materi,
11. teknik dan prosedur b. Produk jadinya 30% - Uji karya/rasa - Kemasan/penyajian - Kreativitas bentuk laporan - Presentasi c. Sikap 20% - Mandiri - Disiplin - Tanggung jawab 3.1 Mengevaluasi proses modifikasi karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasan sesuai wilayah setempat 4.4 Memodifikasi karya dan pengemasan kerajinan fungsi pakai berdasarkan hasil evaluasi sesuai wilayah setempat 1. Pengertian kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (tas, sandal/sepatu, wadah pensil, kap lampu, taplak, busana, dll) 2. Jenis karya dan fungsi karya kerajinan modifikasi Mengamati: •Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang pengetahuan kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai, bahan, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai agar terbangun rasa ingin tahu Menanya: 6.Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berakaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang: 1. Aneka jenis bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai 2. Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai 3. Aspek yang dinilai: a. Apresiasi 20% b. Keruntutan berpikir 8 jam pelajaran (5 mgu x 2 jp) Contoh karya kerajinan modifikasi yag memiliki fungsi pakai berbagai teknik jahit, batik, anyam, dll (tas, sandal/sepatu, wadah pensil, kap lampu, taplak, busana, dll) Aneka bahan yang digunakan untuk pembuatan kerjainan yang memiliki fungsi pakai
12. yang memiliki fungsi pakai 3. Motif ragam hias pada kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai 4. Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai 5. Pengemasan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai Mengumpulkan Data 7. Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa. Mengasosiasi 8. Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuanmodifikasi, bahan, alat , teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara. 9. Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri. 20% c. Pilihan kata 20% d. Kreativitas bentuk laporan 20% e. Perilaku 20% Penilaian Pengamatan, tentang: 1. Pengetahuan modifikasi bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai yang ada di lingkungan wilayah setempat 2. Mengevaluasi/meng uji hasil karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai 3. Aspek yang dinilai: a. Kerincian 20% b. Ketepatan pengetahuan 20% c. Pilihan kata 20% d. Keativitas bentuk laporan 20% e. Perilaku 20% Penilaian Kinerja/ Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian, audio- visual, media maya (internet) dan produksi pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai di lingkungan setempat
13. 10. Membuat karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya. Mengkomunikasikan 11. Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya. 12. Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan modifikasi yang memiliki fungsi pakai yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas. Pembuatan Karya, tentang: 1. Rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai 2. Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan yang memiliki fungsi pakai
14. yang dibuatnya 3. Aspek yang dinilai a. Proses pembuatan 50% - Ide gagasan - Kreativitas - Kesesuaian materi, teknik dan prosedur b. Produk jadinya 30% - Uji karya - Kemasan - Kreativitas bentuk laporan - Presentasi c. Sikap 20% - Mandiri - Disiplin - Tanggung jawab
Pengertian modifikasi kerajinan yang memiliki fungsi hias dengan berbagai teknik [download]
Membuat karya dan pengemasan kerajinan fungsi hias berdasarkan desain [download]
buka mesin jahit : http://www.slideshare.net/bayuhid78/1silabus-prakarya-kerajinan-smp-kls-9-dw
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang apa yang dimaksut dengan kerajinan fungsi hias modifikasi?
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cerita Jahit
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
0 komentar:
Post a Comment