Kurikulum TATA BUSANA
Kurikulum TATA BUSANA |
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG
PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA
Tujuan Program Keahlian Tata Busana
rpp mata pelajaran menghias busana - Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kopeten :
a. Mengukur, membuat pola, menjahit dan menyelesaikan busana
b. Memilih bahan tekstil dan bahan pembantu secara tepat
c. Menggambar macam macam busana sesuai kesempatan
d. Menghias busana sesuai desain
e. Mengelola usaha di bidang busana
NO
|
KOMPONEN
|
DURASI
WAKTU (JAM)
|
A
|
A1. MATA PELAJARAN KELOMPOK NORMATIF
A1.1 Pendidikan Agama
A1.2 Pendidikan Kewarganegaraan
A1.3 Bahasa Indonesia
A1.4 Penjas, Olahraga dan Kesehatan
A1.5 Seni Budaya
|
228
228
228
228
152
|
A2. MATA
PELAJARAN KELOMPOK ADAPTIF
A2.1
Bahasa Inggris
A2.2
Matematika
A2.3 Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
A2.4 Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
A2.5 KKPI
A2.6
Kewirausahaan
|
456
456
228
152
228
228
|
|
A3. MATA PELAJARAN KELOMPOK PRODUKTIF
A3.1 Dasar Kejuruan Tata Busana
a.
Memberikan
layanan secara prima kepada pelanggan (Custumer Care)
b.
Melakukan
pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam (Custumer Care)
c.
Mengikuti
prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja
|
78
|
|
A3.2 Kompetensi Kejuruan Tata Busana
a.
Menggambar
busana (Fashion Drawing)
b.
Melakukan
pengepresan (pressing)
c.
Menjahit
dengan mesin (Sewing)
d.
Menyelesaikan
busana dengan jahitan tangan (hand sewig)
e.
Membuat
hiasan busana (Embroidery)
f.
Melakukan
penyelesaian akhir busana
g.
Memilih/membeli
bahan baku busana sesuai dengan desain (material)
h.
Memotong
bahan (cutting)
i.
Mengukur
pelanggan sesuai dengan desain (pattern making)
j.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik konstruksi (pattern making)
k.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik konstruksi di atas kain (pattern making)
l.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik kombinasi (pattern making)
m.
Membuat
pola busana sesuai dengan teknik drapping (pattern making).
|
1748
|
|
B
|
MUATAN LOKAL
a.
Bahasa
Jepang
b.
Bahasa
Perancis
|
78
78
|
C
|
PENGEMBANGAN DIRI
|
78
|
D
|
TOTAL
|
4872
|
Mata Pelajaran Dasar Kejuruan Tata Busana
a. Memberikan layanan secara prima kepada pelanggan (Customer Care)
b. Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam (Customer Care)
c. Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja
Mata Pelajaran Kejuruan Tata Busana
a. Menggambar busana (Fashion drawing)
b. Melakukan pengepresan (pressing)
c. Menjahit dengan mesin (Sewing)
d. Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan ( hand sewing)
e. Membuat hiasan busana (Embroidery)
f. Melakukan penyelesaian akhir busana
g. Memilih/membeli bahan baku busana sesuai dengan desain (material)
h. Memotong bahan (cutting)
i. Mengukur pelanggan sesuai dengan desain (pattern Making)
j. Membuat pola busana sesuai dengan teknik konstruksi (pattern Making)
k. Membuat pola busana sesuai dengan teknik konstruksi di atas kain (pattern Making)
l. Membuat pola busana sesuai dengan teknik kombinasi (pattern Making)
m. Membuat pola busana sesuai dengan teknik drapping (pattern Making)
KODE
|
KOMPETENSI
|
39 BUS.CM.CC.01.A
|
Memberikan pelayanan secara prima kepada
pelanggan
|
39 BUS.CM.CC.02.A
|
Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial
yang berbeda
|
39 BUS.CM.K3.03.A
|
Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan
keamanan dalam bekerja
|
39 BUS.CM.FDR.04.A
|
Menggambar busana
|
39 BUS.CM.PRES.13.A
|
Melakukan pengepresan
|
39 BUS.CM.SEW.14.A
|
Menjahit dengan mesin
|
39 BUS.CM.MR 19.A
|
Memelihara alat jahit
|
39 BUS.CM.SEW.15A
|
Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan
|
39 BUS.CM.SEW.16A
|
Membat hiasan pada busana
|
39 BUS.CM.SEW..17A
|
Melakukan penyelesaian akhir busana
|
39 BUS.CM.MAT.11A
|
Memilih / membeli bahan baku busana
|
39 BUS.CM.CUT.12.A
|
Memotong bahan
|
39 BUS.CM.PAT.05.A
|
Mengkur tubuh pelanggan sesuai dengan desain
|
39 BUS.CM.PAT.07A
|
Membuat pola busana dengan teknik kontruksi
|
39 BUS.CM.PAT.08.A
|
Membuat pola busana dengan teknik kontruksi di atas
kain
|
39 BUS.CM.PAT.10.A
|
Membuat pola busana dengan teknik kombinasi
|
39 BUS.CM.PAT.09.A
|
Membuat pola busana dengan teknik drapping
|
39 BUS.CM.QC.18.A
|
Mengawasi mutui pekerjaan busana
|
DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI
Diagram pencapainan kompetensi program keahlian Tata busana SMK Negeri 3 Bandar LampungDiagram ini menunjukkan tahapan atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan serta kemungkinan multi entri multi exit yang dapat diterapkan :
MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA [download]
pembuatan hiasan Program Studi keahlian : Tata Busana BUSANA [download]
Desain Hiasan Busana [download]
Menghias Busana materi [download]
RPP mata pelajaran membuat hiasan [download]
Macam-macam alat menghias busana [download]
buka mesin jahit : http://dianekaputrinelzar.blogspot.com/2012/01/kurikulum-tata-busana.html
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang rpp mata pelajaran menghias busana
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang KURIKULUM KURSUS MENJAHIT
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
0 komentar:
Post a Comment