, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kurikulum TATA BUSANA

 Kurikulum TATA BUSANA

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Kurikulum TATA BUSANA

 

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG
PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA

Tujuan Program Keahlian Tata Busana
rpp mata pelajaran menghias busana - Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap   agar   kopeten :
a.       Mengukur, membuat pola, menjahit dan menyelesaikan busana
b.       Memilih bahan tekstil dan bahan pembantu secara tepat
c.       Menggambar macam macam busana sesuai kesempatan
d.       Menghias busana sesuai desain
e.       Mengelola usaha di bidang busana

NO
KOMPONEN
DURASI
WAKTU (JAM)
A
A1.    MATA PELAJARAN KELOMPOK NORMATIF
A1.1  Pendidikan Agama
A1.2  Pendidikan Kewarganegaraan
A1.3  Bahasa Indonesia
A1.4  Penjas, Olahraga dan Kesehatan
A1.5  Seni Budaya
228
228
228
228
152
A2.    MATA PELAJARAN KELOMPOK ADAPTIF
A2.1  Bahasa Inggris
A2.2  Matematika
A2.3  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
A2.4  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
A2.5  KKPI
A2.6  Kewirausahaan
456
456
228
152
228
228
A3.    MATA PELAJARAN KELOMPOK PRODUKTIF
A3.1  Dasar Kejuruan Tata Busana
a.       Memberikan layanan secara prima kepada pelanggan (Custumer Care)
b.       Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam (Custumer Care)
c.       Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja
78
A3.2  Kompetensi Kejuruan Tata Busana
a.       Menggambar busana (Fashion Drawing)
b.       Melakukan pengepresan (pressing)
c.       Menjahit dengan mesin (Sewing)
d.       Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan (hand sewig)
e.       Membuat hiasan busana (Embroidery)
f.        Melakukan penyelesaian akhir busana
g.       Memilih/membeli bahan baku busana sesuai dengan desain (material)
h.       Memotong bahan (cutting)
i.         Mengukur pelanggan sesuai dengan desain (pattern making)
j.        Membuat pola busana sesuai dengan teknik konstruksi (pattern making)
k.       Membuat pola busana sesuai dengan teknik konstruksi di atas kain (pattern making)
l.         Membuat pola busana sesuai dengan teknik kombinasi (pattern making)
m.     Membuat pola busana sesuai dengan teknik drapping (pattern making).
1748
B
MUATAN LOKAL
a.       Bahasa Jepang
b.       Bahasa Perancis
78
78
C
PENGEMBANGAN DIRI
78
D
TOTAL
4872

Mata Pelajaran  Dasar Kejuruan Tata Busana

a.       Memberikan layanan secara prima  kepada pelanggan (Customer  Care)
b.       Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam (Customer Care)
c.       Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja

Mata Pelajaran Kejuruan Tata Busana
a.       Menggambar busana (Fashion drawing)
b.       Melakukan pengepresan (pressing)
c.       Menjahit dengan mesin (Sewing)
d.       Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan ( hand sewing)
e.       Membuat hiasan busana (Embroidery)
f.        Melakukan penyelesaian akhir busana
g.       Memilih/membeli bahan baku busana sesuai dengan desain (material)
h.       Memotong bahan (cutting)
i.         Mengukur pelanggan sesuai dengan desain (pattern Making)
j.        Membuat pola busana sesuai dengan teknik konstruksi (pattern Making)
k.       Membuat pola busana sesuai dengan teknik konstruksi di atas kain (pattern Making)
l.         Membuat pola busana sesuai dengan teknik kombinasi (pattern Making)
m.     Membuat pola busana sesuai dengan teknik
drapping (pattern Making)

KODE
KOMPETENSI
39 BUS.CM.CC.01.A
Memberikan pelayanan secara prima kepada pelanggan
39 BUS.CM.CC.02.A
Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda
39 BUS.CM.K3.03.A
Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja
39 BUS.CM.FDR.04.A
Menggambar busana
39 BUS.CM.PRES.13.A
Melakukan pengepresan
39 BUS.CM.SEW.14.A
Menjahit dengan mesin
39 BUS.CM.MR 19.A
Memelihara alat jahit
39 BUS.CM.SEW.15A
Menyelesaikan busana dengan jahitan tangan
39 BUS.CM.SEW.16A
Membat hiasan pada busana
39 BUS.CM.SEW..17A
Melakukan penyelesaian akhir busana
39 BUS.CM.MAT.11A
Memilih / membeli bahan baku busana
39 BUS.CM.CUT.12.A
Memotong bahan
39 BUS.CM.PAT.05.A
Mengkur tubuh pelanggan sesuai dengan desain
39 BUS.CM.PAT.07A
Membuat pola busana dengan teknik kontruksi
39 BUS.CM.PAT.08.A
Membuat pola busana dengan teknik kontruksi di atas kain
39 BUS.CM.PAT.10.A
Membuat pola busana dengan teknik kombinasi
39 BUS.CM.PAT.09.A
Membuat pola busana dengan teknik drapping
39 BUS.CM.QC.18.A
Mengawasi mutui pekerjaan busana

DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI
Diagram pencapainan kompetensi program keahlian Tata busana SMK Negeri 3 Bandar Lampung
Diagram ini menunjukkan  tahapan  atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan  serta kemungkinan multi entri multi exit yang dapat diterapkan :

MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA [download]
pembuatan hiasan Program Studi keahlian : Tata Busana BUSANA [download]
Desain Hiasan Busana [download]
Menghias Busana materi  [download]
RPP mata pelajaran membuat hiasan [download]
Macam-macam alat menghias busana [download]

buka mesin jahit : http://dianekaputrinelzar.blogspot.com/2012/01/kurikulum-tata-busana.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang rpp mata pelajaran menghias busana

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang KURIKULUM KURSUS MENJAHIT

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

 

0 komentar:

Post a Comment