, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pengertian Bordir

 Pengertian Bordir

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Pengertian Bordir

Pengertian Bordir - atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Istilah Bordir lebih dikenal dari pada sulam, sehingga orang mendefinisikan bordir sebagai salah satu kerajinan ragam hias (untuk aksesoris berbagai busana) yang menitik beratkan pada keindahan dan komposisi warna benang pada medium berbagai kain dengan alat bantu seperangkat mesin jahit (mesin jahit bordir) atau mesin jahit bordir komputer. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam,mutiara, manik-manik, bulu burung, dan payet.


Pengrajin Bordir di Indonesia masih tergolong sedikit jumlahnya. Daerah yang sampai kini masih banyak terdapat pengrajin bordir adalah sumatera, jawa , madura dan Bali.Kita perlu maklum dan menyadari bahwa generasi bordir ini masih sedikit lambat, karena walaupun keterampilan bidang ini sangat sederhana danmudah dipelajari, tetapi membutuhkan waktu yang relatif lama.keterampilan ini identik dengan seni sehingga dibutuhkan ekstra konsentrasi,kesabaran,niat dan semangat dari seorang pembordir.


Dengan berbagai kemajuan  dan perkembangan dalam dunia mode, serta didukung oleh sarana dan prasarana yang lebih  baik dengan daya kreatifitas yang relatif tinggi aplikasi bordir bukan saja untuk berbagai busana, tetapi juga untuk perlengkapan seperti taplak meja, sarung bantal, seprei,sapu tangan ,tutup lemari, tutup tv dan alas seperangkat alat minum.Bahkan hiasan bordir sudah banyak di terapkan dalam hiasan interior dan eksterior rumah.
Berbeda dengan apa yang di lakukan dalam sablon tadi tapi media yang di gunakan hampir sama,sedangkan  kalau yang dilakukan Bordir ini sendiri adalah tusukan  Di antara jenis tusukan yang umum dikenal dalam menyulam adalah tusuk rantai, tusuk jelujur, tusuk kelim, dan tusuk silang. Selain dijahit dengan tangan, sulaman dibuat dengan mesin jahit dan Mesin Bordir komputer.
Kain dan benang yang dipakai untuk seni bordir berbeda-beda menurut tempat dan negara. Sejak ribuan tahun yang lalu, kain atau bedang dari wol, linen, dan sutra sudah dipakai untuk membuat sulaman. Selain benang dari wol, linen, dan sutra, sulaman modern menggunakan benang sulam dari katun atau rayon  dan lain sebagainya.


Sulam pita adalah sulaman yang menggunakan pita berbagai ukuran dan bahan untuk membuat motif-motif bunga. Pita memberi efek tiga dimensi karena ukuran pita lebih besar dari benang. Hasil sulaman pita juga lebih dekoratif karena bahan pita yang lebih beragam.


sumber : http://konveksianekakaos.blogspot.com/2013/09/pengertian-bordir.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian bordir

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Unsur Garis pada busana

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment