, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

pengertian busana menurut para ahli


pengertian busana menurut para ahli

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
pengertian busana menurut para ahli

PENDAHULUAN

pengertian busana berdasarkan umur - Berbusana adalah salah satu kebutuhan primer bagi manusia dan dapat membedakan manusia. Pakaian tidak perlu mahal, asal enak dan nyaman saat dipakai. Model pakaiannya juga yang cocok dengan bentuk, umur, kesempatan, dan tujuan berpakaian.

                Pakaian merupakan kebutuhan bagi semua orang tak terkecuali anak-anak. Anak-anak masih sangat sensitif terhadap kesehatan, oleh karena itu anak-anak memerlukan pakaian yang aman dan nyaman agar tetap terjaga kesehatannya. Pada masa anak-anak memang masanya untuk bermain dan belajar sehingga diperlukan pakaian yang aman, nyaman, dan tidak mengganggu perkembangan anak.

                Anak-anak berbeda dengan orang dewasa dalam penggunaan pakaian, orang dewasa dalam sehari berganti pakaian cukup dua kali, tetapi anak-anak tidak. Dalam sehari anak-anak biasanya berganti pakaian lebih dari dua kali karena aktivitas fisik yang dilakukan banyak mengeluarkan keringat. Oleh karena itu orang tua lebih banyak menyediakan pakaian untuk anaknya. Baju anak juga sangat bervariasi modelnya.





PEMBAHASAN


                Pengertian busana menurut kamus Umum Bahasa Indonesia adalah pakaian (yang indah-indah), perhiasan. Busana adalah segala sesuatu yang di kenakan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Pakaian diartikan sebagai segala sesuatu yang dikenakan pada tubuh, baik dengan maksud melindungi tubuh ataupun untuk memperindah penampilan tubuh dengan cara memakai busana.

                Busana anak adalah segala sesuatu yang dipakai oleh anak-anak mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Bando, tas, sepatu, topi dan segala macam perlengkapan yang dikenakan pada tubuh merupakan busana.

                Pada dasarnya pemilihan busana anak adalah busana yang sederhana dan longgar karena itu akan memberi keleluasaan pada anak untuk bergerak. Namun seiring berjalannya waktu, tren busana anak pada masa kini telah mengikuti perkembangan zaman. Sekarang ini banyak busana anak yang meniru tren busana orang dewasa. Bahkan busana anak sekarang ini merupakan busana orang dewasa dalam bentuk kecil. Hal ini tentu tidak benar karena busana anak tidak dapat dibuat dengan model yang sembarangan, karena ada persyaratan khusus dalam proses pembuatan pakaian anak.

Busana anak dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu:


    Busana anak berdasarkan kesempatan

                Busana ini dipilih berdasarkan tujuan dan kesempatan kemana busana itu akan dipakai. Yang termasuk dalam busana berdasarkan kesempatan antara lain:

    Busana bermain

               Pada kesempatan ini sebaiknya anak menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan tidak mengganggu aktivitas bermain anak. Bahan yang cocok digunakan untuk busana bermain adalah yang terbuat dari serat kapas yang biasa disebut katun.      

    Busana sekolah

               Busana sekolah adalah busan yang dipakai untuk sekolah. Busana sekolah biasanya sudah ditentukan oleh pihak sekolah.

    Busana olahraga


               Busana olahraga adalah busana yang dipakai kusus pada saat olahraga. Busana ini harus terbuat dari bahat yang menyerap keringat dan model baju yang longgar agar dapat bergerak dengan leluasa.

    Busana pesta

               Busana pesta memiliki karakteristik tersendiri yaitu jenis bahan yang digunakan, warna, corak, dan hiasan yang digunakan sangat berbeda. Bahan yang digunakan lebih terkesan mahal, hiasan yang digunakan juga lebih meriah dan model pakaian juga lebih glamour.

    Busana tidur

               Busana ini digunakan untuk tidur. Bahan yang digunakan yaitu katun dan bahan kaos. Corak kain juga dipilih yang tidak terlalu ramai. Warna kain juga dipilih yang soft. Model untuk anak perempuan yaitu baby doll, celana, piyama. Untuk anak laki-laki yaitu piyama.

    Busana rekreasi


               Busana rekreasi dipakai untuk berlibur ke suatu tempat wisata. Busana yang dipakai adalah busana yang nyaman, simpel, dan santai.

    Busana anak berdasarkan usia

    Busana anak batita

                Anak balita memerlukan pakaian yang longgar dan tidak mengganggu pergerakannya, karena pada saat usia ini batita sedang belajar merangkak, berjalan dan berlari. Bahan yang dipakai juga harus lembut, biasanya terbuat dari bahan kaos karena kulit anak batita masih sangat halus. Model busananya juga dipilih yang sederhana dan tidak terlalu banyak hiasan.

    Busana anak balita

                Pada usia ini, pakaian dipilih dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Desain yang dipakai yaitu yang sederhana dan tidak mengganggu pergerakan dan teknik penjahitan juga harus diperhatikan agar baju tidak mudah rusak karena pada umur ini balita sedang aktiv bergerak.

    Busana anak usia sekolah

                Dalam pemilihan pakaian harus dipilih busana dengan jahitan yang kuat dan nyaman dan memilih bahan yang menyerap keringat.

    Busana anak berdasarkan jenis kelamin


                Busana berdasarakan jenis kelamin dibagi menjadi busana anak permpuan dan busana anak laki-laki.

                Busana anak laki-laki dipilih dengan model sederhana seperti T-shirt, kemeja yang dapat dikombinasikan dengan rompi atau celana.

                Sedangkan busana anak perempuan biasanya menggunakan berbagai model. Busana anak perempuan lebih banyak menggunakan variasi warna dan hiasan mulai dari lace, aplikasi, sulaman, pita, payet yang penggunaannya disesuaikan dengan kesempatan pemakaian.



PENUTUP


                Busana anak mempunyai bervariasi model. Bahan yang dipilih juga sangat di perhatikan. Busana anak dibuat dengan menggunakan bahan yang menyerap keringat dan aman atau tidak membuat iritasi pada kulit anak yang memakai karena kulit anak-anak masih sangat sensitif. Kebanyakan dalam pembuatan pakaian anak menggunakan bahan katun karena bahan ini lembut dan nyaman jika dipakai. Dalam pembuatan busana anak tidak bisa sembarangan memilih model pakaian. Membuat busana anak juga ada persyaratan khusus yang harus diikuti. Busana anak kebanyakan dipilih dengan model yang sederhana dan longgar karena ini akan memberi keleluasaan pada anak dalam bergerak.

                Busana anak digolongkan dalam 3 kelompok, yaitu berdasarkan kesempatan, usia dan jenis kelamin. Macam-macam busana berdasarkan kesempatan ada busana bermain, busana sekolah, busana olahraga, busana pesta, busana tidur, busana rekreasi. Macam-macam busana berdasar usia ada busana anak batita, busana anak balita, busana anak usia sekolah. Busana berdasarkan jenis kelamin ada busana anak laki-laki dan perempuan.

Referensi :

Hasanah, Uswatun. 2011. Membuat Busana Anak. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

sumber : https://alkarimah18.wordpress.com/2013/12/09/busana-anak/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian busana berdasarkan umur

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang alat alat jahit dan fungsinya

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment