Silabus Keterampilan Menjahit (Tata Busana) SMP/MTs
Silabus Keterampilan Menjahit (Tata Busana) SMP/MTs |
kurikulum silabus tata busana kursus menjahit - Silabus ini merupakan penyederhanaan dari silabus Tata Busana SMK, yang kami sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak didik kami.
SILABUS
Nama Madrasah : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester : VII / 1
Standar Kompetensi : Mengetahui pengertian dan asal usul busana
Alokasi waktu : 20 jam @ 40 menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1 Menjelaskan penggertian busana
1.
Pengetahuan:
- Mengetahui arti busana
- - Mengetahui asal usul busana
- – Mengetahui macam-macam busana
- -Mengetahui perkembangan busana
Keterampilan:
- Mampu mengartikan busana- Mampu menyebutkan asal usul busana
- Mampu mengemukakan proses perkembangan busana
- Asal usul busana
-Pengertian busana
-perkembanngan busana
- Siwa Membaca buku materi
- Guru menjelaskan tentang pengertian asal usul busana serta pengertian busana.
- Siswa mengulang dan mengartikan busana sesuai dengan pemahamannya dibawah bimbingan guru
- Observasi / pengamatan
- Tes tulis
- Tes lisan
- Praktek komunikasi dalam bekerja
4
Majalah
Buku modul
1.2 Menyebutkan fungsi busana
Pengetahuan:
- Mengetahui jenis-jenis busana
- Mengetahui fungsi busana berdasarkan keperluan pemakaian
-Mengidentifikasi jenis-jenis busana
Keterampilan :
-Mampu menyebutkan fungsi busana-Mampu menyebutkan jenis- busana
-Mampu mengidentifikasi jenis-jenis busana
- Fungsi-fungsi busana
- Jenis busana
-Macam-macam busana
- Siswa mempelajari modul
- Guru menjelaskan tentang
* Fungsi busana
* Jenis-jenis busana
- Siswa berdiskusi tentang fungsi dan jenis busana
- Tes tulis
- tugas kliping
3
- Modul
- Media cetak (majala,koran dan tabloit)
11.3 Pengelompokan busana dan pemeliharaan busana
Pengetahuan:
- Menjelaskan pengertian pengelompokan busana
- Menjelaskan tujuan pengelompokan busana
- Mengidentifikasi jenis-jenis busana
Sikap :
- Mengaplikasikan berbusana sesuai dengan situasi
- Menghargai budaya yang berbeda
- Bertanggung jawab atas apa yang dipakai
Keterampilan:
- Mampu memilih busana sesuai dengan kondisi dimana dia tinggal
-Mampu memilih busana sesuai dengan waktu dan kesempatan
- Busana luar
-Busana dalam
-Memelihara busana
- Membaca modul
- Mendiskusikan tentang pengelompokan busana dan cara memeliharanya- Mengaplikasikan dalam bentuk tanya jawab
- Tes tulis
- Tugas
- kelompok tanya jawab
3
- Lingkungan
- Modul
SILABUS
Nama sekolah : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester : VII / 1
Standar Kompetensi : Pemanfaatan kain perca
Alokasi waktu : 20 jam @ 40 menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1.Mengidentifikasi bahan-bahan kain perca
Pengetahuan :
- Menjelaskan pengertian kain perca
- Mengetahui tujuan pemanfaatan kain perca
- Mengetahui cara memanfaatkan kkain perca
- Menjelaskan prosedur pemanfaatan kain perca
- Mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kain perca
Sikap :
- Memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan dengan memanfaatkan sisa kain
- Teliti dalam melakukan / melaksanakan pekerjaan
Keterampilan:
- Menerapkan prosedur bekerja sesuai dengan tahapan
- Identifikasi kain perca
- Macam- macam kain perca
- manfaat kain perca
- Cara memanfaatkan kain perca
- Menjelaskan tentang pengertian kain perca
- Meresum tentang manfaat kain perca
-Tes tulis
- tes lisan
3
Buku modul
1.2 Mengikuti prosedur cara membuat tas berbahan dasar kain perca
Pengetahuan :
- Mengetahui jenis-jenis kain perca
- Mengerti cara membuat tas dari kain perca
Keterampilan :
- Menerapkan cara memanfaatkan kain perca sesuai dengan kebutuhan membuas tas
- Cara memanfaatkan kain perca
- Pola tas dari kain perca
- Menjelaskan tentang bahan pendukung
- Tes tulis
-praktek
3
Buku modul
1.3.Menerapkan cara memanfaatkan kain perca
Pengetahuan :
- Mengetahui cara membuat tas
Sikap :
- Memiliki kesadaran akan manfaat kain perca
- Apresiatif terhadap manfaat kain perca
Keterampilan :
- Memiliki kemampuan membuat tas berbahan dasar kain perca- Menerapkan prinsip-prinsip pemanfaatan kain perca
-Tahapan pembuatan tas dari kain perca.
-Memghias tas dari kain perca
- Menjelaskan tentang :
-Cara membuat tas
-Model-model tas
- Mengerjakan tugas (soal)
- Membahas Tugas
- Tes tulis
- Praktek
4
Buku modul
Lingkungan
buka mesin jahit : http://wongmojodadi.blogspot.com/2013/11/silabus-keterampilan-menjahit-tata_3875.html
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang kurikulum silabus tata busana kursus menjahit
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Download Gratis Ebook Tutorial Teknik Tata Busana untuk SMK
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
0 komentar:
Post a Comment