, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jenis kerajinan tekstil dan penjelasan ??!?!?!?!

Jenis kerajinan tekstil dan penjelasan ??!?!?!?!

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Jenis kerajinan tekstil dan penjelasan ??!?!?!?!

1. KERAJINAN BATIK

jahit tindas - Pengertian Dan Fungsinya Membatik merupakan kegiatan berkarya seni menggunakan bahan lilin yang dipanaskandan menggunakan alat canting atau kuas untuk membuat pola gambar atau motif yangdioleskan di atas selembar kain

2. KERAJINAN SULAM

Pengertian Bordir dan sulaman Bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan laindengan jarum jahit dan benang.

3. KERAJINAN JAHIT PERCA

Pengertian jahit perca Perca adalah sisa-sisa guntingan kain yang ada setelah membuat pakaian atau karyakerajinan tekstil lainnya
4. KERAJINAN JAHIT TINDAS
Pengertian Jahit tindas (quilting) adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara melapisi ataumengisi kain dengan bahan pelapis atau pengisi kemudian dijahit tindas pada permukaankain sesuai dengan rencana.

5. KERAJINAN CETAK SARING

Cetak saring adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar(screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasar Nylon atau sutra

Tekstil adalah meteliar fleksibel yang terbuat dari tenun benang.tekstel di bentuk dengan cara menyulam atau menjahit


Tehnik dan Variasi Jahit Tindas Pada Lipit Busana (Bagian 1)



Ada dua cara menindas lipit pada busana, yang disebut tindas atas (topstitch) dan tindas pinggir (edgestitch). Kedua teknik ini sangat bermanfaat untuk menahan lipit tetap pada tempatnya dan juga akan membantu kita mempertahankan bentuk lipit seperti yang kita inginkan.

Tindas atas, walau sifatnya lebih dekoratif (banyak ditemukan untuk memberi aksen pada busana, biasanya memakai benang yang warnanya kontras dengan garmen utama) juga bermanfaat untuk menahan lipit pada daerah pinggang sampai pinggul. Teknik ini diaplikasikan pada permukaan kain yang tebal, secara merata.

Tindas pinggir diaplikasikan sepanjang lipatan lipit untuk menahan lipatan yang dihasilkan dan menambah kesan tajam. Tindas pinggir dilakukan setelah kelim diselesaikan. Ingat, setiap kali menerapkan teknik ini, jahitlah dari bawah ke atas, bukan sebaliknya. Kalau menerapkan kedua tekkik pada daerah lipit yang sama, lakukan tindas pinggir terlebih dahulu.


Untuk Lipit Bilah Pisau, jahit tindas pada area pinggul ke pinggang. Pertama-tama sematkan jarum pentul pada titik dimana tindasan akan dimulai. Kemudian, dengan bagian baik kain menghadap ke atas, jahit tindas pada bagian tebal dari kain sepanjang lipatan. Ikatkan ujung benang yang tersisa dan masukkan di balik lipatan bawah.



Jahit Tindas Atas Lipit Hadap

Jahit Tindas Atas Lipit Bilah Pisau
Untuk Lipit Hadap, tindas atas pada bagian tebal dari kain sepanjang lipatan, mengikuti pertemuan garis lipatan. Jangan lupa sematkan jarum pada titik di mana jahit tindas dimulai. Dengan bagian baik kain menghadap ke atas, jahit sepanjang dua atau tiga stik melintasi kedua garis lipatan, tepat pada titik yang sudah ditandai dengan jarum pentul tadi, kemudian tindas hingga ke pinggang. Tindasan selanjutnya dimulai lagi dari titik awal yang telah ditandai, dengan arah yang berlawanan.

 Jahit Tindas Atas Lipit Hadap

Untuk tindas pinggir Lipit Bilah Pisau, kembangkan lipit dan tindas kedua sisi, sedekat mungkin dengan garis lipatan. Jahit dari kelim yang telah selesai ke arah atas. Kedua lipatan boleh ditindas, atau bisa dipilih- tergantung keinginan, bagian dalam atau bagian luar saja.


Jahit Tindas Pinggir Lipit Bilah Pisau
Untuk menerapkan tindas atas dan tindas pinggir sekaligus, pertama-tama yang harus dilakukan adalah melakukan tindas pinggir terlebih dahulu, yang berakhir pada titik di mana tindas atas akan dimulai. Kalau lipit sudah terlanjur dijahit jadi satu pada daerah pinggul ke pinggang, lepaskan beberapa stik jahit sehingga tindas pinggirnya bisa benar-benar berakhir tepat di titik dimana tindas atas dimulai.

Jahit Tindas Atas dan Pinggir Dalam Sebuah Lipit

Menahan Lipit

Pangkas lipit
Kain penahan yang terpisah bisa ditambahkan untuk menahan lipit yang sudah terjahit, di mana bagian atas dari lipatan dalam sudah dipangkas untuk mendukung bentuk pada bagian pinggang. Jelujur ke bawah setiap lipitnya, mengikuti arah lipit yang diinginkan sesuai model.

Pangkas lipit


Gunting kain penahan mengikuti pola, sepanjang dan sedalam area yang akan ditahan, lengkap dengan kampuhnya. Cukup lipat tepi bawah kain penahan ke dalam, karena yang lain akan masuk ke dalam sambungan jahitan.

Tempel kan penahan
buka mesin jahit : http://fitinline.com/article/read/tehnik-dan-variasi-jahit-tindas-pada-lipit-busana-bagian-1#

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang jahit tindas

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang RPP Lengkap Menjahit Busana Wanita Kelas XII SMK Kurikulum 2013

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment