, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mohon di bantu ya..

Mohon di bantu ya..


les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Mohon di bantu ya..

contoh gambar jenis produk kerajinan tekstil beserta komentarnya - 1.Nama jenis produk kerajinan tekstil dan contoh gambarnya..
tolong yaaa..

 Pengertian Seni kriya dan Contohnya

 
Bericara tentang seni kriya berarti sesuatu yang erat hubungannya dengan keterampilan tangan, atau kerajinan yang membutuhkan ketelitian untuk setiap detail karya seni yang akan dihasilkan. Pada umumnya sebuah karya yang dihasilkan oleh seni kriya adalah seni pakai. Seni Kriya sendiri di Indonesia sudah sangat tua sekali ada dari zaman dulu, yang mana seni Kriya ini adalah yang akan menjadi cikal bakal lairnya seni rupa di Indonesia. Contoh sederhana dari seni kriya adalah, batik, relief atau ukir, keramik grafis, sulam, anyaman, cinderamata, hiasan dinding, patung, furniture, tenun, wadah, dll. Lalu apa sebenarnya definisi dari Seni Kriya itu sendiri?. Dibawah ini adalah beberapa pengertian dan asal muasal pengertian seni Kriya, silahkan disimak:

Beberapa definisi dan Pengertian Seni Kriya?


- Kata Kriya sendiri berasal dari bahasa sansakerta yakni "Kr" yang artinya "mengerjakan" yang mana dari kata tersebut kemudian menjadi kata karya, Kriya, kerja. Dalam arti khusus pengertian seni Kriya adalah mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan benda atau objek (Timbul Haryono, 2012).

- Dalam kamus bahasa Indonesia kata "kriya" berarti pekerjaan "kerajinan tangan".

- Sementara dalam bahasa Inggris Kriya berarti "Craft" yang artinya kekuatan atau energi, yang mengandung arrti lain yakni membuat sesuatu atau mengerjakan yang dikaitkan dengan keterampilah atau profesi tertentu

- Seni Kriya disebut juga (Handycraft) yang berarti kerajinan tangan. Yang mana seni kriya ini dapat dikatagorikan sebagai seni terapan (applied art) yang meinitikberatkan pada aspek keindahan dan kegunaaanya. Yang berarti seni kriya ini adalah seni untuk memenuhi kebutuhan manusia yang menonjolkan aspek estetika atau keindahan dan juga use atau keugunaanya untuk kebutuhan sehari-hari.

- Seni Kriya adalah handskill atau seni yang dibuat dengan kerajinan tangan dengan memperhatikan aspek fungsional (kegunaan/siap pakai) tetapi tidak meninggalkan aspek keindahan seni itu sendiri.

- Sementara menurut Rasjoyo, mngutarakan seni kriya adalah suatu karya seni dimana penekanan pengerjaanya terletak pada keterampilan tangan yang menghasilkan sebuah bentuk kerajinan siap pakai.

Dibawah ini adalah beberapa contoh seni kriya:

 
Boneka hasil anyaman hasil seni kriya
 
Wadah tempat untuk alat-alat tulis, pulpen, pensil, dll
 
Ukiran Batik adalah salah satu contoh seni kriya
Ukiran hiasan halaman rumah

Meja dengan ukiran apik hasil dari seni kriya
 
Hiadan dinding terbuat dari kayu
 
Kura-lira dari batok kelapa untuk hiasan lemari atau meja belajar
 
Sandal dengan dihiasi menghasilkan seni kriya yang lucu
 
Hiasan dinding, lukisan, wadah
 
Kursi rotan hasil seni kriya

Gimana, lucu-lucu kan hasil karya seni Kriya? :)

apresiasi seni kerajinan nusantara [download]

buka mesin jahit : http://www.blogmamen.com/2012/08/pengertian-seni-kriya-dan-contohnya.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh gambar jenis produk kerajinan tekstil beserta komentarnya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang "materi prakarya kelas X"

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment