, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Menjahit Tusuk Feston


Cara Menjahit Tusuk Feston

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

Cara Menjahit Tusuk Feston

4 Bagian:Memulai JahitanMenjahit ke Sekeliling TepiMenambah Benang BaruMematikan Jahitan
cara membuat tusuk feston - Tusuk feston biasa digunakan untuk menjahit tepi taplak meja, renda meja, selimut, dll, atau untuk membuat tepi kain, termasuk pakaian. Tusuk feston serupa dengan metode yang digunakan untuk tusuk lubang kancing (buttonhole stitch), tetapi ada jarak lebih jauh antar tusuk dan harus ada kesamaan ukuran tusuk. Tusuk ini cukup mudah dan bisa menjadi proyek yang baik untuk dikerjakan bersama anak-anak!

Bagian 1 dari 4: Memulai Jahitan


    Ingat jahitan biasa ketika menjahit tusuk feston. Tusuk feston berfungsi sebagai dekorasi juga untuk menjahit. Jahitan biasa dengan jarak yang sama akan memberi tampilan yang bagus dan rata.
        Anda juga bisa mengubah tusuk vertikal dengan tampilan yang Anda pilih. Contohnya, Anda bisa menjahit satu tusuk dekat dengan tepi dan tusuk setelahnya lebih jauh dari tepi, kemudian dekat lagi dan seterusnya.
  
    Pilih benang Anda. Karena tusuk feston ini berfungsi sebagai hiasan atau dekorasi, lebih baik memilih benang yang sedikit lebih tebal. Dengan begitu benang akan tampil menonjol dari kain. Warna benang bisa dipilih sesuai selera Anda, yang cocok dengan kain Anda.
  
    Masukkan benang ke dalam jarum dan ikat simpul mati di ujung benang. Masukkan benang ke dalam jarum. Biarkan satu ujung benang panjang dan satunya lebih pendek, sekitar 15-30 cm. Untuk anak-anak, mungkin akan lebih baik untuk menggunakan benang ganda dan ikat kedua ujungnya menyatu. Dengan begitu mereka tidak akan kesal karena benangnya keluar dari jarum.[
    Pilih arah menjahit Anda. Bisa dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri. Banyak yang memilih dari kiri ke kanan walau arah mana pun bisa digunakan dengan baik.

    Tekan jarum menembus kain dari belakang ke depan sekitar 1 cm dari tepi. Gunakan jempol kiri untuk menahan benang sehingga tidak tertarik dari jarum (bila Anda telah mengikat simpul kedua ujung benang cara ini tidak diperlukan lagi). Mulai dari depan ke belakang akan meninggalkan simpul Anda di sisi belakang hingga tidak mudah terlihat.
        Apabila Anda menjahit satu lapis kain, simpul seharusnya di sisi belakang kain Anda.
        Bila Anda menjahit dua lapis kain, simpul seharusnya berada di antara kedua kain hingga tidak terlihat. Setelah Anda selesai menjahit, simpulnya akan berada di dalam dan jahitan akan terlihat lebih rapih.
        Apabila Anda menjahit dari tepi (dua lembar kain dengan kain yang di atas lebih kecil dari yang di bawah) jahitan pertama harus keluar dari pinggiran tepi bawah kain yang di atas.[2]

    Bawa benang di sekeliling tepi kain dan kembali melalui titik yang sama dengan jahitan pertama Anda. Jahitan atau tusuk pertama dan terakhir Anda harus selalu dua lompatan di titik yang sama. Dengan begitu tusuk pertama dan terakhir vertikal seperti yang lain, bukan diagonal.
    
    Tusuk jarum Anda melalui lingkaran yang Anda buat. bila Anda menjahit dari kiri ke kanan, jarum Anda harus ditusuk ke kanan sepanjang kain. Dan sebaliknya bila Anda menjahit dari kanan ke kiri. Ini menjadi jangkar jahitan tetapi bukan tusuk yang sebenarnya.
  

Bagian 2 dari 4: Menjahit ke Sekeliling Tepi


   
    Bergerak sedikit ke kanan (atau ke kiri bila menjahit dari kanan ke kiri) dan masukkan jarum ke ujung atas garis. Benang akan keluar langsung di bawah di garis bawah.
   
    Tarik benang melalui lingkaran yang baru terbentuk. Lingkaran harus berada di bawah benang yang keluar di atasnya. Anda baru saja menyelesaikan tusuk feston pertama Anda! Lanjutkan dengan jahitan berikutnya dengan bergerak ke kanan dan memasukkan jarum di garis ujung atas sekali lagi .
  
    Ketika Anda mencapai sudut, tusuk jarum diagonal ke bawah di seberang sudut. Anda bisa menjahit ke lubang yang sama dengan tusuk sebelumnya atau buat saja lubang di garis diagonal.
   
    Tarik benang melalui lingkaran seperti tusuk feston normal biasa. Setelah menusuk jarum ke bawah, tarik melalui lingkaran seperti ketika Anda menjahit sekeliling tepi. Anda kini telah menyelesaikan tusuk di sudut!
    
    Tusuk benang secara vertikal ke tepi selanjutnya. Tusuk berikut bisa di lubang yang sama seperti tusuk di sudut dan yang terakhir di tepi sebelumnya, atau bisa di lubang baru. Tusuk ini bisa dipilih sesuai keinginan Anda.
 

Bagian 3 dari 4: Menambah Benang Baru


    Tusuk jarum ke bawah seakan Anda memulai tusuk baru tetapi jangan selesaikan tusuk tersebut.
        Apabila Anda menjahit satu lapis kain di sepanjang tepi atau menjahit dalam dari tepi, keluarkan benang di balik kain.
        Apabila Anda menjahit dua lapisan kain sepanjang tepi kemudian tusuk jarum hanya melalui lapisan atas, sehingga benang lebih keluar di antara kedua kain.
   
    Tinggalkan lingkaran yang cukup untuk benang berikut melaluinya. Lingkaran tidak bisa longgar sehingga akan ada benang lebih, atau terlalu ketat sehingga tusuk berikutnya tidak bisa menangkap lingkaran seperti di dalam tusuk feston. Anda bisa menarik benang ke samping agar tertarik rata di ujung tusuk untuk menentukan seberapa longgar yang harus Anda tinggalkan.
  
    Buat simpul yang ketat sepanjang kain. Anda perlu membuat simpul tepat di tepi kain (di sisi belakang atau di antara dua kain) sehingga benang tidak terlalu longgar.
 
    Masukkan benang baru ke dalam jarum. Anda bisa memilih warna berbeda untuk jahitan selanjutnya sebagai variasi atau gunakan warna benang yang sama. Ikat simpul di ujung benang, di ujung benang yang lebih panjang atau menyatukan ke dua ujung dalam satu simpul.

    Mulai menusuk dengan benang lanjutan. Ini akan memulai jahitan dengan benang tambahan Anda.
        Apabila Anda menjahit satu lapis kain di sepanjang tepinya, Anda harus mengikat benang pada simpul di ujung benang lama, sangkutkan keduanya.
        Apabila Anda menjahit dua lapis kain di sepanjang tepinya, benang baru Anda harus mulai di antara dua lapisan dan keluar melalui bagian belakang kain.
        Apabila Anda menjahit ke dalam dari tepi, benang baru Anda harus mulai sama seperti Anda memulai tusuk pertama, dari belakang ke depan sepanjang tepi bawah kain.

    Masukkan jarum Anda dari bawah lingkaran longgar yang Anda tinggalkan dengan benang sebelumnya. Masukkan jarum Anda dari bawah lingkaran sehingga terlihat seperti tusuk atau jahitannya tidak terputus. Ini seperti Anda menyelesaikan bagian kedua dari tusuk feston dasar (menarik benang melalui lingkaran) dengan benang baru Anda.

    Tarik benang dengan kuat dan terus menjahit seperti biasa. Setelah menarik benang, tusuk jarum ke bawah sepanjang garis atas dan tarik melalui lingkaran seperti pada tusuk feston dasar.


Bagian 4 dari 4: Mematikan Jahitan


    Ulangi tusuk melalui lingkaran hingga sampai di ujung kain.

    Hubungkan tusuk terakhir Anda dengan tusuk pertama dengan menusukkan jarum miring di bawah tusuk pertama. Ini menyelesaikan semua tusuk menjahit tepi.
        Apabila Anda menjahit ke dalam dari tepi, Anda tidak perlu tusuk bergeser ke bawah. Anda bisa menusuk jarum ke bawah melalui bagian belakang di sisi kanan tusuk terakhir Anda. Kemudian simpul benang di sisi belakang kain.

    Tusuk benang melalui bagian atas tusuk pertama Anda dan buat simpul di belakang. Ini akan menghasilkan dua benang di garis yang sama dan menyelesaikan jahitan Anda.
        Apabila Anda menjahit dua lapisan kain di sepanjang tepi kemudian jangan tusuk jarum melalui bagian atas tusuk pertama. Lebih baik buat lingkaran dengan benang di bawah tusuk pertama sekali lagi dan sebelum menariknya dengan kuat, tusuk jarum melalui lingkaran untuk membuat simpul. Kemudian tarik dengan kuat.

    Tarik kelebihan benang. Potong benang tersisa agar jahitan Anda terlihat rapi.
        Apabila Anda menjahit dua lapis kain di sepanjang tepinya, Anda bisa menusuk benang di antara kain dan keluar melalui bagian depan sekitar 2,5 cm dari tepi. Kemudian potong benang lebih dekat dengan lapisan atas kain. Tarik benang ke dalam, disembunyikan agar tidak terlihat.

    Tambahkan variasi bila diperlukan. Sekarang setelah Anda menguasai tusuk feston Anda bisa mencoba gaya baru dengan tampilan berbeda. Tusuk feston mungkin beragam seperti berikut:
        Memiringkan jahitan bergantian ke kanan dan kiri
        Buat dua atau tiga tusuk, kemudian beri jarak, kemudian ulangi lagi; atau
        Menjahit baris ke dua di sekeliling tepi kain di atas yang pertama dengan warna benang yang berbeda.
    Iklan

Tips


    Benang tebal biasanya digunakan untuk menjahit tusuk feston karena tusuk ini sendiri sering menjadi elemen dekoratif juga cara untuk menjahit pinggiran kain.
    Ketika menjahit tusuk feston di sekeliling hiasan suatu quilt, jaga jahitan tetap rata dengan menyangkutkan jahitan pada satu titik di belakang desain selimut dan bawa benang ke atas seperti benang baru.
    Variasi tusuk feston antara lain tusuk knotted blanket, knotted edging, dan whipped.
    Coba tusuk ini di sekeliling tepi bantal untuk menghasilkan efek yang bagus.
    Tusuk feston ini cukup mudah untuk dijadikan proyek prakarya yang menyenangkan untuk anak-anak!

Peringatan

    Jarum itu tajam! Hati-hati agar tidak menusuk diri sendiri saat menjahit.



Hal yang Anda Butuhkan

    Jarum
    Benang
    Selimut atau proyek menjahit serupa

sumber : http://id.wikihow.com/Menjahit-Tusuk-Feston

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat tusuk feston

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang   PROSES PEMBUATAN CORONG, HOPPER, DAN TUTUP PIRINGAN PADA MESIN PERAJANG SINGKONG

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment