, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

MENGENAL TEKSTIL


MENGENAL TEKSTIL

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
MENGENAL TEKSTIL

cara membuat tekstil dengan menyulam - Tekstil adalah bahan yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kain untuk membuat busana atau kerajinan lainnya.Tekstil juga dapat diartikan sebagai material fleksibel yang terbuat dari tenunan benang.Tekstil dibentuk dengan cara menyulam,menjahit,mengikat dan dengan cara pressing.Istilah tekstil dalam kehidupan sehari-hari sering disamakan dengan istilah kain.Namun ada perbedaan antara keduanya.Tekstil dapat digunakan untuk menyebut apapu yang terbuat dari tenunan benang.Sedangkan kain merupakan hasil jadinya yang sudah bisa digunakan.

Pada umumnya tekstil dikelompokkan menurut jenisnya sbb:





Berdasarkan jenis produk atau bentuk atau bentuknya:searat filamen,benang,kain.
Berdasarkan jenis bahannya:serat alam,serat sintesis dan serat campuaran
Berdasarkan jenis warna atau motif:putih,berwarna,bermotif/bergambar
Berdasarkan jenis kontruksinya:tenun,rajut renda

Klasifikasi Tekstil


    Metode Anyaman


Kain yang dibuat dengan metode anyaman menggunakan proses pertenunan.Proses penganyaman dilakukan dilakukan antara benang lusi dan pakan yang letaknya saling tegak lurus satu sama lain.Hasilnya kelak adalah berupa kain tenun.Alat yang lazim digunakan pada metode anyaman antara lain gedogan yang dijalankan dengan tangan dan atau alat tenun mesin.

    Metode Jeratan

Metode jerata biasanya menggunakan proses merajut.Pembuatan jeratan pada benang menggunakan alat berupa jarut berkait/berlidah dan hasilnya disebut kain rajut.Kain rajut bersifat elastis,mudah merenggang dan berlubang.

    Metode Jalinan

Kain yang dibuat dengan metode jalinan menggunakan sejumlah proses diantaranya merenda,netting dan lace.Hasilnya dibuat kain renda.

    Metode Kepangan


Proses yang digunakan dalam metode kepangan adalah dengan melakukan penganyaman tiga helai atau lebih.Bahan benang dapat diganti pita kain.Hasilnya berupa helai pita atau pita tabung atau tali sepatu.

Tahap-Tahap Desain


    Desain awal/Pra Desain


Rancangan awal desain biasanya hanya berupa beberapa skets dengan beberapa alternatif motif dan warna yang akan dipilih.

    Desain Pengembangan/Developing Desain


Sesudah ada yang terpilih dari pra desain maka langsung diproses lengkap menjadi desain utuh dengan beberapa alternatif lain untu dipilih.

    Desain Akhir


Sesudah ada yang di pilih dari developing desain maka ditambah atau dikurangi sesuai dengan keinginan konsumen lalu dibuatkan color way-nya serta model sehingga menjadi port folio.

Unsur-Unsur Tekstil
Beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam membuat desain tekstil;

    Ide
    Motif
    Warna
    Teknik
    Ukuran
    Step dan Repeat
    Joint
    Color Window
    Drapping Model
    Prestasi


buka mesin jahit : http://jenistekstil.blogspot.com/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat tekstil dengan menyulam

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Mengenal Fashion Design

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment