, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tugas KWH

 Tugas KWH

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Tugas KWH

1. Pengertian Desain Produk Kerajinan Tekstil

aneka hasil kerajinan tekstil - Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utama. Desain merupakan langkah awal dalam mewujudkan suatu karya seni, dan desain merupakan rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan atau penciptaan karya seni. Dengan demikian desain dapat diartikan sebagai suatu rancangan gambar yang nantinya dilaksanakan dengan tujuan tertentu yang berupa susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur. Jadi, Desain Produk Kerajinan Tekstil adalah rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan atau penciptaan karya seni yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utamanya.

2. Aneka Karya Kerajinan Tekstil di Nusantara


1. Karya Batik



Gambar 4 menunjukkan batik dari Surakarta. Ragam hias batik tersebut dinamakan parang seling naga. Sebagaimana kebanyakan ragam hias batik Surakarta, batik tersebut bercorak geometris. Ciri batik Surakartayang lain yaitu warna-warnanya yang kalem, dan monoton.

Lain halnya Gambar 5. Gambar 5 menunjukkan batik dari Garut, ragam hias batik tersebut dinamakanmerak ngibing. Batik dari Garut termasuk batik pesisir. Sebagaimana kebanyakan ragam hias batik pesisir, batik tersebut tampak naturalis, berwarna cerah, dan memiliki motif yang bervariatif.


2. Tas Daun Sagu dan Tenun Ulap Doyo

 
Gambar 6 menunjukkan tas daun sagu. Tas daun sagu banyak dibuat di Papua, sebab di Papua daun sagu melimpah. Tas daun sagu dibuat dengan teknik menganyam. Keistimewaan tas daun sagu terletak pada bahannya yang bersifat alami, serta motif-motif anyaman yang geometris.
Perhatikan juga kain tenun pada Gambar 7. Kain tenun merupakan hasil kerajinan dari Kalimantan Timur. Keistimewa an kain ini terletak pada bahan baku serta motifnya. Kain tenun ini dibuat dari serat ulap (daun)doyo, oleh karena itu dinamai tenun ulap doyo. Motif-motifnya kebanyakan berupa figur manusia, burung enggang, dan motif-motif khas Kalimantan Timur lainnya.


3. Kerajinan Roncean

 
Kedua gambar di atas menunjukkan hasil karya kerajinan roncean, yaitu tempat pensil dan anjat (tas tradisional Kalimantan Timur). Kerajinan roncean diminati oleh wisatawan sebagai cenderamata. Keistimewaan kerajinan roncean dari Kalimantan Timur terletak pada bahan, teknik, dan motifnya. Benda pakai seperti tempat pensil, dompet, dan anjat dibuat dari manik-manik berwarna-warni dengan ukuran yang sangat kecil. Untuk merangkainya diperlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Kendati manik-manik yang dirangkai sangat kecil, namun ke rajinan manik-manik Kalimantan Timur tetap tampil dengan motif-motif geometris yang rumit dan indah. Motif pada kerajinan manik-manik kebanyak an mengambil motif tradisional daerah setempat yang biasa diterapkan juga pada ukiran dan kain.


3. Fungsi Karya Kerajinan Tekstil

a. Karya kerajinan benda pakai
Kerajinan benda pakai meliputi segala
bentuk kerajinan yang dipakai sebagai alat, wadah, atau dikenakan pada tubuh manusia. Contoh benda (karya) pakai antara lain berupa pakaian, tas, sepatu, sandal, kain sprei, ikat pinggang, dompet, dan peralatan makan.
b. Karya kerajinan benda hias

Kerajinan benda hias meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk dipajang atau digunakan sebagai hiasan. Contoh benda hias, gantungan kunci, peplika kue, dan bingkai foto yang terbuat dari kerajinan flanel.

buka mesin jahit : http://sabilayola.blogspot.com/2013/10/tugas-kwh.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang aneka hasil kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Karya Kerajinan Tekstil Modern Dan Tradisional

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment