, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

1.Mencatat Pelanggan & Pemasok

1.Mencatat Pelanggan & Pemasok

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
1.Mencatat Pelanggan & Pemasok

langkah langkah pembuatan pemasok ( supplier ) - Pelanggan (customer) adalah pihak yang membeli barang dagang kita. Sedangkan pemasok (supplier) adalah pihak yang menjual barang dagang yang kita beli. Karena seringnya terjadi transaksi dengan suplier dan customer maka sebaiknya dibuat suatu database untuk menyimpan customer dan suplier tersebut. Data ini nantinya akan berhubungan dengan Utang (dengan suplier) dan piutang (dengan customer).

Langkah pertama adalah mengatur setting File baru, bila belum jelas, anda bisa mempelajari Setting awal Myob pada postingan terdahulu. Setelah anda berada di halaman awal Myob, maka langkah berikutnya adalah Mencatat Data Pelanggan (Customer) dan Data Pemasok (Supplier). Langkahnya adalah sebagai beikut :

    Klik Card File, kemudian Klik Card List.
    Setelah itu Pilih bagian Customer atau Supplier
    Untuk mengisi data Customer, Pilih bagian Customer, jika yang di isi data Supplier, maka pilih juga Supplier. Cara Pengisian data dari keduanya hampir sama.
    Sebagai contoh mengisi Customer, Pastikan yang aktif adalah Bagian Customer dan klik New, maka akan tampil gambar dibawah ini.
    Kemudian isi
    Name :  Toko.ABC  (nama Customer), kemudian Enter
    ID :  C01              (kode customer)
    Kemudian isi alamat, Kota dan data-data lain jika ada, atau tidak di isi semua juga tidak apa-apa, yang penting Name dan ID yang harus di isi. Kemudian Klik OK.
    Lalu klik New kembali untuk mengisi data Customer berikutnya. Silahkan masukkan menurut anda sendiri dan untuk Kode Customer di urutkan saja yaitu C02 dan seterusnya.
    Setelah selesai semuanya, maka isi data  Supplier. Caranya klik Bagian Supplier dan klik New
    Isi data, misalnya
    Name :  Toko.Riman  (nama Supplier), kemudian Enter
    ID :  S01              (kode Supplier)
    Kemudian isi alamat, Kota dan data-data lain jika ada, atau tidak di isi semua juga tidak apa-apa, yang penting Name dan ID yang harus di isi. Kemudian Klik OK.
    Tambah data Suppler menurut keinginan anda.“Selamat mencoba”

sumber : https://masprim.wordpress.com/perusahaan-dagang-perfectual/1-mencatat-pelanggan-pemasok/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang langkah langkah pembuatan pemasok ( supplier )

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     Macam Macam Jenis Usaha

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment