, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

teknik-teknik blazer

teknik-teknik blazer


les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
teknik-teknik blazer

STUDI TENTANG TEKNIK PEMBUATAN BLAZER DI JABER TAILOR UNTUK UKURAN S, M, L, XS DAN XXL





Kata Kunci: Pembuatan Blazer di “JABER Tailor”, 5 Ukuran S, M, L, XS dan XXL, Fitting Factor



teknik-teknik blazer-Pembuatan blazer di “JABER Tailor” memiliki sebelas langkah kerja, yaitu : mengukur badan, membuat pola, meletakkan pola di atas bahan dan memberi kampuh, memotong bahan, merader atau memindahkan tanda-tanda pola, mengobras lengan dan sisi, pressing bahan pengeras pada bahan utama, menjahit bagian-bagian blazer finishing, trimming dan pressing. Teknik pembuatan blazer di “JABER Tailor” lebih praktis dan mudah diingat daripada sistem The Bodice Block, dan sistem J.H Myeneke. Blazer sistem “JABER Tailor” diujicobakan pada lima ukuran costum size S, M, L, XS, dan XXL dari rentang ukuran standar di “JABER Tailor”.

Fitting factor atau titik pas blazer menggunakan Fitting factor atau titik pas menurut Bapak Munawir yaitu pemilik sekaligus pengelola “JABER Tailor” ada dua puluh dua fitting factor yang dinilai yaitu :  punggung atas, panjang bahu, panjang lengan, lingkar lengan bawah,  lingkar badan, lingkar pinggang, tinggi panggul, lingkar panggul, lebar muka, panjang muka, lebar punggung, panjang blazer, panjang vuring, bentuk garis princess, posisi kerah, bentuk kerah, posisi saku paspoille, lebar saku paspoille, jarak kancing paspoille, lebar lubang kancing, ketepatan lengan, bentuk lengan.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan teknik pembuatan blazer menggunakan sistem “JABER Tailor” dengan menggunakan lima ukuran costum size S, M, L, XS, dan XXL dari rentang ukuran standar di “JABER Tailor”. Ditinjau  dari Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dalam pengecekan data peneliti menggunakan triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Triangulasi data digunakan peneliti untuk mencari sumber data tentang pembuatan blazer langsung dari pemilik sekaligus pengelola “JABER Tailor”. Triangulasi teknik yang digunakan peneliti untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi untuk mencari lokasi dan teknik pembuatan blazer, wawancara untuk proses pembuatan blazer dan dokumentasi untuk proses pembuatan blazer dan fitting factor.

Teknik pembuatan blazer pada lima ukuran menggunakan sistem ”JABER Tailor” secara keseluruhan tepat, namun ada tiga proses yang kurang tepat. Bentuk pola bagian pinggang dan panggul yang seimbang dan bagus sehingga cocok untuk segala ukuran. Hasil fitting factor yang dinilaikan pada tiga panelis secara keseluruhan tepat, namun pada bagian lingkar pinggang kurang tepat karena garis pinggang pada bagian muka naik ± 2 cm karena tertarik payudara, namun pada bagian sisi pas,  dari kesimpulan tersebut menunjukkan bahwa pembuatan blazer menggunakan sistem di “JABER Tailor” sangat cocok untuk segala ukuran.


sumber : http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/TIBusana/article/view/29963

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang teknik-teknik blazer


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang pola dan ukuran hem anak l

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment