, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Media Visual

Media Visual

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Media Visual


Setyosari,( 2005: 148)Media Visual (media pandang atau lihat) media visual
mengandalkan indera penglihatan, digunakan untuk membantu indera penglihatan pada saat menerima mata pelajaran,misalnya : gambar, diagram, pet (globe),slide film.Yudhi Munadi, (2008) Media Visual(media lihat) adalah media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera penglihatan.


Dari pendapat diatas dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa media visual adalah media yang menggunakan indera penglihatan, untuk berinteraksi pada siswa pada saat menerima mata pelajaran misalnya gambar, diagram, peta, slide film dan film bisu.


Menurut Azhar (2009) ada beberapa faktor yang menghambat perkembangan kemampuan seseorang untuk menggunakan media pembelajan visual, yaitu:



1. Asumsi bahwa menggunakan media itu repot.
2. Menganggap media itu canggih dan mahal.
3. Tidak bisa menggunakan media yang ada.
4. Asumsi bahwa media itu hiburan, memperkecil kemungkinan anak tetap konsentrasi terhadap pelajarannya.
5. Tidak tersedianya media pembelajaran visual.
6. Kebiasaan menikmati ceramah/bicara tanpa media visual.

Jadi, seseorang yang paling tepat untuk menggunakan media pembelajaran visual adalah seseorang yang tidak memiliki sifat menghambat seperti yang disebutkan diatas.

Kebaikan Penggunaan Media Pembelajaran Visual


1. Menarik


Salah satu keuntungan penggunaan media pembelajaran visual adalah, bentuknya
dapat dibuat semenarik mungkin, agar anak tertarik untuk mempelajarinya.Misalnya dalam media jenis gambar atau proyeksi, media tersebut dapat dibuat dengan menambahkan animasi, warna yang membangkitkansemangat, dan lain-lain.Sedangkan untuk Media yang berupa model, dapat diwarnai dan dibentuk semirip mungkin dengan yang asli sehingga mudah diingat.

2. Lebih mudah diingat


Seperti yang telah dibahas diatas, bentuk nyata, gambar, atau gambar bergerak akan lebih mudah diingat oleh para peserta didik. Apabila dibandingkan dengan media pembelajaran yang hanya berupa text book, para peserta didik akan sedikit kesulitan untuk mengingatnya.

3. Variatif


Karena jenisnya yang beragam, pendidik dapat menggunakan semua jenis media
visual yang ada.Hal ini dapat menciptakan sesuatu yang variatif, dan tidak membosankan bagi para peserta didiknya.

4. Dapat melibatkan anak untuk menggunakannya


Maksudnya disini, apabila media pembelajaran visual yang digunakan adalah media pembelajaran non proyeksi, para peserta didik dapat dengan langsung menyentuh dan belajar menerangkannya juga.


Keburukan Menggunakan Media Pembelajaran Visual


1. Sulit dibawa bawa

Beberapa media pembelajaran visual yang memiliki ukuran besarcukup menyulitkan
untuk dibawa kesana-kemari. Begitu pula untuk menyajikan media pembelajaran visual yang diproyeksikan, tentu membutuhkan banyak benda-benda penunjang yang cukup merepotkan utnuk selalu dibawa-bawa

2. Membutuhkan listrik

Untuk media pembelajarn visual yang diproyeksikan, harus membutuhkan listrik.Hal ini cukup merepotkan apabila terjadi gangguan di sumber listrik, dan cukup membahayakan apabila tidak digunakan dengan hati-hati.

3. Apabila dipakai oleh murid-murid, kemungkinan cepat rusak

Salah satu keuntungan dari media pembelajaran visual adalah dapat digunakan jugaoleh peserta didik.Namun, dari keuntungan ini, muncul kerugian juga, karena apabila digunakan dengan banyak orang, media yang digunakan dapat menjadi cepat rusak.


0 komentar:

Post a Comment