PERAN PERIKLANAN DALAM PROMOSI USAHA BUSANA |
PERAN PERIKLANAN DALAM PROMOSI USAHA BUSANA
Upaya promosi usaha busana memerlukan orang-orang yang berjiwa
entreprenurship, sehingga dapat mencari peluang pemasaran yang signifikan. Salah
satu upaya yaitu dengan jenis periklanan yang tepat, yang dapat memikat segmen
pasar yang menjadi sasaran pengusaha. Media iklan akan berhasil apabila ditunjang
oleh kualitas produksi yang memadai, pelayanan yang memuaskan dan harga dapat
bersaing dengan pengusaha yang lain. Iklan diperlukan apabila produksi busana
sudah mapan dengan harapan konsumen, sehingga iklan akan lebih mengikat hati
pelanggan.
Dalam periklanan akan terkait dengan fashion forecasters yang mempunyai
kontribusi untuk perencanaan periklanan. Fashion forecasters harus dapat
meramalkan trend mode. Dikemukakan oleh Gini Stephen Frings (1987 : 56)
Fashion forecasters must do all of the following :
Decide which fashions are prophetic
Estimate which segment of the market will accept a particular fashion
Determine at what time these fashions will be acceptable to target customers.
Selanjutnya fashion forecaster yang mempunyai kemampuan meramalkan
trend mode, akan memberi masukan pada fashion stylist yang akan mengkreasi
busana untuk diproduksi dan akan bekerjasama dengan fashion director. Ketiga
bidang ini harus bekerja sama untuk memberi masukan pada bagian periklanan. Tim
iklan perlu memiliki pola perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta pengembangan
iklan. Tim iklan ini harus cukup kreatif agar apa yang ditampilkan dapat mempunyai
peran tersendiri untuk menggugah hati para konsumen. Iklan akan sangat
berperan apabila apa yang ditampilkan juga sesuai dengan realita produk yang
ditawarkan. Jadi kedua sisi itu yaitu tampilan iklan yang menarik, menggugah hati
dan produk yang sesuai dengan yang ditawarkan atau dengan kata lain produk juga
berkualitas.
Periklanan dapat menunjang promosi perusahaan apabila dirancang secara
cermat, tepat sasaran dan didukung oleh produk yang sesuai dengan apa yang
dituangkan dalam iklan. Periklanan dapat berperan dalam promosi perusahaan busana
khususnya, apabila dirancang dengan tepat sasaran, dilaksanakan sesuai program,
kemudian periklanan ini pun perlu dievaluasi dan juga pada periode tertentu
dikembangkan agar tidak membosankan pembaca atau pemirsa.
DAFTAR PUSTAKA
Arifah A. Riyanto. 2003. Teori Busana. Bandung : YAPEMDO.
Artini Kusmiati R, Sri Pudjiastuti, Pamudji Suptandar. 1999. Disain Komunikasi
Visual. Jakarta : Penerbit Djambatan.
Frings, Gini Stephen. 1987. Fashion From Concept to Consumer. New Jersey :
Printice-hall., Englewood Cliffs.
Gibson, Rowan. (Ed). Dengan Pengantar Heide dan Alwin Toffler. 1998. Rethingking
The Future (Memikirkan Kembali Bisnis, Prinsip, Persaingan, Kontrol dan
Kompleksitas, Kepemimpinan, Pasar dan Dunia). Jakarta : PT. Gramedia
Pustaka Utama.
Goschie, Susan. 1986. Fashion Direction And Coordinate. USA : Macmillan, Inc.
Haryokoesoemo, F. 1977. Kursus Lengkap Tentang Reklame. Bandung : Vicanata.
Kustadi Suhandang. 2005. Periklanan, Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung :
Penerbit Nuansa.
0 komentar:
Post a Comment