Pengertian / Arti Definisi Lokasi Perusahaan
Pengertian / Arti Definisi Lokasi Perusahaan |
Lokasi Perusahaan adalah suatu tempat di mana perusahaan itu melakukan
kegiatan fisik. Kedudukan perusahan dapat berbeda dengan lokasi perusahaan,
karena kedudukan perusahaan adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan.
Contoh bentuk lokasi perusahaan adalah pabrik tempat memproduksi barang.
Ada dua hal penting menyangkut lokasi yang akan dipilih, yaitu:
1. Lokasi perkantoran, disebut tempat kedudukan.
2. Lokasi perusahaan, disebut tempat kediaman.
Pentingnya Lokasi yang Strategis
Dalam pemilihan lokasi yang strategis perlu memperhatikan beberapa
pertimbangan dalam memutuskannya. Hal- hal yang yang perlu diperhatikan :
1. Kedekatan Kepada Pasar
Bagi banyak perusahaan, sangat penting untuk berada dilokasi yang dekat
dengan pelanggan. Terutama organisasi jasa seperti toko obat, kantor pos, atau
pencukur rambut, yang mendapati bahwa kedekatan dengan pasar merupakan
faktor yang utama. Perusahaan manufaktur mendapati bahwa sangat berguna
jika berdekatan dengan pelanggan disaat biaya pengiriman barang jadi mahal
atau sulit ( mungkin disebabkan produk yang dikirim banyak, berat atau
mudah pecah ). Sebagai tambahan dengan trend menuju produksi yang just-in
–time, pemasok menginginkan lokasi yang dekat pada pelanggan untuk
mempercepat proses pengiriman. Misalnya pada perusahaan Coca-cola, yang
kandungan dasar produknya berupa air, sangat beralasan untuk memiliki
pabrik pengemasan dalam botol di banyak kota dari pada mengirimkan
container yang berat.
Kedekatan Kepada Pemasok
Perusahaan menempatkan diri dekat dengan bahan mentah dan pemasok
disebabkan oleh:
Barang-barang yang mudah menjadi busuk
Biaya transportasi, atau
Jumlah produk yang sangat banyak
Para penghasil roti, susu, sayuran dan makanan laut beku berhubungan dengan
bahan mentah yang mudah busuk, sehingga mereka sering kali berlokasi
dekat kepada pemasok. Perusahaan yang bergantung kepada input yang
berupa bahan mentah yang berjumlah sangat banyak ( seperti produsen baja
yang menggunakan batu bara dan bijih besi ) harus membayar biaya
transprtasi yang pada proses produksinya terdapat pengurangan dalam partai
besar seperti pabrik pemotong kayu yang berlokasi di daerah barat laut
terletak dekat dengan hutan penghasil kayu) biasanya perlu dekat dengan
bahan mentah.
3. Kedekatan Kepada Pesaing
Mungkin terasa mengagetkan, perusahaan yang senang berdekatan dengan
pesaingnya. Trend ini, disebut sebagai clustering, sering terjadi bila sumber
daya utama ditemukan diwilayah tersebut. Sumber daya ini meliputi sumber
daya alam berupa tanah dan iklim mendorong para pembuat anggur untuk
berkumpul di Napa Valley di Amerika dan wilayah Bordeaux di Perancis.
Suber daya berupa bakat menarik perusahaan.
Hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi usaha adalah :
1. Tidak pindah, tetapi meluaskan fasilitas yang ada
2. Mempertahankan lokasi sekarang, selagi menambah fasilitas lain di tempat
lain , atau
3. menutup fasilitas yang ada dan pindah ke lokasi lain.
Akibat yang ditimbulkan dari faktor-faktor yang mempengaruhi adalah akan
menekan biaya produksi , melaancarkan kegiatan usaha.
0 komentar:
Post a Comment