, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SEKILAS TENTANG SULAM PITA

SEKILAS TENTANG SULAM PITA

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
SEKILAS TENTANG SULAM PITA


Sempatkah Anda memikirkan bagaimanakah rangkaian bunga yang indah dapat menghiasi baju yang Anda gunakan? Bila Anda suka pada bunga serta tanaman, coba tuang keindahan bunga lewat cara menyulam dengan pita atau benang. Sulaman Pita atau ribbon embroidery telah di kenal mulai sejak pertengahan era 17, di mana ketika itu Sulaman Pita bukan sekedar dipakai untuk hiasi baju namun juga untuk hiasi tas tangan, kerudung, selendang, payung, sarung bantal kursi serta beragam peralatan rumah tangga. Saat ini Motif Sulam Pita lebih variatif searah dengan berkembangnya bahan, warna serta corak Kain Sulam dan pita.

Pengertian Sulam Pita


Sulaman pita yaitu salah satu tehnik hiasi kain lewat cara menjahitkan pita dengan cara dekoratif ke atas benda/Kain Sulam Pita yang bakal dihias hingga terbentuk satu design hiasan baru dengan memakai beragam jenis tusuk-tusuk hias.

Ciri-Ciri Sulaman Pita

Adapun tanda-tanda sulaman pita yaitu :
Ø Memakai pita dengan beragam type serta ukuran
Ø Memberi dampak tiga dimensi pada benda semakin besar lantaran ukuran pita yang lebih besar
Ø Hasil sulaman pita/Kain Sulam Pita lebih dekoratif lantaran bahan pita yang lebih bermacam.
Sedang sulaman benang memiliki tanda-tanda seperti berikut :
Ø Memakai benang sulauntukmenyulam
Ø Memberi dampak tiga dimensi lebih kecil, lantaran benang sulam lebih kecil
Ø Hasil sulaman benang lebih kecil serta terkesan lembut
Sulaman Kain yaitu salah satu ketrampilan yg sangatlah bermanfaat buat kita. baik cuma untuk pengisi waktu senggang maupun unutk menaikkan pendapatan.


SEKILAS TENTANG BORDIR



Bordir atau sulaman yaitu hiasan yang di buat diatas kain atau beberapa bahan lain dengan jarum jahit serta benang. Terkecuali benang, hiasan untuk sulaman atau bordir bisa memakai beberapa bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, serta payet.
Diantara type tusukan yang umum di kenal dalam menyulam yaitu tusuk rantai, tusuk jelujur, tusuk kelim, serta tusuk silang. Terkecuali dijahit dengan tangan, sulaman di buat dengan mesin jahit serta Mesin Bordir computer.
Kain serta benang yang digunakan untuk seni bordir berlainan menurut tempat serta negara. Mulai sejak beberapa ribu th. waktu lalu, kain atau bedang dari wol, linen, serta sutra telah digunakan untuk bikin sulaman. Terkecuali benang dari wol, linen, serta sutra, sulaman moderen memakai benang sulam dari katun atau rayon.
Sulam pita yaitu sulaman yang memakai pita beragam ukuran serta bahan untuk bikin motif-motif bunga. Pita berikan dampak tiga dimensi lantaran ukuran pita semakin besar dari benang. Hasil sulaman pita juga lebih dekoratif lantaran bahan pita yang lebih bermacam.

Hasil akhir sulaman bisa dibedakan jadi :

Sulam datar : hasil sulaman rata dengan permukaan kain
Sulam terawang (kerawang) : hasil sulaman berlubang-lubang, umpamanya untuk taplak meja serta pinggiran kebaya
Sulam muncul : hasil sulaman membuat gelombang di permukaan kain sesuai sama lekuk gambar.
Type
Sulam bebas atau sulam benang
Dalam sulam benang, benang dijahit diatas kain dengan meremehkan pola tenun kain. Tehnik sulam seperti ini digunakan dalam sulam wol seperti bordir tradisional Cina serta Jepang.
Sulam kalkulasi jahitan
Sulaman di buat sembari mengkalkulasi jumlah jahitan yang di buat. Sulaman dikerjakan diatas kain tenunan sejajar seperti kain kanvas, kain aida, kain strimin, serta kain linen. Type sulaman yang termasuk juga sulam kalkulasi jahitan yaitu kruistik, sulam Assisi, needlepoint, serta blackwork.

0 komentar:

Post a Comment