, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

MACAM-MACAM POLA BUSANA

MACAM-MACAM POLA BUSANA

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
MACAM-MACAM POLA BUSANA



Pola basic yaitu pola yang masih tetap asli, belum alami pergantian. Pola yang di buat menurut ukuran tubuh atau anggota tubuh tanpa ada alami pergantian.
Beberapa macam pola basic :
1. Pola basic tubuh
2. Pola basic lengan
3. Pola basic rok
4. Pola basic celana pria, wanita
5. Pola basic kerah.

Terdapat banyak jenis pola yang bisa dipakai dalam bikin baju, salah satunya adalah pola konstruksi serta pola standard. Semasing pola ini digambar lewat cara yang tidak sama, mempunyai keunggulan serta kekurangan semasing, untuk lebih detilnya bakal di jabarkan satu persatu :

1. Pola Konstruksi



Pola konstruksi yaitu pola basic yang di buat berdasar pada ukuran tubuh sipemakai, serta digambar dengan perhitungan dengan cara matematika sesuai sama system pola konstruksi semasing.
Pembuatan pola konstruksi lebih rumit daripada pola standard selain itu juga membutuhkan saat yang lebih lama, namun akhirnya tambah baik serta sesuai sama bentuk badan sipemakai. Terdapat banyak jenis pola konstruksi diantaranya : pola system Dressmaking, pola system So-en, pola system Charmant, pola system Aldrich, pola system Meyneke dan sebagainya sebagainya. 

 Keuntungan serta kekurangan dalam memakai pola konstruksi :

1. Keuntungan pola konstruksi
a. Ukuran serta bentuk pola sesuai sama bentuk tubuh
b. Bisa dipakai untuk bikin beragam jenis sesuai sama desain
c. Kemungkinan kekeliruan kecil, jika pola di buat dengan jeli serta cermat.
2. Kekurangan pola konstruksi
a. tak praktis, pola di buat mesti mengukur seorang.
b. Membutuhkan banyak saat serta tenaga.
c. Cuma bisa dipakai untuk satu orang yang sudah diukur.

2. Pola standar



Pola standard yaitu pola yang di buat berdasar pada daftar ukuran umum atau ukuran yang sudah distandarkan, seperti ukuran Small (S), Medium (M), Large (L), serta Extra Large (XL). Pola standard didalam penggunaannya terkadang dibutuhkan penyesuaian menurut ukuran sipemakai. Bila sipemakai bertubuh gemuk atau kurus, mesti sesuaikan besar pola, bila sipemakai tinggi atau pendek dibutuhkan penyesuaian panjang pola. Sesuaikan pola standard tidak bisa dikerjakan dengan cuma memperkecil pada segi tubuh atau pada segi rok, atau menggunting di bagian bawah pola, pada pinggang atau sisi bawah rok, lantaran hal itu bakal bikin bentuk pola tak seimbang atauakan mengakibatkan bentuk pola tak sesuai sama proporsinya semasing. Langkah yang paling gampang serta cepat untuk sesuaikan pola standard, yaitu dengan langkah tahu ukuran tubuh sendiri serta pilih pola standard yang ukurannya nyaris mendekati dengan ukuran tubuh dengan mempedomani ukuran lingkar tubuh, lalu bikin daftar ukuran tubuh seorang serta ukuran pola standard berbentuk tabel. Daftar ukuran itu adalah beberapa ukuran yang di ambil dari tubuh seorang (ukuran sesungguhnya). Untuk seorang yang baru belajar sesuaikan pola standard, cukup memakai ukuran yang utama, umpamanya ukuran lingkar tubuh, lingkar pinggang, panjang muka serta panjang punggung.
Disamping hal diatas seorang yang mau sesuaikan pola standard dengan
ukurannya, harus bisa pilih pola yang ukurannya mendekati dengan ukuran tubuhnya.

0 komentar:

Post a Comment