, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Keterangan Tanda Pada Pola

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Keterangan Tanda Pada Pola

Keterangan Tanda Pada Pola





Dibandingkan pembuatan pola sistem drapping, pola busana dengan
sistem konstruksi lebih rumit, oleh sebab itu perlu memperhatikan tanda-tanda
yang ada pada pola untuk mempermudah kita dalam memahami dan membuat
pola busana. Berikut tanda-tanda pada pola yang perlu diperhatikan dalam
membuat pola busana sistem konstruksi:
1. Garis pensil hitam = garis pola asli
2. Garis merah (Pensil merah) = Garis
pola menurut badan depan
3. Garis biru (Pensil biru) = Garis pola
menurut badan belakang
4. Garis Hijau (pensil/bolpen/spidol) =
Garis untuk yang tidak jelas pola-pola batas
antara pola depan dan belakang misalnya
pola lengan, manset atau ban pinggang
5. ………………… Titik-titik = Garis
Pertolongan, dengan warna pensil menurut
bagiannya ( depan: merah, belakang: biru)
6. Strip titik strip titik = Garis lipatan,
dengan warna pensil menurut bagiannya (
depan: merah, belakang: biru)
7. ------------------- Strip strip strip = garis rangkaian (belegstug)
8. Garis penan hitam = garis tempat lipit atau
pola perlu digunting untuk
dilebarkan/dikerut.
9. TM Tengah Muka
10. TB Tengah Belakang
11. Pt Potong
12. Siku-siku
13. Tanda panah 2 arah = tandah arah
benang/serat kain



Berdasarkan uji hipotesis statistik tidak ada pengaruh bahan ajar terhadap
kualitas hasil belajar pada mata kuliah pola konstruksi pada progam studi
tata busana, tetapi ada peningkatan nilai pada post test yang di berikan

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hasil belajar mahasiswa adalah
faktor internal (kesehatan mahasiswa, intelegensi mahasiswa, sikap
mahasiswa, bakat mahasiswa, minat mahasiswa), faktor eksternal
(lingkungan sosial, lingkungan nonsosial), dimana faktor bakat mahasiswa
merupakan faktor yang paling dominan dan faktor pendekatan belajar.
Faktor lingkungan nonsosial merupakan faktor eksternal dengan perolehan
persentase terendah dibandingkan dengan yang lainnya.



Berdasarkan uji hipotesis statistik tidak ada pengaruh bahan ajar terhadap
kualitas hasil belajar pada mata kuliah pola konstruksi pada progam studi
tata busana, tetapi ada peningkatan nilai pada post test yang di berikan


Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hasil belajar mahasiswa adalah
faktor internal (kesehatan mahasiswa, intelegensi mahasiswa, sikap
mahasiswa, bakat mahasiswa, minat mahasiswa), faktor eksternal
(lingkungan sosial, lingkungan nonsosial), dimana faktor bakat mahasiswa
merupakan faktor yang paling dominan dan faktor pendekatan belajar.
Faktor lingkungan nonsosial merupakan faktor eksternal dengan perolehan
persentase terendah dibandingkan dengan yang lainnya.



DAFTAR PUSTAKA




Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
---------------------. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
---------------------. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
---------------------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Depdikbud. 1991. KKBI. Jakarta: Depdikbud
------------. 1999. KBBI. Jakarta: Depdikbud
Djati Pratiwi, dkk. 2001. Pola dan Pecah Pola Busana. Yogyakarta:
Kanisus
Harijanto, Mohamad. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Unruk
Peningkatan KualitasPembelajaran Progam Pendidikan
Pembelajaran Sekolah Dasar. Atikel Ilmiah: UPBJJ Surabaya
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT
Rosdakarya
Munib, Achmad. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES
Press
Natalia, Ivana. 2005. Perbedaan Hasil Gaun Pengantin dengan
Menggunakan Pola Drapping dan Pola Dasar Meyneke
untuk Model Empire, Basque dan Princess. Skripsi.
Universitas Negri Semarang
Porry Muliawan.1997. Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta. PT BPK
Gunung Mulia


------------------.2006. Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta. PT BPK
Gunung Mulia
------------------.2012. Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta. PT BPK
Gunung Mulia
Purwanto, N. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Setyowati, Erna.2006. Konstruksi Pola Busana Wanita. Semarang:
UNNES
Slemeto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya.
Rosdakarya: Jakarta
Soekarno.2009. Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat
Dasar.Jakarta: PT. Garamedia Pustaka Utama.
Sudijono, Anas: 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada
Sudjana, Nana.2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Sinar Baru Algensindo
-----------------.2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sunendar, Dadang dan Wassid, Iskandar. 2008. Strategi Pembelajaran
Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pengantar Baru.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Wancik, M.H. 2003. Bina Busana Pelajaran Menjahit Pakaian Pria.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

0 komentar:

Post a Comment