, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mengawali Belajar Menjahit

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Mengawali Belajar Menjahit

Mengawali Belajar Menjahit



Hi Rekan
Kesempatan ini saya mo ngebahas perihal ” bagaimanakah mengawali belajar menjahit “. ini buat kamu yang kepengen banget tekuni new hobby ” menjahit “.
Artikel yang kubuat ini, berdasar pada apa yang telah saya praktekin atau tekuni sebelumya. serta semoga dapat membuat kamu lebih tertarik untuk hobby menjahit ini ^^.

Menjahit Bener2 Hobby yang mengasyikkan loh, anda tidak bakal kecewa untuk pelajari hobby ini. Serta saya meyakini, saat sebelum anda memulai-pun pasti telah ada bayangan kepengen buat ini itu.. Bener tidak ?
Sepanjang anda tetep continue, pasti untuk periode panjang kelak.. hobby ini tidak bakal hilang. sayang dong.. klo anda telah belajar banyak trus ditinggalin demikian saja hehe..
Belajar menjahit ini kerjakan yang basic saja dahulu serta ikuti dengan praktik. klo hanya baca saja tanpa ada praktik.. saya pikir sama juga tidak bakal nyantol :).
Lantaran menjahit butuh banyak praktik yah, dengan adanya banyak praktik.. anda bakal tau semakin banyak kekeliruan2 apa yang kamu bikin cocok ngejahit. diluar itu anda pasti akan tau macam2 langkah yang mana yang lebih enak di pakai :).
akan tidak jadi big masalah klo anda buat salah cocok ngejahit.. karenanya memanglah telah prosesnya belajar. akan tidak dapat sekali menjahit segera perfect. klopun segera perfect dimuka belajar.. anggap saja itu ” kebetulan” hehe. bagaimanapun juga belajar menjahit kita janganlah takut salah.
Intinya sih, Belajar menjahit itu sama juga seperti kita bakal memperlajari ” suatu hal ” yang baru. serta kita mesti ngelakuin pelan-pelan serta satu persatu dahulu.
Oke, Bagaimanakah sih ngawalin belajar jahit?
tersebut, bakal saya jelasin selanjutnya seperti yang dahulu telah saya kerjakan :

–. Mesin Jahit


Awal saya mau menjahit, ” mesti mempunyai mesin jahit “. lantaran klo di pikir, karenanya ada mesin jahit.. akan belajar atau praktik lebih gampang.
serta untuk mesin jahit tak mesti mempunyai yang baru ^^, moderen maupun yang manual.. saya pikir sama juga. lantaran dahulu dimuka belajar menjahit, saya memakai mesin jahit manual. and finnaly i bought the new one..
beli mesin baru, saya tak terlampau banyak experience.. sedikit tau info perihal macam2 jenis mesin jahit. pemikiran awal hanya kepengen beli mesin jahit, serta saya tentukan yang seumpamanya gampang di dapatkan untuk accessories maupun spare partnya (diluar itu mencari ” saleeee ” price ^^).
buat kamu yang masih tetap mau belajar, tentukan dahulu mesin jahit yang seumpamanya gampang di pakai. serta gampang perawatannya.
juga sebagai rekomendasi perihal type mesin jahit, di bawah ini :
1. Janome, Elna, Butterfly
2. Brother
3. Singer

–. Ketahui mesin jahitmu and test



Klo anda telah mempunyai mesin jahit, pasti telah lain ceritanya kelak. klo pada awal mulanya cuma mempunyai angan2 kepengen jahit namun belum ada mesin. nah saat ini pasti anda mau selekasnya mengawali kan?
sama kok seperti saya, saat sebelum ada mesin.. saya kepengen dapat jahit tas, pakaian, sprei, sarung bantal and macem2. serta sesudah ada mesin, hmm.. saat ini ngapain nie? hehe..
buat kamu yang mempunyai mesin jahit baru, ketahui dahulu mesinmu. tujuannya, anda baca buku tips atau saksikan dvd tips langkah memakainya. umpamanya, gunakan benang, bobbin, gunakan jarum, kabel listrik, sepatu mesin, serta mungkin saja terdapat banyak intruksi lain didalam buku tips atau dvd itu.
oke, klo telah terpasang jarum, benang, bobbin,.. saat ini kita kudu cobain ngejahit :). awal ngejahit.. saya cuma menjahit lurus serta testing type2 jahitan yang ada di mesin.


Serta, dengan coba jahit2 lurus maupun type yang lain. kita juga bakal belajar mengatur seberapa cepat atau lambat kaki menghimpit pedal mesin jahit ^^. makin anda tekan pedal.. makin cepat jalannya. untuk pertama kali tekan pelan-pelan saja.. yang utama mesin jalan. sama seperti seperti belajar menyetir mobil. makin di tekan makin kenceng larinya.
dengan menghimpit pedal mesin jahit pelan2, anda akan dapat mengatur tanganmu untuk kain yang anda pegang.

–. Tekuni Type jahitan


Saat saya pertama kali menjahit, sudah pasti saya tak segera pelajari seluruhnya. yang pasti basicnya saja dahulu.. lantaran saya tidak ingin bingung :).
1. Jahitan Lurus, type jahitan lurus ini yang pastinya akan kerap kita gunakan.
2. Jahitan Jelujur, yaitu jahitan Panjang-panjang serta umumnya di kerjakan dengan jahit tangan. jahitan ini cuma untuk pertolongan saja serta sesaat. yang nanti bakal kita terlepas sesudah kain terjahit dengan mesin. umpamanya untuk menjahit pinggiran kain agar lurus, maupun resleting.
3. Jahitan Zig zag, umumnya juga sebagai jahitan yang fungsinya untuk membereskan pinggiran kain, yang kita katakan keliman. (keliman serta kampuh)
4. Jahitan Mati, jahitan ini untuk menolong benang tak terburai nanti. serta jahitan mati di kerjakan dimuka serta akhir jahitan. umpamanya : jahit maju 3-4 langkah serta jahit mundur 2-3 langkah.
5. Jahitan Quilt, jahitan ini umumnya ku gunakan klo kita memakai busa pelapis atau Batting. jadi batting serta kain di jahit (dapat lurus, serong maupun yang berkelok2).

–. Start Simple Project


Oke, saat ini anda dapat mengawali sistem belajar menjahit dengan coba menjahit simple project. umpamanya tote bag, sarung bantal, tempat tissue, maupun sampul buku. cobalah project2 menjahit yang gampang dahulu. janganlah di paksakan yang sulit klo masih tetap pertama kali memegang mesin jahit :).
anda dapat browsing2.. lewat internet maupun buku perihal tutorial2 menjahit yang simple untuk pemula. yakinkan saja, waktu anda ikuti seluruhnya cara2nya dengan pelan2 :).
serta saya meyakini waktu anda telah mengawali, pasti kelak bakal nampak ide-mu sendiri :).
Oke Rekan, semoga artikel ini dapat membawa faedah lebih untuk seluruhnya.

0 komentar:

Post a Comment