, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belajar menjahit sendiri?

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Belajar menjahit sendiri?

Belajar menjahit sendiri?



Sekian hari waktu lalu saya memperoleh pesan di inbox facebook. Adik kelas masa STM ajukan pertanyaan “Mba, bagaimana langkah belajar menjahit, ada situs atau grup/mailinglist? ”. sstt.. tongkrongan seperti saya ini jelek-jelek lulusan STM loh.

Menjahit

Mendengan kalimat menjahit pasti deskripsinya yaitu ibu-ibu bersasak di depan mesin jahit singer hitam. Hari gini, Belajar menjahit please deh.. beli pakaian di belowcepek. com saja tidak hingga ngabisin biaya satu hari ngemall. Trus ngapain belajar menjahit!! Lantaran menjahit itu lebih murah daripada ngemall!! he.. he jurus ngeles.

Namun menjahit khan butuh belajar? ya iyalah… Jalan saja juga belajar dahulu, Langkahnya? Turut pelatihan atau sekolah jahit. Haduhh tidak ada saat, biaya juga.. Namun ingin dapat menjahit, belajar sendiri dapat tidak ya? Dapat dong. Siapkan mental baja, gauli mesin jahit serta beli banyak-banyak kain apkiran/kiloan. Hanya itu??!! Sabar, saya kasih contekannya ya.



Beli Mesin



Saya kerap memperoleh pesan “Mba mesin jahit apa yang pas untuk pemula? ”. Jawaban saya “Yang mempunyai manfaat basic jahit, yakni jahit lurus”. Jadi taruh baik-baik duit kita dahulu, lalu hunting mesin jahit singer/butterfly jadul. Harga second nya cuma 500 rb telah termasuk juga meja serta dinamo ini ruang depok. Harga baru singer hitam 1, 25 jt. Bila mempunyai mesin jahit warisan, tinggal bawa ke tukang servis umumnya biaya tak kian lebih 100rb. Sparepart mesin jahit singer hitam itu murce kok.

Mengapa kok manfaat basic? lantaran kita mesti bergaul dengan baik serta benar dengan mesin jahit. Berhubung kita masih tetap belajar, mood jahit terkadang naik turun. Sayang-sayang beli mesin jahit 5jt namun tidak pernah tersentuh. Belum lagi bila telah jemu atau bertukar hobby. Wuah alamat say goodbye tuh mesin.

Buku, Internet, youtube serta gabung komunitas



Di Gramedia banyak bertebaran buku menjahit, dari mulai bikin baju kerja hingga pecah pola. Beli yang sesuai sama ketertarikan serta lakukan. Janganlah mengharapkan segera jadi pakaian ya. Tidak salah potong saja sukur. Di internet banyak juga situs yang mengulas tentang menjahit. Umumnya memanglah berbahasa inggris.

Situs favorite saya biasanya

sewmamasew. com (banyak panduan and trick, mulai dari buat pakaian hingga buat tas). burdastyle. com (umumnya contoh-contoh pakaian serta jualan pola yang buat ngiler). threadsmagazine. com (segala teknik menjahit). about. com (belajar menjahit dari yang dummies). pinterest. com (search kata kunci (keyword) : sewing. banyak ide-ide jahitan yang cute)

Berhimpun di komune menjahit, milis hobby_menjahit@yahoogroups. com, walau tak terlampau aktif namun bila ajukan pertanyaan banyak yang bakal mengulurkan tangan dengan suka hati. di femaledaily. com juga ada komunitas menjahit.

Tidak berhasil?? … buang lantas buat lagi..
Suhu menjahit saya tante wiwi, senantiasa mengingatkan saya “praktek da.. praktik!, Janganlah hanya baca buku”. Jadi kunci belajar menjahit sendiri yaitu senantiasa praktik. Bila tidak jadi tinggal buang. Pikirkan bila bikin masakan tidak jadi males bener khan makannya.

Kain


Janganlah pernah belajar menjahit pertama kali dengan sifon, satin atau katun jepang. Beli saja kain murah, yang kiloan. Ini percobaan bila hasil nya bagus bisa naik level ke kain yang layak gunakan he.. he..

Mulai dari tempat mana?



Dari mulai yang paling gampang, Bila di Gramedia ada baju kerja serta anda anggap itu gampang rencananya.. monggo dilanjutkan. Namun bila bingung dari mulai bikin sarung bantal, membongkar rok yang usang, dedel lalu jiplak ke kertas, jiplak lagi ke kain di lebih kampuh (space untuk menjahit) lantas jahit. Menjahit celana yang robek, jahitan yang terlepas pokoknya kegiatan menjahit.

It’s all about fun



Menjahit itu mengasyikkan serta untungkan. Rasakan enaknya mendedel jahitan yang salah, di masa control+z (seluruhnya dapat di undo) menjahit bikin saya sadar, susahnya melakukan perbaikan hal yang salah, berbekas lagi!. Sensasi saat pakaian yang di buat cocok serta nyaman di tubuh aich.. berbelanja di on-line shop mah melalui : D

Setelah itu?


Bila kita telah senang pada kegiatan menjahit, rasakan pedihnya mendedel, kesalnya salah potong serta merdunya nada mesin jahit. Awalilah berinvestasi untuk ikuti pelatihan (bila ada saat). Beli buku-buku pola yang umumnya import (makin kerap menabung). Belajar langkah mengukur yang benar serta bereksplorasi dengan beberapa jenis bahan. Serta beli mesin jahit yang high end. Lah mesin yang jadul ini bagaimana? jual lagi saja ke kaskus. co. id banyak kok yang mencari.

So.. belajar menjahit sendiri? why not?

0 komentar:

Post a Comment