, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

BERBAGAI MODEL KERAH

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
BERBAGAI MODEL KERAH

BERBAGAI MODEL KERAH

DAN CARA
MEMBUAT
POLANYA


Prinsip Umum Kerah


Kerah adalah salah satu bagian busana yang memberi keindahan pada busana, kerah menempel di bagian lingkar leher, sehingga menjadi hiasan untuk bagian leher busana. Bentuk dan model kerah bermacam-macam, penerapan bentuk dan model kerah pada busanapun berbeda tergantung dari model, jenis busana dan kesempatan penggunaan busana.


Bagian-bagian Kerah:


1. Garis lipatan kerah6. Tempat kancing
2. Garis leher7. Penegak
3. Garis patah8. Jatuhnya kerah
4. Ujung kerah9. Garis model kerah
5. Garis tengah muka

Bentuk Dasar dan Model Kerah Terdiri Dari :

1.Kerah rebah, adalah kerah yang letaknya merebah sekeliling badan dan bahu tanpa penegak, ciri-ciri yang dapat dijadikan patokan untuk menentukan bentuk dan model kerah rebah yaitu dari penegaknya. Bila di bagian belakang tidak ada penegaknya berarti kerah rebah.
Kerah Rebah Dilihat Dari MukaDilihat Dari Belakang

Cara Mengkontruksi Pola Kerah Rebah:Jiplak pola muka dan pola belakang badan, pola belakang diletakan diatas pola muka bertumpuk di ujung bahu 1 cm. Kemudian gambar pola kerahnya pada pola badan sesuai dengan bentuk dan model kerah. Untuk menentukan besar kerah lihat perbandingan besar kerah dengan lebar bahu, jika letak kerah 1/3 dari bahu berarti besar kerah 5 –6 cm. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar pola di bawah ini :

Kerah Setengah tegak, adalah kerah yang memiliki penegak di bagian belakang sehingga bentuknya tegak di belakang dan merebah di muka, cirinya bagian belakang nampak lebih tinggi karena ada penegaknya.

Cara Mengkonstruksi Pola Kerah Setengah TegakSiapkan pola dasar badan, jiplak pola dasar muka dan belakang laluubah pola dasar tersebut sesuai model busana yang akan dibuat, ukur lingkar leher muka dan belakang pada pola yang telah diubah, lalu buat pola kerahnya, untuk menentukan besar kerah, lihat perbandingan letak kerah dengan lebar bahu. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Kerah Tegak, adalah kerah yang letaknya tegak di sekeliling leher dan hampir menutupi setengah panjang leher, jika dilihat dibagian belakang tampak tegak dan tinggi.

Cara Mengkonstruksi Pola Kerah Tegak

Siapkan pola dasar badan, jiplak pola dasar muka dan belakang lalu ubah pola dasar tersebut sesuai dengan model busana yang akan dibuat. Ukur lingkar leher muka dan belakang pada pola badan yang telah diubah, lalu buat pola kerahnya, untuk menentukan besar kerah, lihat tingginya letak kerah di lingkar leher. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar pola di bawah ini :

Variasi Model Kerah Rebah
Variasi Model Kerah Setengah Tegak

Variasi Model Kerah Tegak


0 komentar:

Post a Comment