Cara Mengikat Kain Sarung

 Cara Mengikat Kain Sarung


cara membuat rok dari sarung - 4 Metode:Memakai Sebagai Rok Panjang Memakai Sebagai Rok Pendek Memakai Sebagai Gaun Tali Leher Gaya Lainnya
Kain sarung adalah salah satu bagian dari busana pantai yang paling bermanfaat untuk dimiliki. Selain memberikan warna dan gaya pada busana pantai Anda, kegunaannya yang sangat beragam memungkinkannya untuk dimanfaatkan menjadi berbagai hal, misalnya handuk pantai. Ada sejumlah cara untuk mengikat dan mengenakan kain sarung, dari rok ikat sederhana, hingga gaun tali leher warna-warni. Pelajarilah beberapa cara untuk mengikat kain sarung, dan memaksimalkan kegunaannya.


Metode 1 dari 4: Memakai Sebagai Rok Panjang
Gambar berjudul Tie a Sarong Step 1
    1
    Pegang kain sarung secara horizontal. Balutkan kain ke sekeliling pinggang Anda, seperti memegang handuk.
        Jika kain Anda terlalu panjang, lipatlah kain menjadi separuhnya secara horizontal sebelum Anda mulai.
Gambar berjudul Tie a Sarong Step 2
    2
    Genggam sudut kain dengan masing-masing tangan Anda. Kemudian tarik sudutnya hingga kain yang Anda pegang cukup panjang untuk diikat menjadi simpul.

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 3    3
    Ikatkan simpul. Satukan kain di depan tubuh Anda dan buat simpul sederhana. Kemudian buat simpul sekali lagi untuk mempertahankan posisinya.

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 4    4
    Pelintir kain ke sisi pinggul Anda. Jika suka, Anda bisa memelintir kain ke salah satu sisi. Dengan begitu, Anda bisa memperlihatkan salah satu kaki Anda saat berjalan.
   

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 5    5
    Gembungkan sudutnya. Gembungkan sudut simpul kain, pastikan bahwa sisi yang berpola menghadap ke depan.

  Gambar berjudul Tie a Sarong Step 6
    6
    Pilihan lainnya, ikatkan rok sehingga seluruh kaki Anda tertutup. Jika Anda lebih suka mengenakan kain tanpa belahan di depan atau samping, Anda bisa mengikatnya menggunakan cara lainnya, yaitu:
        Pegang kain sarung secara horizontal dan balutkan ke sekeliling pinggang Anda (seperti handuk). Kemudian tarik kedua sudutnya mengelilingi tubuh Anda hingga Anda bisa mengikatkannya di pinggang bagian belakang.
        Jika dilakukan dengan benar, seharusnya tidak ada belahan pada rok Anda, dan kain seharusnya hampir terlihat seperti rok biasa dari depan.


Metode 2 dari 4: Memakai Sebagai Rok Pendek

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 7
    1
    Lipat kain sarung secara diagonal. Lipat kain secara diagonal sehingga membentuk segitiga.
   

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 8    2
    Balutkan kain ke sekeliling pinggang Anda.

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 9    3
    Satukan kedua ujung kain dan ikatkan simpul di samping. Ikatkan simpul kedua untuk mempertahankan posisinya, kemudian gembungkan ujung kain. Gaya ini sangat cocok digunakan untuk menutupi pakaian renang.


Metode 3 dari 4: Memakai Sebagai Gaun Tali Leher

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 10
    1
    Pegang kain sarung secara horizontal. Balutkan kain ke sekeliling punggung Anda, seperti handuk.
Gambar berjudul Tie a Sarong Step 11
    2
    Satukan sudut kain bagian atas di depan tubuh Anda.
    Gambar berjudul Tie a Sarong Step 12
    3
    Pelintir kedua sudut kain mengelilingi satu sama lain dua kali. Kemudian ikatkan simpul di belakang leher Anda membentuk tali leher.
        Untuk menciptakan gaun gaya bandeau, ikatkanlah kedua sudut kain di depan tubuh Anda, dan bukan di belakang leher.
   

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 13    4
    Selesai.


Metode 4 dari 4: Gaya Lainnya



Gambar berjudul Tie a Sarong Step 14    1
    Pakailah sebagai gaun berlengan satu.
        Pegang kain sarung secara vertikal, balutkan satu sisi yang lebih pendek ke salah satu lengan Anda.
        Ambil kedua sudut kain - satu di depan dan satu di belakang - dan ikatkan di atas bahu lengan yang lain, ikat dengan simpul ganda.
        Satukan dua tepi sarung (di sisi yang sama dengan simpul bahu) di pinggang dan buat simpul ganda untuk mempertahankan posisinya.

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 15    2
    Pakailah sebagai gaun belahan samping.
        Pegang kain sarung secara vertikal dan balutkan ke sekeliling punggung Anda, seperti handuk. Satukan kedua sudut kain bagian atas, dan ikatkan simpul ganda, di atas dada.
        Di bagian depan gaun, satukan dua tepi kain setinggi pinggang, dan ikatkan simpul ganda.
        Tarik simpul setinggi pinggang ini ke salah satu sisi, hingga belahan kain terbuka di sisi kaki Anda.
   

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 16    3
    Pakailah sebagai gaun menggantung.
        Pegang kain sarung secara vertikal dan balutkan ke depan tubuh Anda. Satukan dua sudut atas kain dan ikat longgar di belakang leher Anda. Biarkan kain menggantung di depan tubuh Anda.
        Tarik salah satu tepi kain mengelilingi punggung untuk menutupinya. Ambil salah satu tepi kain dan ikatkan menjadi satu di pinggang dengan simpul ganda.
   

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 17    4
    Pakailah sebagai gaun bandeau menjuntai.
        Pegang kain sarung secara horizontal dan balutkan ke punggung Anda, seperti handuk.
        Pegang sudut kain, kemudian gerakkan tangan Anda sepanjang tepi kain hingga sekitar 30 cm mendekati dada.
        Satukan tepi kain dan ikatkan di atas dada menggunakan simpul ganda. Sisa kain seharusnya akan menjuntai di depan.
   

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 18    5
    Pakailah sebagai gaun toga.
        Pegang kain sarung secara horizontal dan balutkan ke punggung Anda, seperti handuk.
        Ambil salah satu sisi kain dan balutkan ke depan tubuh Anda hingga bisa memasukkan ujungnya di bawah lengan yang lain.
        Pegang sudut atas (kain yang baru saja Anda tarik) dan bawa ke bawah bahu Anda, dari belakang.
        Ambil sudut atas kain lainnya dan ikatkan keduanya di bahu Anda membentuk toga.
   

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 19    6
    Pakailah sebagai gaun model draperi.
        Pegang kain sarung secara horizontal dan balutkan ke punggung Anda, seperti handuk.
        Pegang sudut atas satu sisi kain, tarik melalui tubuh Anda dan lewatkan ke atas bahu yang lain.
        Ambil sudut atas kain dari sisi yang lain, dan tarik melalui bagian depan tubuh Anda (di bawah dada) dan mengelilingi punggung Anda, hingga bertemu dengan bahan di bahu yang lain.
        Ikatkan kedua sudut kain di bahu untuk mempertahankan posisinya.
   

Gambar berjudul Tie a Sarong Step 20    7
    Pakailah sebagai jumpsuit.
        Pegang kain sarung secara vertikal dan balutkan ke sekeliling tubuh, melalui bawah lengan Anda.
        Ikatkan kedua sudut atas kain mengelilingi punggung Anda, gunakanlah simpul ganda (Anda mungkin perlu bantuan orang lain untuk melakukannya).
        Ambil ujung kain (yang seharusnya menggantung di dekat kaki Anda) dan tarik melalui kedua kaki Anda.
        Ambil kedua ujung bawah kain sarung, balutkan ke sekeliling pinggang Anda, dan ikatkan di depan, gunakan simpul ganda.


Tips


    Pastikan simpul agar terikat dengan aman, sehingga kain Anda tidak terlepas.
    Anda disarankan untuk berlatih memakai dan mengikat kain sarung sebelum ke luar, untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan.
    Sebuah klip atau bros bisa ditambahkan untuk memperkuat simpul, dan juga untuk memberikan gaya tambahan pada kain.
    Untuk menggunakan kain sarung sebagai syal, Anda hanya perlu me
mbiarkannya menjuntai di atas bahu.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara Mengikat Kain Sarung

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat rok dari sarung

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Mengenal Payet

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Mengikat-Kain-Sarung

0 komentar:

Mengenal Payet

Mengenal Payet

 gambar jenis-jenis payet - Anda pasti kenal yang namanya payet kan. Dari mulai jilbab, baju, kebaya, tas, sepatu bahkan sandal semuanya mengaplikasikan payet sebagai hiasannya.
Pakaian yang dihiasi dengan kreasi sulaman payet selalu disukai dan diburu kaum wanita. Harga pakaian yang sudah dihiasi payet biasanya agak mahal dibandingkan dengan pakaian yang polos. Jadi bila kita memiliki keahlian untuk menyulam dengan payet, selain bisa membuat sendiri, keahlian itu juga bisa untuk menambah penghasilan kan. Disini aku tidak akan menerangkan teknik menyulam payet, tetapi hanya sekedar sharing tentang jenis-jenis payet. Untuk mempelajari teknik-teknik menyulam payet anda bisa membeli bukunya di toko buku terdekat, contoh buku yang mengulas tentang teknik memayet antara lain adalah : Teknik Kreatif Menyulam Payet karya Rosita Jafaar, atau anda bisa ikutan kursus.

payet jepangOh iya, berdasarkan pengalamanku, memayet sebuah baju (khususnya kebaya pengantin) akan menghabiskan waktu yang jauh lebih lama dibandingkan dengan menjahit kebaya itu sendiri, jadi tau dong kenapa kebaya pengantin yang full payet itu mahal harganya.

Macam-macam payet yang aku kenal dan sering aku gunakan :

payet jepang

 1. Pasir. Payet ini bentuknya bulat kecil.
2. Batang. Payet ini berbentuk silinder. Panjangnya bervariasi : batang panjang, sedang dan pendek.
3. Piring. Ada dua jenis payet piring : piring datar dan mangkuk.
4. Manik-manik.  Jenis payet ini memiliki bentuk dan ukuran yang macam-macam, tinggal kita pilih sesuai dengan kebutuhan saja.
Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat buku karya Rosita Jafaar tsb. Di buku itu banyak sekali model dan jenis payet lengkap dengan gambarnya, cuma aku tidak ya
kin kalau di pasaran tersedia semua jenis payet tersebut.

Jangan lupa, kalau dipasaran ada dua macam payet yang dijual, yaitu payet taiwan dan jepang. Aku lebih menyarankan untuk menggunakan payet jepang, kenapa begitu ? untuk mengetahui perbedaan kedua macam payet ini,tunggu postingan aku selanjutnya ya :).

Aku biasa membeli payet di pasar Tanah Abang Blok F lt.2 disitu banyak sekali toko penjual payet, tetapi setahuku tidak semua toko menjual payet jepang. Kalau hanya perlu sedikit, biasanya aku cukup membelinya di toko benang Omura di daerah Jurang Mangu. Katanya di Mangga Dua juga banyak toko payet, cuma saya sendiri belum pernah belanja disana soalnya jaraknya kejauhan dari rumah ku. 
Mungkin anda punya informasi seputar toko payet, silahkan sharing disini ya….


les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Mengenal Payet
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gambar jenis-jenis payet


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Tips Menjahit Kebaya Dari Kain Brokat

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://rumahjahithaifa.com/2009/03/13/mengenal-payet/

0 komentar:

Tips Menjahit Kebaya Dari Kain Brokat

 Tips Menjahit Kebaya Dari Kain Brokat



cara membuat pola kebaya - Kain brokat atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Brocade merupakan jenis kain yang kaya akan dekorasi dengan atau tanpa benang emas dan perak yang menampilkan pola tertentu seperti bunga, tanaman, serta unsur alam lainnya. Istilah brokat diambil dari bahasa Italia yaitu broccato yang memiliki arti "kain yang disulam". Kemewahan dan pesona yang melekat pada kain brokat menjadikannya sebagai kain spesial yang seringkali digunakan untuk membuat busana spesial seperti gaun malam, gaun pesta, maupun gaun pernikahan.
Menjahit Kain Brokat
 

Selama berabad-abad bahan brokat lebih banyak dimanfaatkan untuk melapisi sofa dan kursi antik, gorden, serta tirai tempat tidur karena dianggap memberi kesan agak formal pada ruangan. Hanya saja pemanfaatannya untuk hal-hal tersebut sedikit berkurang setelah pertengahan abad ke 20. Ditanah air sendiri kain brokat lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kebaya karena mampu memberikan kesan anggun dan elegan pada busana yang dihasilkan. Kebaya yang dibuat dari bahan kain brokat sangat sesuai untuk dijadikan gaun malam yang mewah.
Menjahit Kain Brokat

Berbeda dengan teknik pembuatan busana dari kain katun atau kain lain pada umumnya, dalam pembuatan busana kebaya dari kain brokat terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Untuk menjahit bahan brokat yang memiliki daya mulur cukup tinggi, dalam memberikan tanda garis pola atau garis rader sebaiknya pada bagian bahu dan bagian badan dikurangi dikurangi 1cm dari ukuran pola yang dibuat pada media kertas sebelumnya. Sehingga ukuran badan yang diperoleh secara keseluruhan berkurang 4 cm. Metode ini dapat diterapkan untuk pembuatan baju yang ukurannya pas di badan.
Menjahit Kain Brokat

Mengingat bahan brokat memiliki tekstur berpori dan relatif tipis maka dalam membuat garis rader sebaiknya hindari pengunaan rader yang bergerigi untuk meminimalisir kerusakan kain. Dalam pembuatan busana dari kain brokat gunakan kampuh balik atau kampuh kostum untuk menjahit bagian-bagian tertentu, sehingga jahitan yang dihasilkan tampak lebih rapi dan indah jika dilihat dari luar. Gunakan alas berupa kertas koran dibagian bawah kain kebaya, sehingga jahitan yang dihasilkan tidak mengkerut.
Menjahit Kain Brokat

Bahan brokat yang umumnya bertekstur tipis mayoritas tidak cukup tahan terhadap panas, oleh karena itu hindari menyetlika kebaya dari bahan brokat tanpa menggunakan alas. Selamat mencoba dan semgoa bermanfaat.

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Tips Menjahit Kebaya Dari Kain Brokat
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat pola kebaya


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Apa saja Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil?

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://fitinline.com/article/read/tips-menjahit-kebaya-dari-kain-brokat

0 komentar:

Apa saja Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil?

 Apa saja Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil?

 buatlah perencanaan pembuatan kerajinan dari limbah tekstil - 1. Mencari Ide
Kita telah mengenali berbagai kekayaan tekstil Indonesia dan tekstil khas daerah, produk-produk kerajinan tekstil, material, proses, dan alat yang dibutuhkan untuk pembuatan kerajinan tekstil. Pengetahuan dan apresiasi kita terhadap hal-hal tersebut dapat mendorong munculnya ide untuk pembuatan karya produk dari bahan tekstil. Ide bisa muncul secara tidak berurutan namun dapat juga muncul secara lengkap. Salah satu dari kita bisa saja memiliki ide tentang suatu motif unik yang akan dibuat. Ide motif tersebut akan menuntut kita untuk memikirkan teknik apa yang tepat untuk digunakan dan produk apa yang tepat untuk menggunakan motif tersebut. Salah satu dari kita juga bisa saja mendapatkan ide atau bayangan tentang sebuah produk yang ingin dibuatnya, material, proses dan alat yang akan digunakan secara utuh. Untuk memudahkan pencarian ide atau gagasan untuk rancangan kerajinan tekstil, mulailah
dengan memikirkan hal-hal di bawah ini.
- Produk kerajinan apa yang akan dibuat?
- Mengapa produk kerajinan tersebut dibuat?
- Siapa yang akan menggunakan produk kerajinan tersebut?
- Bahan/material apa yang apa saja yang akan dipakai?
- Warna dan/atau motif apa yang akan digunakan?
- Adakah teknik warna tertentu yang akan digunakan?
- Bagaimana proses pembuatan produk tersebut?
- Alat apa yang dibutuhkan?
Ide juga dapat diperoleh dengan bereksperimen, misalnya eksperimen menggunakan teknik pewarnaan rintang warna. Cobalah untuk menggunakan beberapa warna yang disusun dalam komposisi satu motif. Coba juga dengan beberapa variasi motif. Kalian juga dapat mencoba membuat motif sendiri. Semangat dan keberanian kita untuk mencoba membuat inovasi baru akan menjadi bekal kita berkarya di masa depan, seperti pada perancang busana terkemuka Indonesia dan luar negeri. Beberapa di antara mereka terinspirasi dengan teknik rintang warna.

2. Membuat Gambar/Sketsa

Buatlah beberapa rencana atau rancangan dari produk kerajinan yang akan dibuat. Gambarkan ide-ide rancanganmu pada sebuah buku atau lembaran kertas, dengan menggunakan pinsil, spidol atau bolpoin dan sebaiknya hidari penggunaan penghapus. Tariklah garis tipis-tipis dahulu. Jika ada garis yang dirasa kurang tepat, abaikan saja, buatlah garis lain pada bidang kertas yang sama. Demikian seterusnya sehingga kamu berani menarik garis dengan tegas dan tebal. Gambarkan idemu sebanyak-banyaknya, dapat berupa vasiasi produk, satu produk yang memiliki fungsi sama, namun dengan bentuk yang berbeda, produk dengan bentuk yang sama dengan warna dan motif yang berbeda.

3. Pilih Ide Terbaik

Setelah kalian menghasilkan banyak ide-ide dan menggambarkannya dengan sketsa, mulai pertimbangkan ide mana yang paling baik, menyenangkan dan memungkinkan untuk dibuat.

4. Perencanaan Produksi

Tahap selanjutnya adalah membuat perencanaan untuk proses produksi atau proses pembuatan kerajinan tersebut. Tuliskan prosedur dan langkah-langkah kerja secara jelas dan detail.


 5. Pembuatan Kerajinan

Pembuatan kerajinan dimulai dengan tahap persiapan tempat kerja, bahan dan alat. Tahap selanjutnya adalah pengerjaan. Kerjakan setiap tahap sesuai dengan perencanaan produksi yang sudah dibuat sebelumnya. Pembuatan kerajinan diakhiri dengan evaluasi terhadap produk kerajinan yang telah dibuat, apakah produk tersebut dapat berfungsi dengan baik? Apakah sudah sesuai dengan ide, bayangan dan harapan kita? Apabila belum, perbaikan apa yang harus kita lakukan agar produk kerajinan yang dihasilkan lebih berkualitas
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Apa saja Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil?

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  buatlah perencanaan pembuatan kerajinan dari limbah tekstil


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  TIPS BELAJAR MENJAHIT BAGI PEMULA

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://updatetugassekolah.blogspot.co.id/2014/09/apa-saja-cara-merancang-kerajinan-dengan-bahan-tekstil.html

0 komentar:

TIPS BELAJAR MENJAHIT BAGI PEMULA

 TIPS BELAJAR MENJAHIT BAGI PEMULA


belajar menjahit - Hi Ana, salam kenal!
Saya liat profil kamu di http://anaarisanti.blogspot.com.
Kebetulan saya sedang les menjahit pakaian (tingkat dasar) sudah setahun tapi kemajuannya minim banget :(( crying
mungkin karena les nya cuma setiap hari sabtu karena saya kerja. itu pun suka malas karena cape.
saya jg jarang praktek, jadi sampai sekarang baru bisa menjahit 2 model baju & 3 rok.. lupa namanya, cuma ingat model  :D big grin
kalau disuruh bikin lagi pasti juga sudah lupa caranya.. hahaha kacau deh pokoknya.


kamu sendiri belajar jahit dimana?

kalau sdh bosen n frustasi waktu menjahit, saya suka mikir.."aku emang ga bakat"
apa bener begitu ya?
ada ga sih tips2 supaya semangat waktu menjahit?


Email diatas adalah salah satu dari sekian banyak email yang intinya kurang lebih sama yaitu nada ketidak telatenan atau mungkin bisa disebut keputusasaan dalam belajar menjahit.


belajar menjahit emang butuh ketekunan, gak ada istilah gak bakat kalo kita memang serius berusaha, kuncinya adalah berlatih dan berlatih, semakin banyak berlatih maka kesalahan yang dibuat akan semakin sedikit dan jahitan kita akan semakin rapi dan halus.

Tips dari aku sih...

Pertama  :  beli aja kain yang murah, kalo di sini sih aku suka beli kain yang dijual kiloan, harganya murah dan kalo kita pintar milihnya bisa dapet yang bagus, belilah kain tiga atau empat potong sebagai stok, jadi kalo pas kita lagi mood atau gak ada kegiatan bisa  langsung kita jahit.

Kedua : untuk awal belajar menjahit, jahitlah baju santai yang dipakai s
ehari-hari dirumah dengan model sederhana  untuk keluarga/famili terdekat misal untuk anak, ibu atau untuk suami.

    Pilih model yang sederhana agar tidak terlalu ribet dan tidak membuat banyak kesalahan yang akan membuat anda yang baru belajar kehilangan semangat bahkan berputus asa dalam melanjutkan belajar menjahit, ntar kalo udah agak mahir barulah meningkatkan kemampuan dengan memilih model yang sedikit lebih sulit.
    Sedangkan memilih menjahit pakaian sehari-hari dirumah agar walaupun hasil jahitan anda kurang rapi mereka tiak malu memakainya karena hanya untuk dipakai dirumah saja dan tidak harus bertemu banyak orang
    Pilih menjahit untuk keluarga / family  adalah agar anda bisa meminta pendapat mereka apa kekurangan yang ada di jahitan anda, nanti kalo mereka semua sudah cocok berarti anda sudah berhasil


Ketiga : jangan lupa untuk belajar dari jahitan orang lain yang sudah profesional, caranya anda jahitkan satu baju ke mereka untuk anda pelajari, teknik jahitannya seperti apa, bagian mana saja yang harus diberi lapisan dst.

Terakhir : pokoknya harus tetap semangat….semangat…dan semangat !!!! berlatih…berlatih dan terus belatih ! 

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 TIPS BELAJAR MENJAHIT BAGI PEMULA

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  belajar menjahit


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Kira-kira apa ya Contoh Kerajinan Kain Flanel

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://anaarisanti.blogspot.co.id/2012/01/tips-belajar-menjahit-bagi-pemula.html

0 komentar:

Kira-kira apa ya Contoh Kerajinan Kain Flanel

Kira-kira apa ya Contoh Kerajinan Kain Flanel

 aneka krjinan tngn dr kain flanel contoh bnkus galon - Contoh kerajinan kain flanel ada banyak sekali. Coba ingat-ingat, apakah anda pernah melihat bahkan membeli aneka contoh kerajinan kain flanel? Ooo.. iya buaaanyak sekali kan? Pada dasarnya Kain flanel bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lain tergantung dari ide, seni dan kreatifitas dari si pembuatnya. Pertanyaan ini mirip seperti, “Tepung itu bisa untuk bikin kue apa aja?” Kalau dijelaskan dengan kata-kata, gak akan ada habisnya. So.. langsung aja lihat contoh aneka kreasi produk kerajinan kain flanel berikut ini.   

Aneka Contoh Kerajinan Kain Flanel

Beberapa kreasi produk kerajinan flanel yang populer seperti Gantungan kunci flanel, Bantal flanel, Sandal flanel, Handuk flanel, Magnet Hiasan kulkas, Dompet flanel, Jam flanel, dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari segi kegunaannya, misalnya :
Untuk aksesoris remaja : Pita rambut flanel, Pin flanel, Bando flanel, Kantong CD flanel, Kalung flanel, Ikat rambut flanel, Bros flanel, Gelang flanel, Jepit rambut flanel, Anting flanel, Cincin flanel, Gantungan Tas, Sarung flashdisk flanel, Tas Laptop flanel, Bingkai foto flanel, Sarung HP flanel, Tempelan kaca flanel, Pembatas buku flanel, Gantungan HP.

Untuk anak-anak : Hiasan pensil flanel, Tas flanel, Karet rambut flanel, Softbook flanel, Boneka jari flanel, Boneka tangan flanel, Huruf flanel, Angka flanel, Sampul buku flanel, Kaos flanel.
Untuk hadiah : Kartu ucapan flanel, Gift box flanel, Souvenir flanel, Kotak flanel, Boneka daerah flanel, Bantal mobil, Kipas flanel, Sepatu bayi flanel, aneka Souvenir pernikahan dari kain flanel.
Untuk rumah tangga : Tempat tisu flanel, Toples flanel, Tutup galon flanel, Tatakan gelas flanel, Pigura flanel, Tempelan magnet kulkas dari flanel.
  

Mencari Aneka Contoh Kerajinan Kain Flanel di Internet

Kalau masih penasaran, coba browsing dengan kata kunci berikut ini:
•    Jika ingin melihat contoh Kaos Flanel, maka gunakan kata kunci (keyword) : kaos flanel lucu, aneka kaos flanel, kaos flanel unik, kaos flanel anak, kaos flanel remaja.
•    Jika ingin mencari contoh-contoh Kue Flanel ketikkan Replika kue flanel, Replika kue dari kain flanel, Felt Cake, Cup Cake Flanel, miniatur kue flanel, miniatur kue dari kain flanel.
•    Jika ingin tahu contoh Gantungan Kunci Flanel, coba ketikkan Gantungan Flanel, Gantungan dari kain flanel, Gantungan kunci dari kain flanel, Grosir gantungan flanel murah.

Nah, sekarang pasti sudah terbayang jenis produk apa aja yang bisa dibuat dari kain flanel. Kreasi kerajinan kain Flanel apa yang anda paling suka?
cara membuat kalung dari kain flanel, cara membuat tempat hp dari kain flanel, cara membuat gelang dari kain flanel, cara membuat dompet dari kain flanel, cara membuat souvenir dari kain flanel, cara membuat bantal dari kain flanel, cara membuat tas laptop dari kain flanel, cara membuat bingkai foto dari kain flanel, cara membuat toples dari kain flanel, cara membuat souvenir pernikahan dari kain flanel, cara membuat souvenir pernikahan, cara membuat cincin dari kain flanel, cara membuat pita dari kain flanel, cara membuat tempat tisu dari kain flanel, CARA MEMBUAT JEPIT RAMBUT DARI KAIN FLANEL, cara membuat sarung hp dari kain flanel, cara membuat toples flanel, cara membuat pigura dari kain flanel, bando dari kain flanel, cara membuat ikat rambut dari kain flanel, cara membuat gantungan tas, pita dari kain flanel, cara membuat kalung flanel, gambar kreasi kain flanel, cara membuat pita rambut
dari kain flanel, cara membuat tas laptop, kerajinan kain flanel toples, cara membuat pin dari kain flanel, cara membuat ikat rambut, cara membuat boneka jari dari kain flanel, cara membuat bando flanel, cara membuat gantungan hp dari kain flanel, cara membuat bando, cara membuat sepatu bayi dari kain flanel, tas flanel, cara membuat gantungan hp, Cara membuat tutup galon dari kain flanel, cara membuat kaos flanel, cara membuat gantungan tas dari kain flanel, kerajinan kalung flanel, buku flanel, cara membuat sepatu bayi, cara membuat tempelan kulkas dari kain flanel, souvenir dari kain flanel, tempat hp dari kain flanel, contoh kain flanel, cara membuat pembatas buku dari kain flanel, CARA MEMBUAT KALUNG, cara membuat sampul buku dari kain flanel, jepit rambut dari kain flanel
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Kira-kira apa ya Contoh Kerajinan Kain Flanel

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  aneka krjinan tngn dr kain flanel contoh bnkus galon


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.kreasikerajinankainflanel.com/produk-contoh-kerajinan-kain-flanel-terbaru/

0 komentar:

KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

 KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

 contoh hasil karya limbah tekstil - TUGAS PRAKARYA & KEWIRAUSAHAAN
KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini sebatas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Dan juga kami berterima kasih pada Ibu selaku guru yang telah memberikan tugas ini kepada kami. Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang kami harapkan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun.

Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan sekian dan terima kasih.


Penyusun   : Wayan Gunady

 
Daftar Isi

Bab 1

A.    Pengertian Limbah Tekstil
B.    Prinsip-Prinsip Seni

        C.    Jenis Kerajinan Tekstil

        D.    Desain Kerajinan Tekstil

E      E.    Bahan dan Alat Pembuatan Produk Kerajinan Tekstil

F      F.     Cara Membuat Boneka Kain Perca

Bab 2

       A.     Penutup

       B.     Daftar pustakaan




KERAJINAN DAN WIRAUSAHA LIMBAH TEKSTIL

A.    Pengertian Limbah Tekstil
Limbah tekstil merupakan limbah yang dihasilkan dalam proses pengkanjian, proses penghilangan kanji, penggelantangan, pemasakan, merserisasi, pewarnaan, pencetakan dan proses penyempurnaan. Proses penyempurnaan kapas menghasil kan limbah yang lebih banyak dan lebih kuat dari pada limbah dari proses penyempurnaan bahan sistesis. Jadi, kerajinan limbah tekstil adalah suatu karya tangan yang dihasilkan oleh buangan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga).
v          Teknik pembuatan karya kerajinan limbah tekstil :
1.      Teknik Quilting                 : menggabung-gabungkan kain dengan ukuran dan potongan tertentu untuk membentuk motif-motif yang unik.
2.      Teknik Aplikasi Perca       : teknik menghias kain atau benda-benda lainnya dengan menggunakan kain perca yang dilekat dengan lem atau jahit
3.      Makrame                           : teknik kerajinan klasik dengan ciri utama menampilkan bentuk-bentuk simpulan dari jalinan tali atau banang
4.      Teknik anyam                   :
5.      Teknik untuk bentuk tiga dimensi


v             Fungsi Karya Kerajinan Limbah Tekstil
Secara garis besar, fungsi kerajinan limbah tekstil terbagi atas:
1.      Produk-produk seni kriya banyak diciptakan untuk berfungsi sebagai benda-benda pajangan. Dengan berfungsi sebagai benda pajangan, maka nilai estetik sangat dibutuhkan.
2.      Di samping sekedar sebagai benda pajangan, banyak kita jumpai memiliki fungsi praktis, karena fungsi merupakan hal yang diprioritaskan dalam kerajinan Tekstil.
3.      Di samping sebagai benda pajangan dan terapan, karya seni kriya juga berfungsi sebagai benda mainan. Meskipun sebagai benda mainan, karya seni kriya jenis ini tetap mempertahankan nilai-nilai estetika.
4.      Kerajinan limbah tekstil juga sangat dibutuhkan sebagai sarana pelestarian alam.

v        Unsur Estetika dan Ergonomis Karya Kerajinan Limbah Tekstil
Unsur Estetika adalah usnsur keindahan bentuk, selalu bergantung pada sentuhan keindahan. Karena itu, dalam penciptaannya, seorang pengrajin harus menguasai unsur-unsur seni seperti garis, bentuk, warna, komposisi dan lain-lain dari benda berbahan baku limbah tekstil yang akan dibuatnya. Sedangkan unsur ergonomis adalah dalam teori desain dikenal prinsip form follow
function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi. Jadi Unsur ergonomis adalah unsur tekstil yang mengutamakan kenyamanan dalam penggunaan nya misalkan pakaian batik atau pakaian dari bahan kain tenun. Ada tiga aspek desain yang harus dipenuhi jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).

v       Motif ragam hias pada Kerajinan Limbah Tekstil

Ragam hias merupakan karya seni rupa yang diambil dari bentukbentuk flora, fauna, bentuk geometris, bentuk figuratif. Ragam hias tersebut dapat diterapkan pada dua dimensi dan tiga dimensi yaitu :
1.      Ragam Hias Flora Flora sebagai sumber objek motif ragam hias dapat dijumpai hampir di seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora mudah dijumpai pada barang-barang seni seperti batik, ukiran, dan tenunan.
2.      Ragam Hias Fauna Ragam hias fauna merupakan bentuk gambar motif yang diambil dari hewan tertentu. Hewan pada umumnya telah mengalami perubahan bentuk atau gaya. Beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan.
3.      Ragam Hias Geometris Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentukbentuk geometris dan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Ragam hias geometris juga dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris ke dalam satu motif ragam hias.
4.      Ragam Hias Figuratif Bentuk ragam hias figuratif berupa objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun bahan kayu, yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara menggambar.



B.     Prinsip-Prinsip Seni
Tidak semua produk yang berbahan utama tekstil bisa disebut sebagai karya seni, sebab perwujudannya harus memenuhi prinsip-prinsip berikut:
1.      Unity (kesatuan), suatu benda yang dikatakan memiliki nilai seni estetis, harus merupakan kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya secara baik dan sempurna.
2.      Complexity (kerumitan), suatu benda yang memiliki nilai estetis pada dasarnya tidaklah sederhana, dalam pengertian mengandung unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu seperti saling bertentangan, berlawanan, dan saling menyeimbangkan.
3.      Intensity (kesungguhan), suatu benda yang dikatakan yang memiliki nilai estetis bukanlah suatu benda yang kosong, melainkan memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya. Nilai itu bisa bersifat lembut atau kasar, gembira atau duka, suram atau ceria yang ditampilkan secara sungguh-sungguh.


C.    Jenis Kerajinan Tekstil
Jenis produk kriya tekstil terbagi menjadi dua kelompok yaitu: benda hias dan benda pakai atau perpaduan dari keduanya. Jenis produk yang termasuk pada benda hias diantaranya: hiasan dinding,sarung bantal kursi, boneka, produk kerajinan tekstil yang termasuk benda pakai diantaranya: bad cover,sarung bantal, tirai, tutup aqua galon, tutup kulkas, taplak meja makan, tutup tudung saji, dll.


D.    Desain Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil yang akan diwujudkan menjadi karya seni akan terwujud secara maksimal apabila melalui tahap pembuatan produk kerajinan tekstil. Desain merupakan langkah awal dalam mewujudkan suatu karya seni, dan desain merupakan rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan atau penciptaan karya seni. Dengan demikian desain dapat diartikan sebagai suatu rancangan gambar yang nantinya dilaksanakan dengan tujuan tertentu yang berupa susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur. Desain dapat diterapkan pada berbagai benda yang ada di lingkungan kita.Untuk mendapatkan suatu produk kerajinan tekstil yang baik memerlukan sebuah perencanaan yang didalamnya terdapat kesatuan antara bahan yang digunakan dengan fungsi serta jenis benda yang dibuat, kerumitan dalam pengerjaannya yaitu perpaduan yang seimbang, berlawanan, atau saling bertentangan yang menghasilkan nilai estetis pada benda tersebut.
Suatu desain yang baik akan memperlihatkan susunan yang teratur dari bahan-bahan yang dipergunakan sehingga menghasilkan suatu benda yang indah dan dapat dipergunakan. Dalam hal ini terdapat dua macam desain, yaitu structural design (desain struktur) dan decorative design(desain hiasan)

Ø  Structural Design (desain struktur)
Structural Design (desain struktur) adalah susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur
dari suatu benda baik berupa benda yang mempunyai ruang maupun gambaran dari suatu
benda. Contoh deesain struktur: gambaran suatu benda yang akan dibuat dilengkapi dengan keterangan ukuran, warna, dan bentuknya.

Ø  Decorative Design (garnitur)
Decorative Design (garnitur) adalah sentuhan/perlakuan yang diberikan pada permukaan
busana yang memberikan efek visual memperindah penampilan. Garnitur bisa sebagai unsure dekoratif/hiasan atau sebagai unsur fungsional.
Terdapat tiga cara dalam menyusun decorative desain, yaitu: By the color and pattern, Byconstruction dedtails, By decorative trims. (Davis dalam Mila Karmila, 2006: 27)

Ø  By the color and pattern, yaitu warna dan motif yang tersusun dalam suatu bahan
tekstil pada busana, secara tidak langsung juga berfungsi sebagai decorative design. Contoh :Batik Tapis Tapestry Songket

Ø  By construction details, yaitu membentuk detail hiasan tertentu pada busana disini
biasanya dilakukan dengan membuat jahitan/setikan pada kain/tekstil.
Contoh      : Quilting Smocking Shiring Pintucks

Ø  By decorative trims, yaitu teknik yang biasanya berupa tempelan kain diatas
permukaan kain dengan menambahkan unsur pelengkap lain pada permukaan kain.
Contoh      : Buttons (kancing) Lace (renda) Braids (kepang) Fringe(susur/ekorkuda)
Pembuatan produk kerajinan tekstil dilakukan dengan cara menentukan jenis benda apa yangakan dibuat (benda hias atau benda pakai), membuat desain produk, membuat desain hiasan padaproduk, menyiapkan bahan dan alat serta langkah kerja pembuatan produk kerajinan tekstil.

E.     Bahan dan Alat Pembuatan Produk Kerajinan Tekstil
Bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tekstil diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu: bahan utama dan bahan pelengkap. Pada pembuatan produk kerajinan tekstil bahan yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis benda yang akan dibuat, fungsi dari benda tersebut, serta teknik yang akan digunakan.

F.     Cara Membuat Boneka Kain Perca
Boneka kain perca merupakan kesukaan setiap anak dan boneka ini sangat mudah untuk dibuat dari potongan-potongan kain atau kain tua sudah tidak dipakai lagi yang bisa dijadikan kain perca. Selain itu, selalu terdapat keunikan pada setiap boneka kain perca yang dibuat.

Bahan yang digunakan :
Ø  Kain perca
Ø  Jarum
Ø  Benang
Ø  Gunting
Ø  Kertas
Ø  Kapas/ dakron
Ø  Kancing baju





Langkah langkah kerja


1.      

Pilihlah tampilan boneka yang anda inginkan. Mulailah dengan pemilihan warna kain. Warna kain apa saja boleh anda gunakan, namun anda mungkin memerlukan warna kain yang kira-kira sesuai untuk warna kulit boneka tersebut, seperti krem, cokelat, cokelat tua, putih, atau merah muda.  Biasanya, boneka ini terbuat dari potongan-potongan kain (kain perca), jadilah kumpulkan kain-kain dengan mendaur ulang sarung bantal, baju bekas atau pakaian yang tidak muat lagi

2.      

Gambarlah sketsa garis bentuk boneka anda pada kain. Beri sedikit lebar tambahan       (1,3 - 1,6 cm) di seluruh bagian luar garis pola untuk menyokong jahitan.                Buatlah bentuk boneka tersebut sedikit lebih besar dari yang anda inginkan. Saat anda memasukkan dakron ke dalamnya, boneka akan menggembung dan sisi-sisinya akan menjadi sedikit lebih kecil. Untuk kepala boneka, buat ukurannya cukup besar dan bulat atau oval.

3.      


Taruh satu lagi lapisan kain di bawahnya dengan sisi luar kedua kain tersebut saling berhadapan. Potong kedua kain itu menurut garis polanya.

4.      

Tahan kain agar tidak bergeser dengan menyematkan jarum pentul dan jahit seluruh garis pola, tetapi sisakan sedikit celah untuk memasukkan dakron.

5.      

Longgarkan jahitan di sekitar lekukan dan sudut dengan menggunting lekukan segitiga di bagian penyokong jahitan.

6.      


Balikkan bagian dalam boneka keluar, balikkan melalui celah yang tidak dijahit tadi.

7.      

Isi boneka dengan bahan serat sesuai pilihan anda.

8.      

Lipat tepi celah tadi ke bagian dalam boneka, dan tutup celah tersebut dengan menjahitnya menggunakan tangan atau mesin.

9.      

Jika anda mau, jahit di seluruh perbatasan kaki dan tangan untuk membentuk sendi-sendi.

10.  

Hiasi boneka. Sulam wajahnya atau jahitkan kancing-kancing untuk mata dan hidungnya. Rambut dapat dibuat dari benang; jika rambutnya panjang, kepanglah untuk memberikan efek yang istimewa.

11.  

Jahitlah pakaian untuk boneka tersebut (menggunakan kain yang tidak dipakai, sisa, atau bahan daur ulang), atau buatlah baju boneka yang tidak perlu dijahit.


12.  

Selesai.



Penutup
Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca.    Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas,     dimengerti, dan lugas. Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh hasil karya limbah tekstil


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Menggunakan Mesin Jahit

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://gunadynyontek.blogspot.co.id/2015/04/kerajinan-limbah-tekstil.html

0 komentar:

Cara Menggunakan Mesin Jahit

Cara Menggunakan Mesin Jahit


cara menggunakan mesin jahit - Belajar menggenjot mesin
        Sekoci dan jarum dilepas
        Kedua kaki berada di atas pijakan kaki
        Tangan kanan memutar roda mesin ke badan
        Roda mesin berputar, kedua kaki bergerak mengikuti gerak yang semestinya
         Kita mulai menggenjot injakan pelan-pelan ke depan dan ke belakang bolak-balik dan tangan pada roda dilepaskan
        Belajar terus hingga putaran roda mesin teratur dan tidak bolak-balik.
    Belajar menjahit
        Pasang jarum pada kaki pemegang jarum
        Tanpa menggunakan benang,mulai belajar menjahit di kertas. Mula-mula menjahit lurus, kemudian belajar menjahit belok dan menyudut. Elajarlah terus sampai lancar.
        Pasang benang pada jarum dan pasang sekoci berisi palet pada wadah sekoci.
        Cari potong-potongan kain. Mulailah praktik menjahit. Mula-mula menjahit lurus kemudian menjahit belok dan menyudut. Berlatihlah terus sampai lancar
        Setelah dapat menggunakan mesin dengan baik, kamu dapat belajar menjahit kain-kainkecil seperti lap, kantong tempat koran, dan lain-lain
Sebelum belajar menjahit, alangkah sebaiknya belajar:

    Cara menggulung benang pada palet untuk memudahkan menggulung benang pada palet, biasanya terdapat alat khusus yang terdapat pada badan mesin jahit dekat roda putar mesin jahit
    Roda penekan pada mesin jahit dikendurkan supaya jarumnya tidak bergerak
    Benang pada kelosan dililitkan pada palet, memasukkan palet pada alat untuk menggulung benang
    Alat untuk menggulung benang diketatkan injakkan digenjot sambil memperhatikan arah menggulung benang
    Isi palet dengan benang tidak terlalu penuh
    Jangan lupa setelah mengisi palet roda penekan dikencangkan kembali
    Cara memasang palet pada sekoci

    Palet yang berisi benang dimasukkan dalam sekoci
    Ujung benang ditarik melalui bawah per penekan benang pada sekoci.

8. Cara memasang dan mengeluarkan sekoci

9. Sekoci yang telah berisi palet ditarik bagian bawahnya

    Pegang sekoci di antara ibu jari dan telunjuk kemudian mesukkan sekoci pada tempat sekoci, sampai pas
    Untuk mengeluarkan sekoci dari tempatnya, yaitu dengan cara:

1)      Jarum berada di atas

2)      Klep pada palet dibuka, kemudian dipegang antara ibu jari dan telunjuk, sekoci ditarik keluar dari tempatny

Pasang benang atas dengan cara:

1)      Benang dalam kelos disimpan pada tiang tempat benang. Tarik benang tersebut dan masukkan pada penyangkut benang yang pertama

2)  Dari penyangkut benang pertama, benang dimasukkan pada bulatan penekan benang (3,4,5)

3)      Kemudian benang tersebut ditarik ke atas dan dimasukkan pada lubang penyangkut benang kedua (pelat benang ) (6)

4)      Dari penyangkut benang kedua benang dimasukkan ke lubang benang yang menempel pada pengyangkut benang ketiga (7)

5)      Selanjutnya, sebelum dimasukkan ke lubang jarum, benang disangkutkan dulu pada kawatyang terletak pada bagian atas tempat jarum jahit

6)      Terakhir, masukkan benang ke lubang jarum mesin jahit

Untuk mengeluarkan benang bawah ke atasnya:


1)      tiang untuk menaikkan dan menurunkan sepatu diturunkan ke bawah

2)      benang atas yang telah dimasukkan ke lubang jarum, dipegang kuat. Injakan mesin digerakkan sehingga jarum ke bawah. Gerakkan lagi injakan mesin sampai jarum tadi naik lagi ke atas sambil membawa benang ke bawah.



Referensi: Affandi, Lisyani. 2006. Piranti Menjahit. Jakarta: azka Press.

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara Menggunakan Mesin Jahit
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara menggunakan mesin jahit


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  POLA DASAR BAJU WANITA DEWASA

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://tatikkurniawati.wordpress.com/10-2/

0 komentar:

POLA DASAR BAJU WANITA DEWASA

 POLA DASAR BAJU WANITA DEWASA


cara membuat pola kemben - SISTEM SEDERHANASKALA 1/4

Bagi anda yang ingin belajar untuk menjahit baju sendiri dan tidak punya waktu untuk mengikuti kursus menjahit, maka berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggambar pola dasar pakaian wanita sistem sederhana yang dapat anda gunakan. Untuk para pemula dalam bidang jahit menjahit sistem membuat pola dasar sederhana ini akan memudahkan anda dalam mempelajari langkah demi langkah pembuatannya.
Gambar dibawah ini menggunakan ukuran badan saya, sementara jika ukuran badan anda lebih besar atau lebih kecil dari ini maka anda tinggal menyesuaikan sesuai ukuran badan anda.

 UKURAN:


    Lingkar Leher = 36 cm
    Lingkar Badan = 88 cm
    Lingkar pinggang = 60 cm
    Panjang Muka = 30 cm
    Lebar Muka = 31 cm
    Tinggi Dada = 14 cm
    Panjang Sisi = 17 cm
    Panjang Bahu = 12 cm
    Lebar Punggung = 33 cm
    Panjang Punggung = 36 cm
    Jarak Dada = 17 cm


KETERANGAN POLA BADAN MUKA:

 A – B = 1/6 Lingkar leher + 2 cm
B – C = Panjang Muka
C – D = A – E = ¼ Lingkar badan + 1cm
A – A1 = 1/6 Lingkar leher + 0,5 cm
A1 – A2 = Panjang bahu
A2 – A3 = turun 4 cm
B – B1 = 5 cm
B1 – B2 = ½ Lebar muka
C – C1 = ¼ Lingkar pinggang + 1 + 3 cm
C – C2 =1/10 Lingkar pinggang + 1 cm
C2 – CC3 = 3 cm
C1 – C4 = naik 1,5 cm
C4 – K = Panjang sisi
C – M = Tinggi dada
M – O = ½ Jarak dada



KETERANGAN POLA BADAN BELAKANG:

 A – B = 1,5 – 2 cm
B – C = Panjang punggung

C – D = A – E = ¼ Lingkar badan – 1 cm
A – A 1 = 1/6 Lingkar leher + 0,5 cm
A1 – A2 = Panjang bahu
A2 – A3 = Turun 3 cm
B – B1 = 10 cm
B1 – B2 = ½ Lebar punggung
C – C1 = ¼ Lingkar pinggang – 1cm+3cm
C – C2 =1/10 Lingkar pinggang
C2 – C3 = 3 cm
C1 – K =Panjang sisi

TIPS BAGI YANG MALAS MEMBUAT POLA :

Dan jika dengan sistem sederhana anda masih juga males untuk membuat pola dasar baju sendiri, maka berikut trik yang bisa gunakan :

    Carilah baju anda yang sudah tidak terpakai lagi tapi masih pas dibadan, mungkin baju ini tidak anda pakai lagi karena terkena noda atau warnanya yang sudah pudar
    Ambil silet dan bukalah jahitannya, tapi jangan semuanya melainkan hanya separuh saja, ya separuh bagian muka dan separuh bagian belakang, satu lengan dan kerah. Sedangkan separuh bagian yang lain biarkan masih terjahit seperti aslinya, gunanya adalah untuk referensi kita pada saat kita menjahit pakian yang baru. Jika kita mengalami kebingungan bagian-bagian mana yang harus kita jahit serta bagaimana cara menjahit sakunya atau lengannya, tinggal kita lihat deh.
    Seterika potongan potongan kain yang sudah terlepas jahitannya tadi sampai bagian bekas jahitan rata dan rapi.
    Tempelkan potongan kain yang sudah diseterika rapi diatas kertas koran dan gambarlah koran tadi mengikuti pinggir potongan kain dengan spidol. Nah Jadi deh pola baju yang sudah siap untuk kita gunakan.


 SELAMAT MENCOBA, SEMOGA SUKSES
DAN JANGAN CEPAT MENYERAH !
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 POLA DASAR BAJU WANITA DEWASA

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat pola kemben


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Membuat Rok Barbie Sederhana

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://anaarisanti.blogspot.co.id/2010/03/pola-dasar-badan-wanita-dewasa.html

0 komentar:

Cara Membuat Rok Barbie Sederhana

Cara Membuat Rok Barbie Sederhana


cara membuat baju barbie dari bahan bekas - Suka bermain barbie? Tetapi bosan dengan baju barbie yang sedikit dijual terpisah dengan berbienya?
Bagaimana kalau membuat baju, tepatnya rok barbie dengan kreasi kita sendiri?

Caranya gampang kok. Mari simak penjelasan berikut ini.

http://lh4.ggpht.com/-aTV8O1aO9IU/VCvf-XADFfI/AAAAAAAAACE/XzOiWprTvBY/s1600/1412160967253.jpghttp://lh3.ggpht.com/-eMxO7G4cF2o/VCvf_HMH4DI/AAAAAAAAACM/Jmb8eeehyWw/s1600/1412161083569.jpg

Bahan dan alat:
A. Benang dan jarum tangan (menggunakan mesin jahit juga boleh tetapi yang handal memakai mesin jahitnya)
B. Kain bekas dua lembar(boleh sama beleh tidak, jenisnya)
C. Tali pita atau karet
D. Peniti
Caranya:
1. Buat bentuk trapesium pada kain pertama.
2. Buat bentuk trapesium pada kain kedua tetapi yang kedua lebarnya lebih pendek.
3. Lalu masukkan benang ke jarum dan jangan lupa menali dua ujung benang.
4. Jahit kain Pertama dan kedua dengan kain kedua ada di dalam.
5. Rapikan bagian bawah dengan jahitan dan atasnya juga dirapikan tetapi pada pertemuan sisi miring trapesium tidak usah digabung
6. Pasang peniti pada pangkal tali pita masukkan pada lubang atas rok.
7. Tarik tali sama panjang. Dan pasangkan pada
barbie.
8. Untuk mempererat rok, paskan panjang tali dan talikan tali kupu kupu agar tali rapat.
Ini jadinya..
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara Membuat Rok Barbie Sederhana
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat baju barbie dari bahan bekas


, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Rok Sarung Tanpa Digunting

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://muthiaazh.blogspot.co.id/2014/10/cara-membuat-rok-barbie-sederhana.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.