, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Rangkuman Pola Celana

 Rangkuman Pola Celana

 
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pola celana panjang diatas kain, yaitu:
a.Gunakan kapur jahit atau pensil kapur atau pensil merah biru yang runcing untuk menggambar pola celana diatas kain.
b.Bahan/kain sudah dilipat menurut arah lungsin (panjang bahan) dengan posisi bagian baik bertemu dengan bagian baik, sehingga bagian buruk dari kain berada di luar dan tepi bahan selebar kurang lebih 1 cm sudah dibuang (digunting).
c.Apabila model celana “memakai ban pinggang”, ukuran panjang samping sampai lutut dan panjang celana  dikurangi 3,5 cm  atau lebih sesuai dengan lebar ban pinggang yang akan digunakan.
d.Dan bila model celana “tidak memakai ban pinggang”, ukuran panjang samping sampai lutut dan panjang celana tidak perlu dikurangi.
e.Seluruh bagian pola dalam teknik pembuatan pola celana ini sudah ditambah untuk kampuh 1 cm, kecuali pada garis pinggang dan pesak belakang bagian atas.
f.Bagian atas dari kain yang sudah dilipat dan akan digambar pola celana adalah untuk pola celana bagian kanan.



1.Pola celana terdiri dari 2 pola besar yaitu pola bagian muka dan pola bagian belakang, serta beberapa pola kecil yaitu pola saku dan lapisannya, pola ikat pinggang, pola tali ikat pinggang dan pola belahan muka.
2.Bahan/kain yang digunakan untuk membuat pola celana harus dilipat dulu menurut arah lungsin dengan bagian baik saling berhadapan dan digunting tepinya kurang lebih 1 cm.
3.Apabila model celana panjang memakai ban pinggang, pada saat membuat pola panjang celana dan panjang samping sampai lutut harus dikurangi 3,5 cm terlebih dahulu.
4.Agar menghasilkan garis pola yang halus dan bersih, pergunakan kapur jahit atau pensil kapur atau pensil merah biru yang ujungnya runcing untuk menggambar pola celana diatas kain.

0 komentar:

Post a Comment