, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mengemas Dan Menyimpan Busana Yang Dihias Sulaman Fantasi



Mengemas Dan Menyimpan Busana Yang Dihias Sulaman Fantasi

 
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

Busana yang telah dihias dirapihkan dari sisa-sisa benang dengan cara dikibas-kibaskan. Setelah bersih dari sisa-sisa benang dan tiras yang menempel kemudian diseterika.  Pada saat menyeterika bagian yang dihias dialas/ditutup dengan bahan katun agar terhindar dari kerusakan yang diakibatkan proses penyeterikaan. Pada bagian buruk busana dapat diseterika tanpa menggunakan alas. Busana yang sudah rapih lengkapi dengan identitas yang diperlukan seperti jenis bahan, cara pemeliharaan, serta petunjuk-petunjuk lain yang berkaitan dengan busana, atau sesuai dengan tanggal pemesanan maupun tanggal pengambilan.

Busana yang dihiasi sulaman fantasi dikemas dengan cara dimasukan polybag kemudian disimpan dengan cara digantung atau dengan cara dilipat dan dimasukkan kemasan bervolume, agar tidak mudah kusut, dan hiasan tidak tertumpuk oleh busana lain.

Pengemasan busana dengan cara digantung maupun dilipat, harus tetap menonjolkan hiasannya. Hiasan sulaman fantasi pada busana harus tampak dari luar atau dari bagian depan kemasan. Karena hal tersebut, maka polybag yang digunakan sebaiknya yang transparan, juga kemasan kotak sebaiknya bagian tutup dibuat yang transparan. Busana yang telah   dikemas  dapat  disimpan  pada almari atau rak.Tempat penyimpanan busana harus  dijaga  jangan  sampai  lembab karena akan menyebabkan busana mudah berjamur, adanya ngengat, dan bau apek. Lemari sebaiknya diberi anti ngengat dan pengharum. Sesekali busana dapat diangin-anginkan ditempat teduh dan tidak langsung terkena sinar matahari.

0 komentar:

Post a Comment